[Mascot Monday] Zuella

December 12, 2016 4:09 pm
[Mascot Monday] Zuella

Kembali lagi dalam rubrik yang membahas tentang maskot-maskot dari organisasi kreatif lokal. Mascot Monday kali ini akan lebih berwarna karena akan membahas Zuella, maskot yang berasal dari sebuah circle yang memiliki jumlah anggota yang cukup banyak dengan gaya gambar yang berwarna-warni, yakni Arteza Sketzuela.

Tidak ada informasi jelas mengenai kapan awal mula berdirinya circle yang satu ini, namun tebakan penulis yang mungkin paling mendekati adalah pada tahun 2014 pada saat laman Facebook Arteza Sketzuela pertama kali dibuat. Menurut deskripsi di laman, Arteza memiliki 34 anggota yang tergabung didalamnya. Meski umur circle ini masih terhitung muda, mereka cukup aktif dan sudah mengikuti banyak event kreatif. Bahkan Arteza juga sudah pernah mengikuti Comiket loh!

Selain laman Facebook, Arteza juga memiliki grup di Deviantart jika kalian ingin melihat contoh-contoh karya dari para anggotanya. (atau mungkin juga tertarik ingin mencoba komisi gambar dari anggota mereka?)

Si Imut yang berkarisma

zuella1Zuella, maskot imut yang berkarisma

Sebagai maskot, Zuella tentu dituntut untuk selalu bisa tampil menarik dan menonjolkan karisma dari diri dan circle-nya. Dari segi tampilan, dia tampil dengan berbagai warna yang dilekatkan pada kostum dan aksesoris yang digunakannya. Dia memiliki rambut berwarna merah muda lurus yang diikat ke belakang, dihias oleh klip rambut berbentuk sayap kecil yang lucu dengan motif warna pelangi di bagian depan.

Tubuh bagian atasnya dibalut oleh jubah setengah badan dengan kacu bermotif pelangi di bagian leher yang diikat dengan bros kecil berbentuk huruf logo Arteza. Tidak lupa topi seniman berwarna putih yang senantiasa menghiasi kepalanya. Menurut saya pribadi, moe point dari Zuella sendiri terletak pada banyaknya penggunaan motif warna pelangi di tiap aksesoris yang menempel pada kostum Zuella yang cenderung menggunakan tone warna pucat. Sehingga membuat keseimbangan warna yang terdapat pada desain karakter Zuella.

zuella_charsheetZuella’s character design sheet

Meskipun kadang karismanya berkurang seiring berjalannya waktu atau pencitraannya yang kurang. Namun Zuella tidak perlu khawatir, karena dia punya peliharaan yang mampu ‘menghapus’ kekurangan karismanya tersebut dan mengembalikan imej Zuella yang imut dan berkarisma.

Punya pose andalan

zue_pose1Pose andalan Zuella ver. 1.0

Kalian masih ingat dengan salah pose m*nt*p j*wa yang (mungkin) sempat viral di umpan berita (newsfeed) pada sosial media kalian? Zuella juga tidak mau kalah loh! Dia juga memiliki pose andalannya sendiri yang sering digunakannya dalam setiap kesempatan saat berfoto narsis.

zue_pose2Pose andalan Zuella upgraded ver. 2.0

Pose mengangkat tangan dan ketiak yang membentuk huruf “V” dengan 2 jari ini kelihatannya hampir selalu dipakai oleh Zuella saat berfoto narsis. Yang unik dari pose andalan Zuella ini adalah tidak monoton dan selalu mengalami peningkatan(upgrade) di setiap versi. Jika kalian pikir versi 2.0 ini sudah yang paling mutakhir, mari kita lihat versi 3.0 dibawah ini.

zue_pose3Pose andalan Zuella latest upgrade ver. 3.0 ,kali ini dengan 3 jari!

Akankah pose khas Zuella ini menjadi viral dan memenuhi umpan berita pada sosial media kita? Atau Zuella akan membuat upgrade versi 4.0 untuk pose andalannya ini?

Punya peliharaan penghapus(?)

busekBusek-chan, penghapus(?) peliharaan Zuella

Dalam profil Zuella di Roster Profile Nusaimoe 2016, disertakan pula nama Busek-chan didalamnya. Busek-chan adalah penghapus(?) peliharaan Zuella yang bertugas untuk ‘menghapus’ kekurangan karisma dari Zuella. Nama Busek sendiri berasal dari kosakata bahasa Jawa yang dapat diartikan sebagai “Pembersihan” atau “Membersihkan“. Desain Busek-chan tergolong simpel dan cukup eyecatching. Rambut panjang kuning lurus, dibalut dengan jaket hoodie merah panjang  tanpa bawahan dengan tali jaket yang sekaligus menjadi kalung aksesoris berbentuk seperti penghapus(?), ditambah dengan kaos kaki panjang belang se-paha yang membuatnya semakin terlihat menarik.

Oh iya, Busek-chan juga memiliki varian art sebagai suster loh!

busek-susterSuster Busek! Pasiennya dijamin betah deh…

Siapa yang tidak mau dirawat kalau susternya seperti ini? Wah, pasti pasiennya jadi betah dan malah ogah sembuh deh kalau begini caranya, hihihi
Meski memiliki gijinka atau wujudnya saat berbentuk manusia, sejatinya Busek-chan tetaplah sebuah penghapus. Berikut gambar saat Busek-chan masih dalam mode/wujud aslinya sebagai penghapus.

zuella_busekZuella : “Wah, Busek hangat juga ya~”

Oh iya, melihat Busek-chan ini saya jadi teringat bahwa dalam Nusaimoe circle/komunitas dapat mendaftarkan sampai maksimal dua maskot. Akankah kita melihat Busek-chan sebagai peserta pada perhelatan Nusaimoe musim 2017? Kita tunggu saja tanggal mainnya ya!