‘Sangatsu no Lion’ Mendapat Penghargaan ‘Book of The Year’ dari Da Vinci Award

December 7, 2016 12:47 pm
‘Sangatsu no Lion’ Mendapat Penghargaan ‘Book of The Year’ dari Da Vinci Award

Edisi bulan Januari 2017 mengumumkan kalau majalah Da Vinci milik Kadokawa Media Factory menggelar pemberian penghargaan tahunan ke 17-nya untuk mengangkat “Book of The Year” pada hari Selasa. Penghargaan Da Vinci Award tersebut tidak berbasis penjualan saja, namun dari grup pemilih yang terdiri dari 5117 pemilih termasuk pengulas buku, penulis, dan pegawai toko buku yang dipilih untuk menjadi respondennya.

JOI - sangatsu no lion visual terbaru (2)

Berikut adalah 10 besar dari peringkat tersebut:

  1. Sangatsu no Lion (Volume 1-12) – Chika Umino
  2. One Piece (Volume 1-83) – Eiichiro Oda
  3. Kochira Katsushika-ku Kamearikouen-mae Hashutsujo (Volume 1-200) – Osamu Akimoto
  4. Shingeki no Kyojin (Volume 1-20) – Hajime Isayama
  5. Ansatsu Kyoushitsu (Volume 1-21) – Yusei Matsui
  6. Detective Conan (Volume 1-90) – Gosho Aoyama
  7. Chihayafuru (Volume 1-33) – Yuki Suetsugu
  8. Space Brothers (Volume 1-29) – Chuya Koyama
  9. Haikyu!! (Volume 1-24) – Haruichi Furudate
  10. Kimi ni Todoke – From Me to You (Volume 1-27) – Karuho Shiina

Tahun lalu, manga Sangatsu no Lion juga berhasil menduduki puncak dari penghargaan ini. Selain itu, seri One Piece dan Shingeki no Kyojin juga berhasil duduk di 5 besar penghargaan ini ditemani Silver Spoon dan Detective Conan.

Sangatsu no Lion menceritakan kehidupan Rei Kiriyama, seorang remaja berusia 17 tahun yang memulai kehidupan mandirinya sebagai seorang pemain shogi profesional setelah kematian orang tuanya dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. Dia kemudian mulai membuka diri setelah bertemu dengan 3 orang saudari, AkariHinata, dan Momo.

Chika Umino memulai seri manga ini di tahun 2007 dalam majalah Young Animal, Hakusensha merilis volume ke-12 manga-nya pada tanggal 29 September lalu. Seri ini sendiri telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi seperti Manga Taisho Award dan Kodansha Manga Award tahun 2011. Manga ini juga memenangkan Tezuka Osamu Prize’s Top Award ke 18 pada bulan Maret 2014.

Sumber: ANN