Mangaka Kenichiro Takai Meninggal Dunia di Usia 79 Tahun

November 15, 2016 18:30
Mangaka Kenichiro Takai Meninggal Dunia di Usia 79 Tahun

Mangaka veteran Kenichiro Takai meninggal dunia karena pneumonia di rumah sakit di Tokyo pada hari Senin lalu. Beliau meninggal di usia 79 tahun.  Takai pertama kali memulai karirnya di tahun 1956 dengan manga Riko-chan di majalah Shoujo. Beliau pernah bekerja sebagai asisten dari Fujio Akatsuka dan Osamu Tezuka.

Saat ini, beliau menggambar manga Soumubi Soumuka Yamaguchi Roppeita bersama dengan penulis Norio Hayashi. Manga tersebut diluncurkan di majalah Big Comic sejak tahun 1986 dan manga kompilasi edisi ke 70-nya baru saja diterbitkan oleh Shueisha pada bulan Juni lalu. Edisi ke 80 direncanakan terbit pada tanggal 30 November mendatang. Seri ini telah menginspirasi terbitnya sebuah drama live-action pada tahun 1988, dan sebuah anime promosional dalam DVD pada tahun 2007.

joi-obituary-kenichiro-takai-meninggal-2

Takai juga menggambarkan manga selama 6 volume dari seri Pro Golfer Oribe Kinjirou bersama penulis Tetsuya Takeda. Dia juga sempat menjadi asisten Fujio Takatsuka dalam manga Osomatsu-kun dan Himitsu no Akko-chan. Takai membantunya menciptakan banyak karakter ikonik dalam seri Osomatsu-kun seperti Chibita dan Iyami.

Mangaka Masaharu Nabeshima membuat sebuah status di halaman Facebooknya pada hari Senin kalau Takai sedang mengerjakan storyboard untuk manga 3 hari yang lalu. Dia menambahkan “dia adalah ‘oji-san’ yang keren sampai akhir.” Takai dan Nabeshima adalah alumni dari SMA yang sama di Nagasaki.

Saya dan segenap kru JOI yang bertugas ingin mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya dan berharap semoga arwah beliau diterima di sisi-Nya.

Sumber: ANN