Emas Batangan Senilai 600 Juta Yen di Fukuoka Dicuri oleh Polisi Gadungan

December 16, 2016 5:28 pm
Emas Batangan Senilai 600 Juta Yen di Fukuoka Dicuri oleh Polisi Gadungan

Sebuah investigasi pada hari Rabu kemarin mengungkap bahwa emas batangan dengan nilai kurang lebih 600 Juta Yen telah dicuri oleh seorang polisi gadungan pada siang hari di jalanan Fukuoka.

Menurut saksi, beberapa orang yang berencana untuk menjual emas tersebut di toko emas didekati oleh sekelompok polisi gadungan di dekat stasion JR Hakata.

Emas batangan dengan berat lebih dari 100kg dimasukkan pada beberapa koper, para polisi gadungan tersebut berpura-pura melakukan investigasi kasus penyelundupan untuk memeriksa koper, lalu mereka kabur dengan emas batangan tersebut menggunakan mobil.

Kamera pengawas menampilkan rekaman di dekat lokasi kejadian, rekaman memperlihatkan seorang pria yang membawa beberapa koper. Polisi berencana untuk memperluas area penyelidikan untuk menemukan lebih banyak jejak dari tersangka.

Korban mengatakan pada polisi bahwa pekerjaan mereka adalah menjual ulang besi mulia. Mereka juga mengatakan bahwa mereka membeli emas batangan tersebut sehari sebelum kejadian ini.

Polisi menduga para pelaku kejahatan ini berasal dari komplotan kriminal yang terorganisir karena para tersangka bisa tahu lebih dulu bahwa emas batangan tersebut akan dijual. Polisi juga menemukan beberapa seragam palsu yang diduga digunakan oleh para tersangka di prefektur Yamaguchi.

Berdasarkan informasi dari Kementrian Keuangan, jumlah kasus pencurian emas impor ini meningkat ditengah naiknya harga emas. Dalam setahun, sejak Juli 2015, pihak bea cukai Jepang mencatat 294 kasus penyelundupan.

Sumber: Japantoday

Header: Pixiv