Pokemon Go, Pikotaro dan Kimi no Na wa adalah Produk Terlaris 2016 versi Dentsu Jepang

December 3, 2016 12:23 pm
Pokemon Go, Pikotaro dan Kimi no Na wa adalah Produk Terlaris 2016 versi Dentsu Jepang

Setiap tahunnya perusahaan iklan dan public relation Dentsu membuat daftar “produk terlaris” di akhir tahun. “Produk terlaris” ini tidak selamanya sebuah produk seperti merk deterjen, merk sepatu dan lain sebagainya, produk dalam daftar ini bisa juga sebuah kejadian, film atau bahkan sebuah meme yang kepopulerannya mempunyai dampak untuk membuat orang-orang membicarakan hal tersebut di Jepang.

Daftar ini disusun berdasarkan survey dari 2000 responden dari bulan Oktober melalui Video Research. Responden diberikan 120 barang dan mereka menjawab dengan kata populer, tidak populer, atau tidak pernah mendengar sama sekali untuk menentukan barang tersebut laris atau tidak.

Untuk tahun 2016, Pokemon Go dinobatkan sebagai Produk Terlaris 2016. Game mobile phone yang menjadi fenomena global ini mampu membawa saham Nintendo sebagai pemegang lisensi Pokemon naik drastis. Kepopuleran Pokemon Go juga bukan hanya di Jepang saja tapi di Indonesia. Pokemon Go juga sangat populer bahkan sampai ada pernyataan bahwa bermain Pokemon Go dilarang agama.

Di posisi kedua ada film Kimi no na wa. yang akan dirilis di Indonesia pada tanggal 7 Desember 2016. Film yang disutradarai Makoto Shinkai ini sudah menyalip pendapatan Mononoke Hime dengan total penghasilan sebesar 19,4 milyar Yen (atau setara dengan 2,1 trilyun Rupiah).

Pikotaro dengan lagu “PPAP” berhasil duduk di posisi kelima untuk tahun ini. Produk lainnya yang masuk pada tahun ini ada Olimpiade Rio 2016, Shin Gojira, Osomatsu-san, iPhone 7, Star Wars: The Force Awakens.

Juru bicara dari Dentsu, Shusaku Kannan mengatakan “Tahun 2016 merupakan tahun dimana produk yang atraktif diperkenalkan ke pasar dan konsumen mulai membangun cara baru dalam menikmati sebuah produk dan dibagikan melalui media sosial.

Berikut daftar lengkap 20 Produk Terlaris 2016 Versi Dentsu Jepang

  1. Pokemon Go
  2. Kimi no Na wa
  3. Olimpiade Musim Panas dan Paralimpik Rio 2016
  4. Tim baseball professional Hiroshima Toyo Carp memenangkan kompetisi Central League
  5. Pen Pineapple Apple Pen (PPAP) dari Pikotaro
  6. Manga berjudul Kochira Katsushika-ku Kameari Kouen-mae Hashutsujo (Kochikame)
  7. Universal Studios Japan
  8. Shin Gojira
  9. Halloween
  10. Sanada Maru (dorama NHK)
  11. Sistem pajak kontribusi perumahan
  12. YouTubers
  13. Instagram
  14. Drones
  15. Tim Nasional Rugby Jepang
  16. Asa ga Kita dan Toto Neechan (dorama pagi NHK)
  17. Osomatsu-san
  18. iPhone 7
  19. G7 Ise-Shima Summit
  20. Star Wars: The Force Awaken

Sumber: Campaign