Sebuah Lubang Besar Muncul Menelan Jalanan di Fukuoka

November 9, 2016 4:30 pm
Sebuah Lubang Besar Muncul Menelan Jalanan di Fukuoka

Apakah kamu tahu kalau jalan bisa tiba-tiba menghilang begitu saja ditelan bumi? Pernahkah kamu takut kalau sewaktu-waktu kamu sedang berkendara tiba-tiba jalan di bawahmu runtuh ke dalam tanah? Fenomena ini sering terjadi di belahan dunia lain, dan fenomena ini disebut dengan nama Sinkhole.

Sinkhole adalah fenomena longsornya tanah di bawah aspal sehingga menimbulkan lubang besar di bawah jalan raya. Jalan yang berada di atasnya kemudian tidak bisa menahan beban dan runtuh ke dalam lubang tersebut. Sinkhole ini bisa disebabkan berbagai macam hal, mulai dari erosi sampai ke reaksi kimia yang membuat bebatuan dan tanah di bawah jalan terurai.



Mungkin fenomena ini jarang terjadi di Indonesia, namun fenomena ini sering terjadi di berbagai tempat lain di dunia. Fenomena ini baru saja terjadi di Fukuoka, Jepang di mana sebuah sinkhole tiba-tiba muncul dan menelan sebuah jalanan begitu saja. Fenomena ini pun terekam dalam video yang dapat kamu lihat di bawah ini:

Sinkhole tersebut hampir menelan sebuah persilangan jalan, dan memperlihatkan isi dalam dari jalanan di Jepang. Pipa-pipa dan kabel-kabel di dalamnya pun terlihat setelah jalan tersebut ambruk. Dikabarkan jaringan telepon dan listrik daerah sekitarnya pun mati karena kejadian ini. Disebutkan juga tercium bau gas di area tersebut, sehingga penduduk di daerah tersebut harus diungsikan.

Para pekerja yang bekerja di area tersebut juga sudah dipulangkan, “Listrik tiba-tiba mati dan aku mendengar bunyi dentuman yang keras.” menurut kutipan Kyodo News dari seorang saksi mata. “Aku keluar dan tiba-tiba sudah ada lubang yang besar.”

Pekerja lain juga mengatakan, “Jalan di luar kantorku longsor, dan kini aku tidak bisa bekerja karena kami dievakuasi.”

Semoga saja keadaan jalan di Fukuoka tidak memburuk, dan sinkhole lain bisa ditemukan dengan segera.

Sumber: Guardian