[Celebrity Sunday] Marina Inoue

November 6, 2016 3:06 pm
[Celebrity Sunday] Marina Inoue

Untuk Celebrity Sunday kali ini, saya akan membahas tentang Marina Inoue, seiyuu yang cantik dan pintar. Namanya mungkin tidak terlalu sering terdengar di kalangan fans, tetapi sebenarnya dia cukup terkenal di kalangan seiyuu.

Marina lahir pada tanggal 20 Januari 1985. Pada awalnya, ibunya ingin memberi namanya Maria, tetapi anggota keluarga lainnya menolaknya karena terdengar seperti nama Kristen. Karena itu, namanya sedikit dirubah menjadi Marina. Sedangkan nama belakangnya yaitu Inoue adalah nama panggung. Alasan nama panggungnya adalah Inoue karena manager pada saat Marina debut mengatakan bahwa nama tersebut bagus berdasarkan ramalan nama. Sampai saat ini nama aslinya belum diumumkan. Marina juga memiliki kakak laki-laki yang 2 tahun lebih tua, tetapi tanggal lahirnya sama.

celebrity-sunday-marina-inoue-2

Waktu SD, Marina bergabung dengan klub theater, tetapi juga dia bergabung dengan klub chorus. Untuk SMP dan SMA, Marina sekolah di Gakushuin Girls Academy dan kemudian berlanjut ke universitasnya yaitu Gakushuin University. Marina lulus pada tahun 2007 dari fakultas hukum jurusan political science. Pada saat kuliah, Marina kembali bergabung dengan klub theater. Sedikit trivia, seiyuu Tetsuya Kakihara juga kuliah di universitas yang sama, tetapi setahun lebih muda.

Alasan awal Marina menjadi seiyuu adalah karena “ingin memerankan karakter laki-laki.” Pada saat SMA, dia selalu mendapatkan karakter laki-laki karena sekolah khusus perempuan, tetapi pada saat kuliah sudah menjadi sekolah campur dan dia tidak pernah lagi mendapatkan peran karakter laki-laki. Karena itu, dia mulai memikirkan pekerjaan lainnya dan menemukan pekerjaan seiyuu. Setelah menjadi seiyuu, Marina memang sering mengisi suara anak laki-laki, tetapi juga sekarang sudah sering memerankan karakter lainnya. Karena itu, dia tidak lagi terlalu berfokus mencari peran laki-laki.

celebrity-sunday-marina-inoue-1

Pada tahun 2003, tepatnya pada tahun pertama pada saat kuliah, Marina mengikuti Sony Music SD Group Seiyuu Audition. Dari 2.000 orang yang mengikuti audisinya, Marina berhasil memenangkan audisinya. Di tahun 2004, Marina debut di seri OVA Le Portrait de Petit Cossette sebagai Cossete sang heroine. Karena musik OVA tersebut ditangani oleh Yuki Kajiura, Marina pun diminta menyanyikan lagu temanya yaitu “Houseki” dan “Ballad.”

Sebelum debut, Marina sempat berpikir untuk kuliah sambil kerja sambilan di 2 tahun pertama demi mengumpulkan uang yang akan digunakan masuk ke sekolah seiyuu di tahun ke-3 dan ke-4. Tetapi kemudian dia berubah pikiran. ingin tahu kemampuannya bisa membawa dirinya sejauh apa. Setelah mengikuti audisi, ternyata dia berhasil menjadi juara pertama.

celebrity-sunday-marina-inoue-5

Karena menang audisi yang diadakan oleh Sony Music, tentu Marina bergabung dengan agensi Voice & Heart milik Aniplex yang merupakan bagian dari Sony. Pada saat ini, Marina sempat beraktivitas ke industri musik dengan nama dia sendiri. Tetapi pada tahun 2008 dia pindah agensi ke Sigma Seven dan hanya bernyanyi untuk character song saja.

Ketika ditanya mengenai apakah dia akan beraktivitas di dunia musik lagi, Marina mengatakan “saya suka bernyanyi, tetapi motivasi saya sangat berbeda dengan keingingan dan energi dari penyanyi yang serius, jadi saya merasa tidak sopan untuk berdiri di sebelahnya.” Selain itu, dia juga pernah mengatakan, “Agar bisa bekerja sebagai seiyuu dengan baik, kalau ada pekerjaan menyanyi tentu saya senang. Tetapi saya tidak ingin melakukannya setengah-setengah. Untuk saat ini saya ingin berfokus bekerja sebagai seiyuu.”

Di kalangan seiyuu, Marina terkenal sebagai orang yang level-headed dan diandalkan oleh orang-orang di sekitarnya. Beberapa contohnya adalah pada saat penayangan film anime Toshokan Sensou: Kakumei no Tsubasa. Sang moderator meminta kepada para bintang tamu untuk menceritakan pengalamannya ketika filmnya dikonfirmasikan. Salah satu seiyuu yang berperan di film tersebut yaitu Tomoaki Maeno berkata bahwa dia baru percaya ada filmnya ketika mendapatkan telpon dari Marina.

Dalam Anime Revolution 2014 di Kanada, Marina mendapatkan penghargaan International Voice Actor Award. Di acara yang sama, seiyuu Megumi Ogata yang merupakan alasan Marina menjadi seiyuu berkata, “Marina yang level-headed menerima penghargaanya dengan rendah hati. Sudah orangnya cantik, pintar, dan perhatian dengan orang lain… Tuhan sangat tidak adil!”

celebrity-sunday-marina-inoue-4

Marina juga terkenal sebagai seiyuu yang ahli menggambar. Karena itu, Marina sering ikut membantu menggambar untuk berbagai serial yang dia perani. Beberapa contohnya adalah menggambar berbagai karakter di ending roll episode ke-22 Zegapain, membuat gambar animasi yang menjadi bonus DVD volume 1 dari Gurren Lagann, membuat gambar Alicia dari Valkyria Chronicles bersama desainer karakter anime-nya yaitu Atsuko Watanabe dan mendapatkan pujian padahal gambarnya tanpa sketsa, dan masih banyak lainnya.

Beberapa peran yang dia perani di anime baru-baru ini adalah Sakura dari Kyoukai no Rinne, Kyouko dari Sangatsu no Lion, Armin dari Shingeki no Kyojin. Kalian bisa mengikuti Marina Inoue melaui blog dan Twitter.