Pabrik di Jepang Mencari Tenaga Kerja Baru dengan Melibatkan Seorang Cosplayer Cantik

December 22, 2016 2:37 pm
Pabrik di Jepang Mencari Tenaga Kerja Baru dengan Melibatkan Seorang Cosplayer Cantik

Ketika suatu industri atau organisasi butuh sebuah promosi yang murah, mereka merilis sebuah kalender bergambar sebagai solusinya. Sejauh ini, berbagai kalender tersebut memasang gambar seperti petani berpenampilan keren untuk menarik orang-orang bekerja di industri pertanian, ataupun seorang model yang mengenakan bikini untuk mempromosikan JSDF. Saat ini sebuah pabrik di Osaka mencoba cara tersebut untuk menarik perhatian para tenaga kerja muda, dengan menampilkan seorang cosplayer cantik yang mengenakan pakaian buruh, lengkap dengan helm keselamatan.

cosplayer-1

Kalender tersebut dirilis oleh sebuah perusahaan bernama Ohmiya, yang memiliki kantor pusat di Higashiosaka, area nomor satu di Jepang dalam kategori kepadatan pabrik, dan nomor lima dalam kategori jumlah pabrik pada suatu wilayah. Dikenal sebagai kota manufaktur, pabrik ukuran kecil hingga sedang di area ini sedang mengalami kesusahan karena menurunnya jumlah tenaga kerja baru, pabrik di Jepang dikenal dengan reputasi 3K yaitu kitanai (kotor), kiken (berbahaya) dan kitsui (menyusahkan).

cosplayer-2

Dalam usaha memecahkan permasalah kekurangan tenaga kerja, Ohmiya meminta bantuan dari perusahaan lain yang berlokasi di Higashiosaka, Bibi Lab, yang terkenal karena memproduksi produk seperti bantal berbentuk manusia bernama Cotton Wife, jaket full-body anti nyamuk, dan berbagai serafuku unik. Kerjasama keduanya menghasilkan sebuah ide baru dalam produksi kalender bergambar yang dipenuhi oleh foto-foto yang menampilkan sisi menyenangkan dari kehidupan di pabrik, dalam usaha untuk menarik perhatian calon tenaga kerja baru.

cosplayer-11

Adalah Ayayo Nikukyu, cosplayer berusia 21 tahun yang membantu Ohmiya dalam proyek kalender bergambar tersebut dimana sebelumnya Ayato pernah membantu Bibi Lab sebagai model. Mungkin kalian pernah melihatnya sebagai model serafuku unik pada tautan diatas.

cosplayer-3

cosplayer-4

cosplayer-5

Pose yang dilakukan Ayato menunjukkan kalau bekerja di pabrik menyenangkan, seperti yang diperlihatkan foto dirinya di beberapa lokasi pabrik.

cosplayer-6

cosplayer-7

Foto-foto pada kalender ini menampilkan gambaran kehidupan tenaga kerja baru, mulai dari proses wawancara di bulan Januari hingga peningkatan kualifikasi di bulan Desember

cosplayer-8

Terdapat juga foto-foto dengan pose yang menyenangkan pada kalender tersebut, sebagaimana Ayato menginsipirasi para generasi muda agar seperti dirinya atau malah cukup beruntung untuk bekerja bersama dirinya.

cosplayer-9

Menurut Ohmiya, Ayato memberikan ratusan pose imut dalam sebuah area pabrik sehingga mereka berpikir untuk merilis kalender harian.

cosplayer-10

Namun, pada akhirnya Ohmiya memutuskan untuk tetap menggunakan foto Ayato si cosplayer imut dalam ukuran besar. Kalender dinding dalam format 13 halaman berukuran A2 ini dijual di situs resmi Ohmiya dalam jumlah terbatas dengan harga 2.400 yen (sekitar Rp. 278.000). Sayangnya mereka tidak melayani pengiriman internasional, jadi bila kamu berminat mungkin kamu bisa titip sama teman kamu yang berada di Jepang.

Sumber: Rocketnews