[JOI Music] Wake Up, Girls!

November 21, 2016 7:56 pm
[JOI Music] Wake Up, Girls!

Kalau berbicara soal grup idol 2D, pasti sebagian besar dari kalian mendukung The Idolm@ster atau Love Live! (saya sendiri sih lebih suka Aikatsu!). Tetapi sebenarnya ada satu grup idol 2D lagi yang namanya cukup besar yaitu Wake Up, Girls! JOI Music kali ini akan membahas tentang grup idol yang terdiri dari 7 orang ini.

Kalau dibandingkan dengan grup-grup idol 2D lainnya, Wake Up, Girls! yang biasa disingkat WUG cukup berbeda. Untuk grup lainnya, anggota dan seiyuu atau penyanyi yang memerankan karakternya ditentukan secara tertutup. Tetapi untuk Wake Up, Girls!, avex dan 81 produce membuka audisi Anisong Vocal Audition kedua pada tahun 2012 yang akan menentukan anggota Wake Up, Girls!. Audisi pertamanya membentuk grup i☆Ris yang sudah menyanyikan banyak lagu anisong.

Dari audisi yang terbuka untuk umum, lebih dari 2.000 orang mengikuti audisinya dan pada akhirnya 7 orang terpilih untuk menjadi anggota Wake Up, Girls!. Mereka adalah:

  • Mayu Yoshioka
  • Airi Eino
  • Minami Tanaka
  • Yoshino Ooyama
  • Nanami Yamashita
  • Kaya Okuno
  • Miyu Takagi

Tentunya karena audisinya terbuka untuk umum, ke-7 orang yang terpilih bukanlah seiyuu atau penyanyi yang sudah terlatih. Seluruh anggotanya bisa dibilang amatir. Tetapi karena itu, Wake Up, Girls! sangat sesuai dengan konsep idol yaitu tumbuh bersama fans.

joi-music-wake-up-girls-mayu

Mayu awalnya bergabung dengan Himawari Theater Group, perusahaan teater yang berpusat pada aktor junior. Pada saat ini, dia sempat mengadakan acara foto sebagai junior idol, sesuatu yang jarang dilakukan di daerah Kansai. Di tahun 2012, dia mengikuti Wake Up, Girls! Audition dan terpilih untuk memerankan main heroine yaitu Mayu Shimada. Dalam grupnya, Mayu berada di posisi center.

joi-music-wake-up-girls-airi

Airi sejak SD kelas 4 sudah belajar menari. Karena itu, dia adalah yang paling ahli menari di antara seluruh anggotanya. Bahkan dia membuat koreografi untuk berbagai lagu. Beberapa contohnya adalah lagu “Chikatetsu Labyrinth” yang dinyanyikan oleh mereka dan juga untuk beberapa lagu dari Hacka Doll The Animation.

joi-music-wake-up-girls-minami

Minami sejak kecil memang sudah ingin menjadi seiyuu. Minami pertama kali tahu pekerjaan seiyuu itu ada ketika melihat kredit di akhir anime pada saat SD. Demi untuk menjadi seiyuu, Minami bergabung dengan klub drama pada saat SMP dan grup siaran radio pada saat SMA. Pada saat audisi, Minami mendapatkan banyak pujian dari Yutaka Yamamoto, sang sutradara anime-nya. Dalam audisi tersebut, sutradara yang akrab dipanggil Yamakan ini sampai mengatakan sempat kebingungan ketika memilih posisi center antara Minami atau Mayu.

joi-music-wake-up-girls-yoshino

Yoshino menyadari pada saat kelas 1 SMP bahwa satu-satunya yang hal yang bagus dari dirinya adalah suaranya. Karena itu, dia pun mulai mengikuti banyak audisi yang berhubungan dengan suara, seperti Anisong Vocal Audition pertama dan juga audisi seiyuu untuk Milky Holmes. Yoshino baru pertama kali berhasil masuk hingga tahap final audisi di Anisong Vocal Audition kedua dan lolos menjadi seiyuu.

joi-music-wake-up-girls-nanami

Nanami sejak awal memang tertarik untuk menyanyi dan menari. Dia bahkan sempat tampil dalam kompetisi karaoke di kampung halamannya. Pada saat kelas 2 SMA, Nanami memutuskan untuk mengikuti audisi Wake Up, Girls! dan berhasil lolos audisi. Pada awalnya dia tidak tertarik dengan anime, tetapi karena anggota lainnya sering membahas tentang anime dan seiyuu favoritnya, Nanami pun perlahan-lahan mulai menikmatinya.

joi-music-wake-up-girls-kaya

Kaya sejak kecil menyukai Sailor Moon, bahkan dia sering meniru suara Usagi yang diperankan oleh Kotono Mitsuishi. Setelah itu, dia melihat lagi pernah Kotono sebagai Misato di Evangelion dan terkesima. Setelah lulus SMA, Nanami mengatakan bahwa dia ingin menjadi seiyuu dan ingin melanjutkan pendidikannya di sekolah khusus. Tetapi ternyata kedua orang tuanya menentang keputusan tersebut. Nanami akhirnya melanjutkan pendidikannya ke universitas yang sama seperti kakaknya di Tokyo. Di tahun ke-4 kuliahnya, dia mengikuti audisi Wake Up, Girls! dan berhasil lolos.

joi-music-wake-up-girls-miyu

Miyu sebenarnya pernah mengikuti Anisong Vocal Audition pertama yang diadakan oleh avex dan 81 produce. Dia berhasil masuk sampai tahap akhir, tetapi sayangnya gagal. Tetapi karena ini, dia berhasil lulus pada saat Anisong Vocal Audition kedua untuk Wake Up, Girls!. Miyu adalah fans besar Taiko no Tatsujin sejak game pertamanya versi PS2. Sejak jadi seiyuu, dia diam-diam punya mimpi untuk menyanyikan lagu di Taiko no Tatsujin. Mimpi ini berhasil di wujudkan pada awal 2016. Dalam Taiko no Tatsujin White Version, dia menyanyikan lagu Namco Original yaitu “All in My Heart.”

Sampai saat ini, Wake Up, Girls! baru memiliki 4 single saja dan single ke-5 baru akan rilis pada tanggal 25 November. Single yang berjudul “Bokura no Frontier” ini menjadi lagu ending dari serial anime Shakunetsu no Takkyuu Musume. Mereka akan tampil dalam Anime Festival Asia Singapore 2016 yang akan berlangsung pada akhir pekan ini. Mereka juga berancana mengadakan konser solo di Jepang pada bulan Desember.

Kalian bisa mengikuti Wake Up, Girls! lewat situs resmi, Twitter, dan blog.