[Celebrity Sunday] Yuu Kamiya

November 20, 2016 4:31 pm
[Celebrity Sunday] Yuu Kamiya

Celebrity Sunday kali ini membahas tentang seorang illustrator bernama Yuu Kamiya yang juga aktif sebagai pengarang manga dan pengarang light novel. Kalau melihat namanya, pasti kalian mengira dia adalah orang Jepang. Tetapi sebenarnya Kamiya adalah asal Brazil. Salah satu karya terkenalnya adalah No Game No Life yang sudah diadaptasi menjadi anime.

Yuu Kamiya memiliki nama asli Thiago Furukawa Lucas. Dia memang orang Brazil, tetapi memiliki keturunan Jepang. Pada tahun 1984, Kamiya lahir di Brazil, tetapi waktu kecil tumbuh di Amerika. Pada saat umur 7 tahun, Kamiya pindah ke Jepang. Karena kewarganegaraannya masih tetap Brazil, dia terhitung sebagai orang asing yang tinggal di Jepang.

celebrity-sunday-yuu-kamiya-4

Waktu SD, Kamiya sering di-bully karena penampilannya yang seperti orang asing. Karena itu, Kamiya sering bolos waktu SMP dan bermain game tanpa henti. Pada saat SMA, Kamiya mulai rajin menggambar dan mulai aktif sebagai illustrator doujin. Suatu saat, seseorang yang berhubungan dengan industri manga dan ilustrasi melihat doujin karyanya. Setelah melihatnya, dia meminta Kamiya untuk membuat ilustrasi berwarna dan sebuah manga untuk Melty Blood Anthology Vol. 3. Kamiya memulai karirnya sebagai illustrator profesional pada saat masih SMA.

celebrity-sunday-yuu-kamiya-3

Alasan dia memilih nama pena Yuu Kamiya ada 2 alasan. Untuk nama keluarga, dia memilih Kamiya karena dia suka dengan suaranya, Awalnya dia menggunakan kanji “神谷,” tetapi karena merasa nama itu terlalu bagus untuk dirinya (kanji pertama dibaca kami atau Tuhan), cara bacanya dipisah menjadi “ka” dan “miya.” Untuk kanji “miya,” dia sudah memilih huruf 宮. Sedangkan untuk kanji depannya, dia memejamkan matanya selama beberapa detik dan kemudian memilih untuk kanji “榎.” Untuk nama depannya, dia asal memilh yaitu “祐.” Menurutnya, nama tersebut diambil dari nama tokoh utama Kanon yaitu Yuuichi Aizawa, karena pada saat itu sedang menyukai seri tersebut.

Ciri khas gambarnya adalah penggunaan warna yang vivid dan bervariasi layaknya pelangi. Awalnya Kamiya lebih aktif sebagai illustrator, baru kemudian mengerjakan manga. Kamiya pertama kali membuat ilustrasi light novel untuk seri Irregulars Paradise, tetapi kemudian serinya berhenti karena kondisi pengarangnya. Oleh karena itu, dia mencoba membuat manga karena seluruh tanggung jawab ditentukan oleh diri sendiri. Demi membuat manga, Kamiya mengurangi pekerjaan ilustrasi untuk light novel dan menolak adaptasi manga dari karya lain.

celebrity-sunday-yuu-kamiya-6

Serial manga pertama yang dikerjakannya adalah EArTH yang rilis pada tahun 2005. Nama Kamiya mulai terkenal ketika mengerjakan ilustrasi untuk seri light novel Itsuka Tenma no Kuro Usagi. seri karya Takaya Kagami ini mendapatkan serial anime di tahun 2011. Tetapi di tahun teresebut, Kamiya didiagnosa memiliki kanker perut. Karena itu, serial manga Greed Packet ∞ yang dikerjakan harus hiatus karena dia pergi ke Amerika untuk melakukan operasi. Pada bulan Agustus, dia kembali ke Jepang dan masih harus minum obat pencegah kanker. Tetapi di bulan yang sama, dia menikah dengan asistennya yang bernama Mashiro Hiiragi.

celebrity-sunday-yuu-kamiya-1

Demi proses pemulihan, Kamiya fokus menjadi pengarang light novel karena jadwal kerjanya tidak seketat mengerjakan manga. Kamiya meluncurkan seri light novel perdananya No Game No Life pada tahun 2012. Untuk novel ini, ilustrasinya juga ditangani oleh dirinya sendiri. Di tahun 2013, Kamiya berkolaborasi dengan Tsubaki Himana untuk light novel Clockwork Planet dengan ilustrasi oleh Shino. Di tahun ini, No Game No Life juga mendapatkan adaptasi manga yang digambar oleh istrinya yaitu Mashiro Hiiragi. Adaptasi anime No Game No Life tayang pada tahun 2014. Kamiya mengumumkan di tahun 2015 bahwa istrinya sedang hamil.

celebrity-sunday-yuu-kamiya-2

Kalau kalian membuka situs resmi miliknya, kalian akan melihat banyak gambar Reisen Udongein Inaba dari Touhou Project. Saking sukanya dengan karakter ini, kalian bisa lihat bagaimana karakternya sering mempengaruhi karya-karya yang dikerjakannya. Sedangkan untuk game favoritnya, Kamiya menyukai seri Armored Core. Di luar karya yang dikerjakan, dia juga sering membuat ilustrasi cover dari berbagai album COOL&CREATE.

Kalian bisa mengikuti Yuu Kamiya melalui situs resmi dan Twitter.