[Celebrity Sunday] Hikakin

November 27, 2016 11:43 am
[Celebrity Sunday] Hikakin

Untuk Celebrity Sunday kali ini, JOI akan kembali membahas tentang Hikakin, salah satu YouTuber asal Jepang yang paling terkenal. Selain sebagai YouTuber, dia juga terkenal sebagai human beatboxer yang pernah berkolaborasi dengan berbagai artis internasional.

Waktu kecil, pria yang kelahiran tahun 1989 ini sering memojok di kelas. Dia sudah menentukan untuk menjadi human beatboxer pada saat SD. Alasan dia ingin menjadi human beatboxer adalah karena terpengaruh acara Hamonepu League yang menjadi bagian dari acara Chikara no Kagiri Go Go Go!!. Acara tersebut merupakan lomba beatbox. Dia sempat membuat channel YouTube, tetapi karena ternyata kemampuannya masih jelek, dia langsung menghapusnya.

Setelah masuk SMA, dia mulai rajin tampil di konser dan juga channel Hikakin yang berisikan video-video beatbox. Alasan dia memilih nama Hikakin adalah karena waktu kelas 3 SD sampe kelas 3 SMA, seniornya di tempat ski jump selalu memplesetkan nama aslinya dari Hikaru jadi Hikakin. Dia mulai menggunakan nama itu untuk aktivitas beatbox sejak masa SMP. Dia mempelajari beatbox secara otodidak melalui berbagai video di YouTube.

Begitu lulus SMA, Hikakin pindah ke Tokyo. Demi bertahan hidup, dia melakukan banyak pekerjaan, contohnya jadi pegawai supermarket. Pada awalnya cara hidup dia sehari-harinya adalah meng-upload video. Tetapi pikirannya mulai berubah setelah melihat video dari Michelle Phan, salah satu YouTuber paling besar di Amerika.

Nama Hikakin mulai melejit pada tahun 2010 ketika dia merilis video Super Mario Beatbox. Hingga penulisan artikel ini, videonya sudah ditonton 36 juta kali. Pada saat rilis, video tersebut menjadi video YouTube yang paling banyak diakses di Jepang selama sebulan. Tidak hanya itu, videonya pun sampai dibahas oleh stasiun TV Amerika CBS News. Berkat ini, dia terpilih dalam 500 Top Partners on YouTube. Namanya pun semakin terkenal, bahkan sempat berkolaborasi dengan banyak artis ternama seperti Aerosmith, NE-Yo, dan Ariana Grande.

Saat ini, dia memiliki 4 channel YouTube. Hikakin difokuskan untuk video-video beatbox, HikakinTV difokuskan untuk memperkenalkan berbagai produk, HikakinGames berfokus pada video let’s play bermain game, dan HikakinBlog berfokus tentang kehidupan Hikakin. Meski awal karir dia adalah beatboxer, channel HikakinTV memiliki jumlah subcriber yang paling besar, yaitu mencapai 3 juta. Total subscriber untuk ke-4 channel-nya adalah lebih dari 7 juta. Sedangkan video-video dia sudah ditonton lebih dari 400 milyar kali. Hikakin juga bisa dibilang membuat genre memperkenalkan berbagai produk unik Jepang menjadi paling populer di lingkungan YouTuber Jepang.

Dia juga adalah pendiri dari UUUM, salah satu multi-channel network terbesar di Jepang. Multi-channel network adalah sebuah agensi yang membantu YouTuber dalam berbagai hal seperti manajemen, proses pembuatan konten, promosi, dan lainnya. Sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan potongan dari pendapatan dari iklan yang didapatkan oleh sang YouTuber. Banyak YouTuber Jepang yang terkenal bergabung dengan UUUM contohnya Hajime Shachou, Yuuka Kinoshita, Leon Channel, dan masih banyak lainnya.

Kalian bisa mengikuti Hikakin lewat YouTube (Hikakin, HikakinTV, HikakinGames, HikakinBlog), Twitter, Facebook, dan blog.