[Review] Mo Cat Beer Girl – Ichigo-chan

October 31, 2016 15:34
[Review] Mo Cat Beer Girl – Ichigo-chan

Minggu kemarin, kantor JOI kedatangan sebuah paket yang berisi sebuah action figure yang datangnya dari salah satu toko online action figure, Lapak Figure Miina. Karakter action figure ini benar-benar baru bagi saya dan staf JOI lainnya.

Introduction of Ichigo-chan

review-ichigo-1
review-ichigo-2
review-ichigo-3

Karakter ini bernama Ichigo-chan, sebuah action figure orisinal buatan Mopetz, sebuah perusahaan pembuat action figure asal Taiwan yang berdiri tahun lalu. Nama Mopetz berasal dari dua kata yaitu Moe dengan pengucapan bahasa Inggris dan Pets. Jadi bila diartikan dalam bahasa Indonesia artinya peliharaan yang moe. Ya bener sih, action figure Jepang itu moe dan dipelihara oleh para sultan.

Mopetz berfokus pada high-end action figure yang dicetak di Taiwan dengan menggunakan desain orisinal dan desain populer dari film layar lebar, video games, dan komik. Mopetz sendiri memiliki beberapa sosial media seperti facebook, twitter, dan weibo.

review-ichigo-5

Ternyata nama karakter ini adalah Mei, mungkin Ichigo-chan merupakan nama yang ia gunakan saat kerja. Mei berusia 20 tahun dengan tinggi badan 158 cm, sayang sekali three-size-nya tidak disebutkan. Dirinya berusaha keras agar usaha pamannya yang menjual makanan dan menyediakan bir ini bisa terus ramai dikunjungi orang. Dari pengalamannya berkerja di warung milik pamannya, ia mendapatkan kemampuan promosi yang bagus dan mampu berinteraksi secara baik dengan para pengunjung.

review-ichigo-6

Mopetz sendiri telah mengadakan pameran dan mengikuti pameran seperti Wonder Fest 2016 di Jepang, Firefly Animation Comic and Game 2016 di Guangzhou, Taipei Comic Exhibiton 11-16 Agustus 2016. Action figure Ichigo-chan yang ditampilkan di toko Amiami Jepang juga telah diliput oleh media lokal Taiwan yang diunggah ke youtube dan media internasional seperti Hobby Dengeki dan Moeyo.

Review of Ichigo-chan

review-ichigo-10

Saat mengeluarkan Ichigo-chan dari plastik pengaman langsung tercium aroma badan plastik yang kuat, fresh from the factory. Action figure Ichigo-chan terbuat materi dan detil yang cukup bagus, tak kalah dengan action figure Goodsmile Company atau Alter yang diproduksi di China.

review-ichigo-11

fokus sama figure-nya ya, jangan sama yang lain
Saking detilnya, saya sampe tidak tahu kalau ternyata roknya bisa dilepas. Mopetz sukses menipu dengan menyembunyikan seamline pada bagian rok, saya baru bisa nemukan setelah ngutak ngatik selama 5 menit.

review-ichigo-12

sekali lagi, fokus sama figure-nya ya
Tidak hanya detil action figure yang bagus, Mopetz juga memperhatikan detil lainnya seperti detil botol bir, gelas berisi bir, dan juga krat botol bir yang diletakkan pada bagian alas action figure.

review-ichigo-4

Selain Ichigo-chan, Mopetz juga berencana merilis action figure lain seperti Seikan Syouzyo pada kuarter kedua 2016, Pako pada kuarter ketiga 2016, dan Chia Chia pada kuarter keempat 2016.

review-ichigo-13

Mopetz juga memproduksi aksesoris lain berdasarkan empat action figure yang dibuat oleh Mopetz. Juga ada komik yang dibuat khusus untuk mencerita mengenai kegiatan Ichigo-chan di warung makan pamannya yang bisa kalian baca dibawah ini (yang diterjemahan hanya dua halaman, sisanya berbahasa China).

review-ichigo-7
review-ichigo-8
review-ichigo-9

Sekian dulu ulasan saya, sampai ketemu di artikel review action figure berikutnya!