Co-Founder Gainax: ‘Kimi no Na wa’ Tidak Pantas Disejajarkan Dengan Miyazaki

November 17, 2016 4:30 pm
Co-Founder Gainax: ‘Kimi no Na wa’ Tidak Pantas Disejajarkan Dengan Miyazaki

Toshio Okada, pastinya adalah sebuah nama yang cukup terkenal di dunia anime dan merupakan kritikus dunia anime yang cukup, keras. Sebagai salah seorang pendiri studio terkenal, Gainax, tentu dia sudah banyak mengemban asam garam di dunia anime. Dalam karirnya juga dia sering berkomentar mengenai anime-anime favorit yang sedang ditayangkan.

Misalnya, dia pernah memberikan nilai yang sangat tinggi kepada anime tulisan Gen Urobuchi, Madoka Magica Movie 3 karena twist dan ceritanya yang tidak terduga. Di lain waktu dia mengkritisi dinding Titan buatan Hajime Isayama dalam seri Shingeki no Kyojin yang menurutnya tidak efektif. Di waktu lain dia juga menjadi teman diskusi Yutaka Yamamoto yang mengambil kesimpulan kalau “Anime sudah mati.”

joi-toshio-okada-kritik-kimi-no-na-wa-2

Kali ini, beliau yang memiliki julukan “Otaking” tersebut mengkritisi sebuah anime yang sedang berada di puncak kesuksesannya, Kimi no Na wa buatan Makoto Shinkai. Dalam sebuah acara di Kyoto, dia mengatakan:

Kimi no Na wa adalah hit yang besar. Ada banyak wanita yang berkata kalau film ini adalah sebuah masterpiece, dan aku malah khawatir dengan masa depan Jepang. Ayolah, film ini hanya menggunakan bagian-bagian bagus dari film dan manga yang menjual di masa lalu. Ini sampah. Sebagai orang yang telah berkecimpung lama dalam anime, tidak ada sedetikpun dalam Kimi no Na wa yang kurasa menarik atau mengharukan. Serius, cerita dan naskahnya buruk sekali. Bahkan membandingkannya dengan karya-karya film buatan Hayao Miyazaki adalah sebuah kesalahan.

Mangaka Tatsuya Egawa (Golden Boy) sebelumnya juga mengungkapkan ketidakpuasan dirinya di bulan lalu. Dia berpendapat, “Dari sudut pandang profesional, aku tidak menemukannya (Kimi no Na wa) menarik sama sekali,” dan “kurang suara (Makoto Shinkai), dan rasanya hanya terdiri dari elemen-elemen yang menjual.”

Saya sendiri masih menunggu kapan film Kimi no Na wa bisa ditayangkan di Indonesia sehingga bisa memberikan pendapat dari sisi saya sendiri. Semoga berita film tersebut akan ditayangkan di Indonesia bisa datang dengan lebih cepat.

Sumber: Crunchyroll