Mamoru Oshii Terima Penghargaan Seumur Hidup pada Annie Awards

November 29, 2016 1:34 pm
Mamoru Oshii Terima Penghargaan Seumur Hidup pada Annie Awards

Asosiasi Film Animasi Internasional, ASIFA-Hollywood, pada hari Senin kemarin mengumumkan bahwa sutradara Mamoru Oshii akan menerima penghargaan Winsor McCay untuk hasil karya seumur hidupnya di ajang penghargaan tahunan Annie Awards ke-44. Acara penghargaan ini akan diadakan pada tanggal 4 Februari 2017.

Ajang penghargaan ini diberikan kepada individu yang selama hidup dan karirnya memberikan kontribusi dalam dunia animasi. Beberapa insan industri animasi Jepang telah memenangkan penghargaan ini seperti Kihachiro Kawamoto (1988), Osamu Tezuka (1989-1990), Hayao Miyazaki (1998), Katsuhiro Otomo (2014), dan Isao Takahata (2016).

Mamoru Oshii dikenal sebagai sutradara sejumlah film animasi, OVA, serial anime, dan film live-action. Karir awalnya dibuka dengan menjadi sutradara sebuah OVA berjudul Dallos. Dia juga menjadi sutradara untuk Urusei Yatsura, Angel’s Egg, dan beberapa proyek seri Patlabor.

Anime sci-fi Ghost in the Shell di tahun 1995 menghantarkan dirinya pada dunia Internasional. Setelah sukses dengan Ghost in the Shell, Oshii terlibat pada sejumlah proyek animasi seperti Jin-Roh – The Wolf Brigade, Blood: The Last Vampire, dan The Sky Crawlers.

Oshii baru-baru ini terlibat di beberapa proyek live-action, seperti The Last Druid: Garm Wars, Patlabor: The Next Generation, dan Nowhere Girl. Dia juga menjadi sutradara untuk hybrid live-action/CG micro-series berjudul Sand Whale and Me yang diproduksi oleh Production I.G untuk penayangan perdana 18 Maret di program Adult Swim milik Toonami.

Sumber: ANN