[First Impression] Pokemon Sun & Moon

Setelah menunggu cukup lama sejak pertama kali diumumkan, Nintendo akhirnya merilis “Pokemon Sun” dan “Pokemon Moon” untuk Nintendo 3DS. Game ini cukup dinantikan oleh banyak fans Pokemon karena menghadirkan banyak perubahan, bukan hanya sekedar generasi Pokemon baru saja.

Pokemon Sun dan Moon mengambil setting di wilayah Alola yang dibuat berdasarkan Hawaii. Sama seperti biasa, kalian baru saja pindah ke wilayah tersebut dan berniat untuk menjadi Pokemon Trainer yang terbaik. Tetapi ternyata di wilayah Alola tidak ada Gym Badge yang diperlukan untuk menjadi penantang Pokemon League.

Jelajahi Alola dengan Suasana Tropis

Dalam game Pokemon terbaru ini, kalian akan menjelajahi Alola yang dibagi menjadi beberapa pulau. Karena itu, kalian akan menjelajahi wilayah tersebut dengan cara pergi dari pulau ke pulau. Karena wilayahnya sangat berbeda dengan game-game Pokemon sebelumnya, Game Freak menghadirkan banyak perubahan.

first-impression-pokemon-sun-moon-2

Salah satu perubahan terbesar yang dihadirkan adalah dihapusnya HM yang bisa digunakan di field untuk membantu perjalanan kalian. Sebagai gantinya, kalian bisa menggunakan Poke Ride dalam game Sun dan Moon. Kalian akan bisa memanggil Pokemon tunggangan khusus untuk dikendarai. Ada macam-macam jenis Poke Ride, contohnya adalah Tauros yang bisa menghancurkan batu yang menghalangi jalan, Lapras yang memungkinkan kalian bisa “berjalan” di air, hingga Charizard yang membuat kalian bisa terbang.

Perubahan besar lainnya adalah dihapusnya gym. Sebagai gantinya, seluruh Pokemon Trainer di Alola mengikuti ritual yang berupa Island Challenge. Di masing-masing pulau, terdapat trial yang dihadirkan oleh Trial Captain. Setelah kalian berhasil menyelesaikan seluruh trial di masing-masing pulau, kalian akan menghadapi grand trial melawan Island Kahuna yaitu Trainer terkuat yang ada di pulau. Sebagai ganti gym badge, kalian akan mendapatkan Z-Crystal yang membuktikan kemampuan kalian dan juga memiliki kemampuan unik. Z-Crystal bisa kalian gunakan untuk mengaktifkan Z-Move, jurus spesial yang sangat kuat dan hanya bisa digunakan sekali saja di setiap pertarungan.

first-impression-pokemon-sun-moon-5

Semakin Banyak Perubahaan dan Perbedaan antar Kedua Versi

Sebenarnya masih banyak perubahan yang dihadirkan oleh Game Freak. Sebagian ada yang berupa perubahan kecil saja, tetapi sangat membantu kalian. Salah satu perubahan yang saya sukai adalah informasi tambahan untuk move yang memberi tahu apakah efektif terhadap Pokemon yang kalian hadapi setelah bertemu sekali. Meski hanya perubahan kecil, sekarang kalian tidak perlu lagi repot-repot mengingat tipe masing-masing Pokemon.

first-impression-pokemon-sun-moon-4

Di game-game Pokemon sebelumnya, perbedaan antar kedua versi biasanya hanyalah berupa beberapa Pokemon yang berbeda saja, hal ini memaksa kalian untuk melakukan trade untuk melengkapi koleksi. Tetapi untuk Sun dan Moon, Game Freak mencoba menghadirkan lebih banyak perbedaan. Perbedaan yang paling terasa dalah waktu dalam game-nya. Versi Sun dan Moon memiliki perbedaan waktu selama 12 jam. Bila kalian bermain versi Sun, waktu dalam game-nya akan sesuai dengan dunia nyata. Tetapi apabila kalian bermain versi Moon, maka waktu dalam game akan berbeda dengan dunia nyata. Contohnya apabila kalian bermain di siang hari, maka dalam game-nya akan menjadi malam hari. Selain itu, ada juga Pokemon yang memiliki evolusi yang berbeda di masing-masing versi.

first-impression-pokemon-sun-moon-3

Meski sudah banyak perubahan yang dihadirkan oleh Game Freak, core gameplay dari Sun dan Moon masih belum berubah banyak. Sistem pertarungan masih sama dengan game-game sebelumnya dan kalian masih harus mengumpulkan banyak Pokemon.

Verdict: Pokemon dengan Rasa Baru

Meski banyak perubahan, Pokemon Sun dan Moon masih sama dengan Pokemon yang sudah lama kalian kenali. Perubahan-perubahan yang dihadirkan olehb Game Freak pun cukup membantu seperti tidak perlu lagi repot-repot menghabiskan slot move untuk HM. Jadi, tidak aneh Pokemon Sun dan Moon bisa terjual dengan laku.

Dibandingkan dengan game-game Pokemon sebelumnya yang rilis untuk Nintendo 3DS, Pokemon Sun dan Moon berjalan lebih lancar. Saya bermain di New Nintendo 3DS dan tidak mengalami frame rate yang turun sama sekali. Tetapi menurut laporan orang yang bermain di 3DS biasa, frame rate-nya turun ketika melakukan double battle. Salah satu alasan kenapa game-nya dapat berjalan lebih lancar adalah karena mode tampilan 3D dimatikan.

first-impression-pokemon-sun-moon-1

Kalau mau jujur, saya bermain Pokemon karena saya suka desain karakter perempuan oleh Ken Sugimori. Dan tentunya desain-desain karakter di Sun dan Moon sangat menarik. Apalagi sekarang opsi mengubah tampilan karakter yang kalian bisa lebih bebas. Tentu uang saya habiskan untuk membeli berbagai pakaian untuk karakter saya.