Kuil Kyoto Melarang Fotografi Pada Lokasi Wisata Pepohonan Musim Gugur

November 10, 2016 13:00
Kuil Kyoto Melarang Fotografi Pada Lokasi Wisata Pepohonan Musim Gugur

Beberapa lokasi kuil ikonik di Jepang sering dikunjungi turis agar mereka bisa melihat dedaunan musim gugur dan berfoto disana. Namun kini larangan untuk para fotografer yang ingin memasuki area tersebut telah ditegakkan akibat masalah keamanan.

Saat suhu memurun dan dedaunan hijau di Jepang mulai berubah warna, para fotografer dan wisatawan berbondong-bondong menuju ke Kyoto, salah satu lokasi tujuan wisata yang terkenal di Jepang untuk melihat dedaunan musim gugur.

Banyaknya kuil di kota yang pernah menjadi ibu kota Jepang ini yang memiliki halaman belakang yang dihiasi dengan banyaknya pepohonan yang menampilkan warna merah, oranye, dan kuning, membuat suasana yang akan terus diingat oleh orang-orang yang berkunjung ke kuil tersebut dimana momen ini hanya bisa dinikmati selama musim gugur saja.

Salah satu tempat untuk melihat dedaunan musim gugur di Kyoto adalah Kuil Tofukuji, yang menempati peringkat ketiga sebagai tempat terindah untuk melihat dedaunan musim gugur di Jepang, berdasarkan hasil pilihan wisatawan pada Tripadvisor.

 

Kuil yang berlokasi di bagian tenggara Kyoto ini didirikan pada tahun 1236 dan dikenal sebagai salah satu Kyoto Gozan atau Lima Kuil Zen Agung Kyoto. Banyak bangunan indah yang bisa ditemukan di area Kuil Tofukuji, dan pada musim gugur ribuan pengunjung mendatangi kuil ini dengan menyebrangi Jembatan Tsutenkyo, sebuah area pejalan kaki yang dibuat dari kayu untuk para pengunjung agar bisa melihat sebuah lembah yang memiliki banyak pohon maple.

拝観終了後の通天橋。 #京都#東福寺#勝林寺#紅葉#通天橋 A photo posted by 東福寺塔頭 勝林寺 (@kyoto_shourinji) on


Dedaunan yang berguguran merupakan pemandangan yang sangat mewah. Jembatan Tsutenkyo adalah lokasi yang paling didambakan pengunjung untuk melihat atau mengambil foto dedaunan musim gugur. Hal ini menyebabkan banyaknya pengunjung yang berhenti di jembatan tersebut untuk mengambil foto pemandangan, yang diambil dari berbagai titik di jembatan sepanjang kurang-lebih 100 meter ini.

 

? People mountain people sea #東福寺 #京都 #日本 #楓 #kyoto #japan #maple

A photo posted by Daniel (@danielflytw) on

Pada tahun ini Kuil Tofukuji mengumumkan bahwa akan ada peraturan yang melarang pengunjung untuk mengambil foto di Jembatan Tsutenkyo untuk menjaga keselamatan pengunjung. Peraturan ini nantinya akan menempatkan pembatas di lokasi-lokasi terkenal lainnya di area Kuil Tofukuji, dengan memprediksi tingginya pengunjung pada saat puncak musim gugur. Pengumuman mengenai hal ini yang diunggah ke situs kuil mengatakan: “Akan terdapat kemacetan akibat tingginya pengunjung saat masa melihat dedaunan musim gugur pada tanggal 12 hingga 30 November mendatang. 

Aktivitas mengambil foto dengan menggunakan handphone, smartphone, kamera digital, dan selfie-stick di Jembatan Tsutenkyo dan Jembatan Gaunkyo akan dilarang karena sangat berbahaya. Namun bila mengambil foto di Taman Honbo masih diperbolehkan namun dihimbau untuk tidak menggunakan selfie-stick. Kami mohon kerjasama dan pengertian dari para pengunjung.” Sebagaimana pengumuman tersebut, selain pelarangan aktivitas mengambil foto di Jembatan Tsutenkyo yang terkenal, aktivitas serupa juga dilarang di Jembatan Gaunkyo yang berukuran kecil namun tak kalah indahnya dengan Jembatan Tsutenkyo.

Kedua jembatan ini saling melintasi sebuah kanopi yang dipenuhi oleh pohon maple. Pemandangan indah di musim gugur ini menyebabkan banyaknya orang-orang yang berdiri diatas kedua jembatan untuk bisa memandang dedaunan musim gugur. Dengan adanya pelarangan aktivitas mengambil foto tersebut, diharapkan kepadatan diatas kedua jembatan tersebut dapat berkurang pada tahun ini.

 

Taman Honbo, lokasi yang melarang penggunaan selfie-stick merupakan Situs Pemandangan Wisata Nasional, sehingga ini merupakan salah satu lokasi yang akan dipenuhi oleh pengunjung selama periode wisata musim gugur.

Jumlah wisatawan yang meningkat setiap tahun di Kyoto, membuat pemadatan di sejumlah area terkenal menjadi permasalahan tersendiri. Menurut sebuah laporan, tercatat 55 juta orang yang berkunjung ke Kyoto pada tahun 2014, dan jumlah ini nantinya akan meningkat jauh pada saat perhelatan Olimpiade Tokyo pada tahun 2020.

Dengan adanya lokasi pemandangan yang terkenal, Kuil Tofukuji menaruh perhatian khusus pada keselamatan pengunjung yang nantinya juga akan ditiru oleh kuil-kuil terkenal lainnya dalam waktu dekat.

Sumber: RocketNews

Sorry. No data so far.