Kembali Menolak Pensiun, Miyazaki Kembali Mengerjakan Animasi Untuk Film Terbaru Ghibli

November 14, 2016 4:00 pm
Kembali Menolak Pensiun, Miyazaki Kembali Mengerjakan Animasi Untuk Film Terbaru Ghibli

Salah satu sosok legendaris di dunia animasi yang sering mengeluhkan kondisi anime saat ini, Hayao Miyazaki dikabarkan akan kembali dari masa pensiunnya dan mengurus sebuah film animasi buatan Ghibli.

Hal ini diungkapkan Miyazaki dalam acara spesial NHK TV Owaranai no Hito (Manusia Yang Belum Selesai). Dia mengungkapkan akan membuat film pendek dengan teknik animasi CG berjudul Boro the Caterpillar untuk Museum Ghibli. Merasa tidak puas karena hanya diberi jatah 12 menit, ia menarik produser Ghibli Toshio Suzuki pada bulan Agustus untuk mengerjakan film ini dalam durasi yang lebih panjang . Miyazaki menargetkan film ini akan selesai pada tahun 2020 bertepatan dengan Olimpiade Musim Panas 2020 yang akan berlangsung di Jepang.

Miyazaki sudah merencanakan cerita dari Boro the Caterpillar semenjak dua puluh tahun lalu, ia menjabarkan bahwa film ini bercerita tentang ulat kecil yang bisa dihancurkan oleh tangan manusia saking kecilnya. Pihak Ghibli belum berkomentar banyak soal proyek film terbaru dari Miyazaki.

Legenda hidup yang berusia 76 tahun ini sudah berkali-kali menyatakan ingin pensiun dari dunia anime. Pertama kali ia mengumumkan akan mundur dari dunia animasi ketika ia menyelesaikan Princess Mononoke pada tahun 1998 dan menyatakan akan benar-benar berhenti dari dunia animasi pada tahun 2013 ketika ia menyelesaikan The Wind Rises yang sukses menjadi film dengan penjualan tertinggi di Jepang pada tahun 2013. Dia juga sering mengkritisi kondisi anime jaman sekarang yang dipenuhi dengan otaku dan kurangnya interaksi manusia yang normal dalam dunia anime sekarang.

Sumber: ANN