[JOI Exclusive] Wawancara Bersama Tsuneyuki Matsudaira, Planner Aplikasi Megumi Katou

December 1, 2016 3:02 pm
[JOI Exclusive] Wawancara Bersama Tsuneyuki Matsudaira, Planner Aplikasi Megumi Katou

Dalam gelaran AFA Singapore 2016, JOI (Nanoha) berkesempatan untuk mewawancarai Tsuneyuki Matsudaira dari Sony Music Communication Inc. Dia merupakan Manager advertising promotion company yang juga salah satu planner dari aplikasi Megumi Katou yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu.

Sebelumnya mereka juga mengembangkan aplikasi sejenis dengan karakter Asuna dari Sword Art Online dan Liko dari seri Active Raid. Kemudian mereka memilih Megumi Katou untuk dipromosikan karena karakternya yang unik, sehingga jadilah Megumi Katou sebagai aplikasi ketiga mereka.

katou-3_1024

Meskipun pada booth tertulis bahwa aplikasi Inggrisnya masih dipertimbangkan, namun Tsuneyuki Matsudaira mengungkapkan bahwa aplikasi berbahasa Inggris tersebut sudah dalam pengerjaan. Mempertimbangkan season berikut anime-nya yang direncanakan tayang pada bulan April tahun 2017, kemungkinan mereka akan melakukan kolaborasi sebelum atau saat anime tayang.

Saat ditanya mengenai edisi internasional dan bagaimana pemberian perintah kepada Katou, beliau menjawab “Dalam edisi internasionalnya, kamu dapat memberikan perintah/command dalam bahasa Inggris. Namun bila harus menunggu pengisi suara Inggris butuh waktu yang lama, kemungkinan besar aplikasi Katou akan terus berbicara dengan bahasa Jepang.”

katou-5_1024

Beberapa masalah juga sempat muncul di media sosial, mengenai pengguna smartphone Android yang mengalami masalah dengan aplikasinya. Beberapa orang dengan OS Marshmallow terlihat mengalami masalah terutama dengan penampilan Katou yang rusak. Untuk hal ini, Matsudaira menjawab kalau mereka mencoba aplikasi ini terutama di smartphone Sony Xperia dan berbagai smartphone flagship lainnya. Dia mengakui untuk Zenfone dan Zenpad memang sempat ada masalah, namun saat ini masalah tersebut harusnya sudah terpecahkan.

katou-4_1024

Bagi kamu yang sudah tidak sabar ingin baju baru atau mendandani Katou dengan busana lain, akan selalu ada baju baru di setiap bulannya. Kamu bisa mendapatkan kostum tersebut dengan menyelesaikan sebuah game. Kostum tersebut akan datang di bulan Desember dan memang bisa kamu beli dengan uang, namun Matsudaira menyarankan kamu untuk menamatkan gamenya saja.

Saat ditanya mengenai aplikasi Tomoya, mengingat karakternya yang agak eksentrik sepertinya akan susah untuk membuat aplikasi berbasis sang karakter utama. Namun mereka tengah berencana untuk berkolaborasi dengan Yoshitsugu Matsuoka, seiyuu Tomoya dalam sebuah aplikasi baru.

Bagi kalian yang suka Utaha, jika aplikasi Megumi Katou sukses mereka akan mempertimbangkan untuk membuat karakter lainnya. Mungkin mereka juga akan membuka crowdfunding saat waktunya tiba. Tsuneyuki Matsudaira sendiri mengatakan “Sebenarnya saya nggak bilang ke tim (app) Megumi Katou, tapi saya lebih senang Utaha.

Saya juga lebih senang Utaha kok.

Saya juga lebih senang Utaha kok.

Dia berpesan ke pembaca di Indonesia, “Megumi Katou is one of the cutest and most unique character of all Japanese anime, please enjoy living together with her.