Pendapatan Kota Hida, Inspirasi ‘Kimi no Na wa’ Meningkat Milyaran Yen

November 27, 2016 10:48 am
Pendapatan Kota Hida, Inspirasi ‘Kimi no Na wa’ Meningkat Milyaran Yen

Kota Hida yang terletak di prefektur Gifu mendapatkan kejutan yang tidak disangka-sangka tahun ini. Beberapa tempat dalam kota ini menjadi inspirasi yang dipakai untuk film terbaru buatan Makoto Shinkai, Kimi no Na wa yang kini sedang sukses di pasaran. Karena film tersebut juga, pendapatan kota ini meningkat sampai milyaran Yen!

Dilaporkan kota Hida berhasil mendapatkan 18,5 milyar Yen atau sekitar 200 milyar Rupiah tahun ini. Dipercaya pendapatan tersebut adalah hasil prestasi film tersebut dan pemasaran yang dilakukan oleh para penggemarnya.

Kota tersebut juga baru-baru ini menawarkan “Tur Napak Tilas Kimi no Na wa” untuk memanfaatkan momentum yang didapatkannya, dan para penggemar tidak membuang-buang waktu. Banyak turis yang datang untuk melihat-lihat isi kota, dan mengabadikan momen-momen mereka di lokasi-lokasi yang menginspirasi film tersebut. Salah satu tempat yang paling terkenal adalah Perpustakaan Kota Hida yang memperbolehkan penggemar untuk mengambil foto interiornya menjadi tujuan yang sangat populer.



Kuchikamizake“, sebuah sake edisi terbatas yang dibuat oleh pembuat sake terkenal daerah itu, Watanabe Shouzou-ten habis terjual, memberikan lebih banyak pendapatan bagi usaha lokal. Kuchikamizake dibuat dengan mengunyah nasi, melepehkannya, dan membiarkannya terfermentasi. Proses ini menjadi sebuah kunci dalam plot film Kimi no Na wa. Kalian tidak perlu khawatir dengan sake yang  pembuatannya tidak higienis,  karena penjualan sake-fermentasi-ludah tersebut sudah tidak legal di Jepang, dan sake edisi terbatas yang dijual Watanabe Shouzou-ten hanyalah sebuah sake edisi terbatas yang dijual dalam botol yang didekorasi spesial.

Ini memang bukan pertama kalinya sebuah seri anime membuat sebuah kota menjadi populer dan menambah pendapatan daerahnya. Seri-seri seperti Love Live!Haifuri, dan Girls und Panzer juga berhasil membantu kota-kota yang menjadi inspirasi mereka menjadi lebih terkenal dan meningkatkan pendapatannya dengan berbagai macam cara.

Sumber: Rocketnews