Pekerja Pembangkit Listrik Fukushima Terserang Kanker Tiroid Menyusul Bencana Nuklir

December 19, 2016 10:57 am
Pekerja Pembangkit Listrik Fukushima Terserang Kanker Tiroid Menyusul Bencana Nuklir

Seorang pekerja yang terjangkit kanker tiroid akibat radiasi saat bencana melanda pabrik nuklir Fukushima telah ditemukan. Situasi ini diklasifikasikan sebagai kecelakaan industri, sebagaimana yang diumumkan oleh Kementerian Tenaga Kerja Jepang.

Pekerja dari Tokyo Electric Power Company Holdings Inc, selaku pihak operator pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, menjadi orang ketiga yang menderita gejala yang diakibatkan efek radiasi yang diakibatkan melelehnya tiga reaktor pada saat hari kejadian gempa bumi dan tsunami pada bulan Maret 2011.

Pria ini menjadi pria pertama yang terkena kanker tiroid karena bencana nuklir tersebut, sementara dua orang sebelumnya terkena leukemia. Pria yang berusia sekitar 40 tahun ini menjadi operator di reaktor nuklir no. 3 dan 4 pada pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi. Kecelakaan ini membuatnya berhak mendapatkan ganti rugi dari perusahaan.

Pria ini terlibat dalam pekerjaan yang melibatkan radiasi selama 20 tahun, dan bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi sejak Maret 2011 hingga April 2012, menurut informasi yang diumumkan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan. Selama 20 tahun ini, ia terkena radiasi dengan total 149,6 millisieverts tapi sekitar 139,12 millisieverts berasal pada saat bencana 2011 silam. Pria ini didiagnosa terkena kanker tiroid pada April 2014.

Sumber: JapanToday