Petugas Stasiun Naruo Memberi Semangat Kepada Para Peserta Ujian Masuk

November 15, 2016 18:00
Petugas Stasiun Naruo Memberi Semangat Kepada Para Peserta Ujian Masuk

Ujian masuk perguruan tinggi merupakan urusan serius, tidak hanya di Indonesia tapi juga di Jepang. Lulus dari perguruan tinggi kenamaan sangat membantu dalam pencarian kerja pada perusahaan-perusahaan terkenal.

Bagi mereka yang gagal lulus dari ujian masuk, akan membutuhkan setahun untuk bisa mengikutinya lagi, yang berarti lebih tua setahun dari para pencari kerja yang baru saja lulus dimana itu akan dipandang sebelah mata oleh manager HRD perusahaan-perusahaan terkenal.

Hari ujian menjadi hari sangat ekstrim bagi para remaja ini, bahkan sebelum mereka duduk dan menerima kertas ujian. Orang-orang yang mengikuti ujian ini harus menghadiri ujian masuk di masing-masing perguruan, jadi bagi mereka yang berada diluar kota tempat perguruan tinggi itu berada harus melakukan perjalanan yang bisa dibilang cukup jauh tanpa ditemani teman atau kerabat ke tempat yang asing bagi mereka dan berharap orang-orang yang mengikuti ujian masuk ini tidak nyasar.

Setiap musim gugur, ratusan bahkan ribuan remaja berjalan sendirian di stasiun Naruo yang terletak di prefektur Hyogo dimana lokasi stasiun ini dekat dengan salah satu perguruan tinggi, Universitas Wanita Mukogawa. Hari ujian masuk yang digelar pada tanggal 5 November kemarin, hal ini membuat petugas stasiun berinisiatif membuat pesan khusus yang diletakkan di pintu keluar stasiun Naruo.

staff

Hal pertama yang terlihat adalah gambar seorang siswi yang gemeteran dan berkata pada dirinya sendiri, “Waduh, aku bisa-bisa gagal karena terlalu tegang.”

Mungkin banyak remaja yang setuju atas pesan yang disampaikan oleh petugas stasiun Naruo, gambar siswi ini mengingatkan pada para remaja yang berada di stasiun Naruo bahwa semua orang berada dalam kondisi seperti itu saat ini. Juga terdapat pesan untuk menyemangati para remaja yang menuju tempat ujian masuk, “Kami berdoa atas kesuksesanmu,” pada bagian kanan atas papan bergambar siswi tersebut.

Terdapat pula pesan utama yang mengatakan:

“Kepada mereka yang mengikuti ujian masuk Universitas Wanita Mukogawa,

Ini hari ujian masuk. Apakah kamu merasa gugup? Kami rasa kamu gugup. Setiap tahun, pada hari ini, kami melihat kalian berjalan dengan rasa ketakutan yang tergambar pada wajahmu.

Kami mengetahui apa yang kamu rasakan. Pada musim semi, kami pikir kami bisa melihat kalian berjalan melewati gerbang stasiun lagi, dan pada saat itu, kamu akan tersenyum.”

Salah satu pemakai Twitter, @haruna37ota, mengatakan pada postingannya “Mereka merupakan orang-orang yang tangguh,” yang juga memposting foto tersebut. Kami yakin banyak peserta ujian masuk Universitas Wanita Mukogawa yang tergerak hatinya, dan berkeinginan melepaskan tekanan dengan memberikan hasil terbaik untuk ujian masuk.

Sumber: JapanToday

Header: Pixiv

Sorry. No data so far.