Banyak Orang Jepang Menikahi Teman dan Kenalan karena Tidak Mau Repot Pacaran

December 4, 2016 6:05 pm
Banyak Orang Jepang Menikahi Teman dan Kenalan karena Tidak Mau Repot Pacaran

Menurut survei, 60% wanita Jepang dan 76% pria Jepang di umur 20 tahun dilaporkan tidak memiliki pasangan atau yang lebih akrab disebut dengan pacar. Namun anehnya, 80% orang Jepang yang belum menikah ini memandang pernikahan sebagai salah satu tujuan hidup yang besar. Lalu, bagaimana mereka bisa menikah kalau pacar saja tidak punya?

Walaupun hal ini memang menimbulkan beberapa pertanyaan, namun jawaban para orang Jepang ini ternyata cukup mudah. Menurut mereka “Bodo amat sama pacaran. Aku akan menikah dengan orang yang membuatku nyaman.”

joi-orang-jepang-menikah-karena-nyaman-2

Beberapa pernikahan yang dilaksanakan artis belakangan ini sepertinya menyalakan tren “kosai zero nichikon” (yang dapat diterjemahkan sebagai “menikah tanpa pacaran.”) Misalnya, aktris Mari Horikita yang menikahi Koji Yamamoto di tahun 2015 setelah 1 bulan berkencan. Hal ini menimbulkan banyak pengguna Twitter untuk membagikan cerita “shotgun wedding” mereka sendiri.

Dari kompilasi cerita-cerita tersebut, menurut Matome Naver dapat disimpulkan kalau banyak orang Jepang yang memilih untuk menikahi teman atau kenalan untuk menghemat waktu dan uang yang akan habis hanya untuk pacaran. Beberapa juga sepertinya percaya kalau menikahi seseorang yang bukan pacarmu bukan sebuah pilihan terakhir, tapi lebih baik karena bisa melangkahi batasan emosi dan membuat orang langsung to the point saja. Sebuah kolom dalam majalah Joshi Spa! mengungkapkan kalau mencari pasangan nikah dengan cara tradisional (pacaran) itu sama seperti bunuh diri.

Namun memang, belum ada bukti empiris kalau “kosai zero nichikon” akan menjadi tren pernikahan baru di Jepang, dan sepertinya hanya ada sedikit dari porsi masyarakat yang melakukan praktek tersebut. Masih banyak pasangan Jepang yang menikah dengan berdasarkan cinta dan kasih sayang, walau ada juga yang tidak bisa lari dari tuntutan orang tua seperti omiai atau acara temu jodoh.

Mungkin hal ini bisa jadi sedikit angin segar bagi para jomblo yang sampai saat ini masih belum menemukan pasangan. Mungkin kamu bisa pergi ke Jepang untuk mencari orang-orang yang juga sudah lelah dengan pacaran dan ingin menikah tanpa basa-basi.

Sumber: Matome Naver via Japan Today
Foto: Japan Reference