Shinkai Menjawab Kritik Pedas yang Melayang kepada Film ‘Kimi no Na wa’

December 21, 2016 6:29 pm
Shinkai Menjawab Kritik Pedas yang Melayang kepada Film ‘Kimi no Na wa’

Film Kimi no Na wa” tentu sudah menjadi sebuah film yang terkenal di antara para otaku. Baik otaku dalam negeri di Jepang sendiri dan yang berada di luar negeri, film tersebut kerap meraih sukses yang tidak sedikit.

Saat ini film tersebut pun sedang dalam proses pertimbangan untuk mendapatkan penghargaan Oscar, walaupun gagal masuk nominasi untuk Golden Globe. Namun, melihat prestasi tersebut rasanya susah untuk mengandaikan film Makoto Shinkai yang satu ini sebagai film yang tidak sukses.

joi-waifu-wednesday-kimi-no-na-wa-5

Dalam acara radio TBS yang dilaksanakan pada tanggal 18 Desember lalu, Yozo Dojo’s Health Dojo, Shinkai diundang sebagai pembicara. Acara tersebut kemudian membahas mengenai kritik-kritik yang dilayangkan kepada film Kimi no Na wa, berikut ini adalah beberapa kritik yang diulas oleh acara tersebut.

  • Kalau kamu membuat film dengan banyak elemen trendy dan cathy, tidak susah rasanya meraup 10 milyar Yen di Box Office
  • Shinkai membuang gaya artistiknya untuk membuat filmnya jadi hit.”
  • Dia menjual jiwanya untuk kesuksesan finansial.
  • Dia mencampurkan banyak motif yang ‘aman’, sudah tentu film itu akan jadi populer.”

Beberapa kritik keras juga melayang dari figur-figur terkenal dalam dunia otaku, seperti Toshio Okada yang menganggap Kimi no Na wa buruk dan Tatsuya Egawa, pengarang seri Golden Boy.

joi-waifu-wednesday-kimi-no-na-wa-3

Dihadapkan dengan kritik-kritik tersebut Shinkai menjawab:

“Mungkin memang benar kata mereka (mengenai Kimi no Na wa tidak bagus). Tapi di waktu yang sama, kalau memang mudah untuk membuat anime yang sukses, silahkan saja mereka membuat anime juga. Aku tidak mengincar angka box office yang tinggi; semua itu hanyalah hasil dari film tersebut apa adanya. Karena, sulit untuk menjual sesuatu yang memang dibuat hanya untuk dijual.

“Selama 2 tahun kami berjuang, dan berjuang, dan berjuang. Jadi saat aku mendengar ada yang bilang ‘Itu hanyalah film yang menggabungkan elemen cathy dan trendy‘ aku jadi sedikit marah.”

Shinkai menutup komentar tersebut dengan tawa, sepertinya memang hanya sebagian kecil penonton saja yang menganggap film tersebut tidak bagus. Karena terlepas dari kritik-kritik yang dilayangkan, Shinkai tetap merajai box office Jepang selama berminggu-minggu, dan mencetak rekor penjualan film animasi di manamana.

Bagaimanakah film Kimi no Na wa menurutmu? Apakah film tersebut bagus atau jelek?

Sumber: Rocketnews