[Monday Music] Minori Chihara

October 31, 2016 14:05
[Monday Music] Minori Chihara

Monday Music di hari Halloween ini, saya akan membahas tentang Minori Chihara. Mungkin kalian mengenal Minorin sebagai seiyuu, tetapi sebenarnya dia juga sebagai aktif sebagai penyanyi yang sudah banyak menyanyikan anisong.

Pada saat SMP, Minorin ingin menjadi mangaka. Karena itu, dia sering menabung uang jajannya untuk membeli peralatan menggambar. Pada saat pertemuan orang tua murid dan guru untuk membahas jalur pendidikan, Minorin mengatakan bahwa dia tidak akan masuk SMA karena akan menjadi mangaka. Pernyataan yang membuat guru dan ibunya bingung ini membuktikan bahwa Minorin benar-benar ingin menjadi mangaka.

Tetapi pada saat kelas 3 SMP, Minorin mengirimkan manga cerita pendek dengan tema cinta ke majalah komik. Tetapi ternyata karyanya ditolak dan Minorin mengalami shock hingga tidak mau lagi jadi mangaka. Setelah debut menjadi seiyuu dan penyanyi, Minorin tidak lagi menggambar manga, tetapi saat baru debut, dia sering memperlihatkan gambar karyanya dalam blog.

Alasan Minorin ingin menjadi penyanyi adalah festival sekolah pada saat SMA. Guru yang dekat dengan dirinya meminta Minorin untuk tampil di kompetisi karaoke secara tiba-tiba. Meski Minorin tampil sebagai ogah-ogahan, tetapi berhasil memenangkan kompetisinya. Setelah menyanyi, seorang gadis dari kelas berbeda dan tidak pernah mengobrol dengan Minorin menghampirinya. Sang gadis mengatakan bahwa dia tersentuh mendengar nyanyian Minorin.

Setelah lulus SMA, Minorin pun coba mengikuti berbagai macam audisi untuk menjadi penyanyi tetapi gagal terus. Karena itu, akhirnya Minorin pun akhirnya mengikuti sekolah menyanyi. Minorin akhirnya berhasil memasuki tahap akhir audisinya, tetapi sayangnya masih gagal. Di saat hampir lulus, sekolahnya mendirikan pelajaran baru yaitu Seiyuu Talent Course.

Staff sekolahnya mengatakan kepada Minorin, “Karena suara dan karakter Chihara unik, kalau belajar akting sebagai seiyuu maka kemampuannya akan semakin luas. Seiyuu saat ini melakukan banyak pekerjaan, jadi mungkin akan bisa menghubungkan ke menyanyi yang ingin kamu lakukan.” Meski masih belum yakin, Minorin akhirnya pindah ke Seiyuu Talent Course untuk belajar akting. Setelah itu, Minorin memutuskan “apabila masih belum bisa debut setelah audisi ini, maka saya harus memikirkan ulang karir.” Untungnya ternyata Minorin berhasil lulus dan debut pada tahun 2004. Manager yang menangani jadwal Minorin sudah menemaninya sejak debut hingga kini dan pada awalnya adalah staff di Seiyuu Talent Course.

Sebelum debut, Minorin sempat menjadi asisten dalam acara radio. Karena hubungan ini, Minorin mendapatkan tawaran dari seorang produser musik untuk merilis sebuah album sebagai perayaan debut. Minorin akhirnya bisa mewujudkan mimpiunya pada tahun 2004 dengan album Heroine yang dirilis oleh King Record. Tetapi karena rilis albumnya terbatas dan pada saat itu belum ada event atau konser, jadi karir penyanyinya tidak berlanjut.

Sebelum terkenal, meski Minorin sudah mendapatkan pekerjaan dia masih mengalami kesulitan. Demi memenuhi permintaan fans yang ingin mendengar lagu baru, Minorin melakukan street perfomance di Akihabara dan manager-nya pun terus bekerja keras mencari pekerjaan. Minorin melakukan hal ini selama bertahun-tahun sebelum menjadi terkenal melalui The Melancholy of Haruhi Suzumiya, memerankan Yuki Nagato. Melalui karya ini, Minorin bertemu dengan produser musik dari Lantis dan akhirnya bisa melanjutkan mimpinya sebagai penyanyi.

Meski sudah aktif kembali sebagai penyanyi, Minorin pun tetap melanjutkan aktivitasnya sebagai seiyuu. Karena kedua karirnya sukses, Minorin pun kini terkenal sebagai seiyuu artist, sama seperti Nana Mizuki atau Yukari Tamura. Pada awalnya, Minorin lebih banyak menyanyikan lagu-lagu orisinal. Tetapi karirnya mulai berubah setelah menyanyikan lagu Paradise Lost yang menjadi lagu opening dari Ga-Rei: Zero dalam Animelo Summer Live Sekarang, Minorin mulai banyak menyanyikan anisong.

Akhir-akhir ini Minorin jarang terdengar, baik dari sisi seiyuu mau pun dari sisi musik. Tahun ini, dia hanya mengisi suara di anime Ange Vierge dan Hibike! Euphonium season 2. Sedangkan single lagu terbaru rilis tahun lalu, dan album terbaru baru rilis pada bulan April 2016. Meski begitu, kalian akan bisa melihat penampilannya dalam konser di Anime Festival Asia 2016 yang akan berlangsung di Singapura pada tanggal 25-27 November.

Kalian bisa mengikuti Minori Chihara melalui situs resmi, blog, Twitter, dan Instagram.