Hollywood Beri Penghargaan Kepada Toshiro Mifune

November 16, 2016 12:00
Hollywood Beri Penghargaan Kepada Toshiro Mifune

Mungkin beberapa dari kalian pernah menonton atau sekedar mendengar tentang film Seven Samurai, film legendaris Jepang dari tahun 1954; tapi apakah kalian kenal dengan Toshiro Mifune, salah satu aktor yang berperan menjadi tokoh utama pada film layar lebar tersebut?

Toshiro Mifune yang lahir pada 1 April 1920 ini pertama kali menjalani debutnya sebagai aktor pada film berjudul Ginrei no Hate (Snow Trail) yang diproduksi pada 1947. Kemudian ia berkenalan dengan salah satu sutradara kenamaan Jepang, Akira Kurosawa; yang tengah mencari aktor berbakat untuk film yang akan ia garap. Perkenalannya dengan Akira Kurosawa membuatnya menjadi tokoh sentral untuk film Rashomon (1950) dan Seven Samurai (1954) melejitkan nama Toshiro Mifune sebagai aktor samurai terbaik di dunia.

Toshiro Mifune wafat di Tokyo pada usia 77 tahun 1997 silam, sejak mengalami serangan jantung pada tahun 1992 ia lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk menjalani perawatan medis. Kematian aktor kawakan ini membuat geger industri film Jepang, yang melihat dirinya sebagai aktor panutan di perfilman Jepang dan Internasional. Akira Kurosawa memakai jasa Toshiro Mifune untuk 17 film yang diproduksi antara tahun 1948 hingga 1965.

Peran Toshiro Mifune sebagai bandit di film Rashomon menghantarkan dirinya memenangi penghargaan Grand Prix pada ajang Venice Film Festival pada tahun 1951. Seven Samurai yang juga ia bintangi pernah diadaptasi menjadi Magnificent Seven yang diproduksi pada tahun 1960 dan 2016.

Toshiro Mifune juga pernah terlibat untuk film asing seperti Red Sun yang dibuat oleh Terence Young pada tahun 1972 dan 1941 yang dibuat oleh Steven Spielberg pada tahun 1979 serta sebuah serial berjudul Shogun yang diadaptasi dari buku populer karya James Clavell. Peran terakhirnya sebagai aktor adalah pada sebuah film berjudul Fukai Kawa (Deep River) pada tahun 1995, dua tahun sebelum kematiannya.

toshiro-mifune

Setelah dua dekade sejak kematiannya, Hollywood memberi penghormatan khusus sekaligus mengenang salah satu aktor legenda Jepang tersebut dalam wujud Walk of Fame pada hari Senin kemarin. Toshiro Mifune juga memiliki sebuah film dokumentasi berjudul Mifune: The Last Samurai yang ditayangkan pada Festival American Film Institute tahun ini dan akan ditayangkan pada bioskop-bioskop Amerika pada tanggal 2 Desember mendatang.

Sumber: JapanToday

Sorry. No data so far.