Perdana Menteri Jepang Miliki Tim Khusus yang Bertugas Sebagai Pemberitahu Arah Belok

December 22, 2016 6:55 pm
Perdana Menteri Jepang Miliki Tim Khusus yang Bertugas Sebagai Pemberitahu Arah Belok

Melambaikan tangan sebagai pengganti lampu sein untuk berbelok atau menyalip merupakan hal yang lumrah di Indonesia, saya pun kerap melakukan hal yang sebenarnya tak perlu dilakukan ini kala menaiki ojek. Namun apa jadinya bila hal tersebut dilakukan oleh sebuah tim khusus milik Perdana Menteri Jepang?

Melalui video ini, kalian bisa melihat bagaimana tim khusus ini beraksi untuk menghentikan mobil-mobil agar memberi jalan kepada mobil yang ditumpangi oleh Shinzo Abe. Bila di Indonesia untuk pengawalan pejabat penting terdiri dari 4 motor dan 2 mobil (atau lebih), maka untuk pengawalan Perdana Menteri Jepang digunakan empat buah mobil dimana pada tiga mobil tersebut diisi tim khusus yang mengeluarkan badannya untuk menghentikan mobil lainnya.

Jelas hal seperti ini cukup berbahaya karena personil tim khusus tersebut mengeluarkan setengah badannya di sebuah mobil yang tengah melaju dengan kecepatan yang tak bisa dibilang pelan, belum lagi dengan manuver yang tak biasa.

pengawalan-shinzo-abe-1

Seorang pria yang mengenakan jas hitam mengeluarkan setengah badannya di sisi kanan dari bangku penumpang, sambil mengenakan sarung tangan putih ia menunjuk ke arah mobil-mobil pribadi. Sebuah peluit ditiup untuk memancing perhatian dari pengendara mobil pribadi kemudian meluruskan jari-jarinya dan melambaikan tangan secara perlahan untuk menuntun mobil lain.

pengawalan-shinzo-abe-2

pengawalan-shinzo-abe-3

Secara keseluruhan, proses pengawalan semacam ini memakan waktu sekitar 20 detik saja, sedikit menganggu laju kendaraan di jalan tol tentunya. Untungnya jalan tol disana tidak sepadat tol Indonesia dan minim pengemudi ugal-ugalan sehingga tidak menyebabkan kecelakaan antar kendaraan, seperti yang pernah terjadi di salah satu jalan tol di daerah Jakarta beberapa waktu silam.

Sumber: Rocketnews