Laporan Gameplay dari Closed Alpha Test ‘Gundam Versus’ Terungkap

December 24, 2016 11:09
Laporan Gameplay dari Closed Alpha Test ‘Gundam Versus’ Terungkap

Pada bulan November, Bandai Namco mengadakan closed alpha test untuk “Gundam Versus” dengan jumlah yang sangat terbatas dan tidak boleh dibahas sehingga detil gameplay belum terungkap. Tetapi Famitsu baru saja merilis laporan hasil uji cobanya yang mengungkapkan banyak detil.

Apa Itu Gundam Versus?

Gundam Versus adalah entri terbaru dari seri Mobile Suit Gundam VS. Ini adalah game action dan kalian akan bisa mengendalikan berbagai macam Mobile Suit lama dan baru dari berbagai seri Mobile Suit Gundam untuk melawan musuh dalam pertarungan 2 lawan 2. Seri ini menjadi terkenal berkat game arcade dan konsol dan merayakan ulang tahun ke-15 pada tahun ini.

Gundam Versus masih berupa game high-speed action dan kalian bisa mengalahkan lawan dengan menghabiskan Resource Meter milik mereka. Game ini khusus dibuat untuk konsol dan merupakan game pertama dalam serinya yang hadir untuk PlayStation 4.

12 Mobile Suit Terkonfirmasi

Ada 12 Mobile Suit yang bisa dimainkan dalam closed alpha test.

gundam-versus-gameplay-gundam

gundam-versus-gameplay-guncannon

gundam-versus-gameplay-gouf

gundam-versus-gameplay-nu-gundam

gundam-versus-gameplay-gundam-wing

gundam-versus-gameplay-tallgeese

gundam-versus-gameplay-unicorn

gundam-versus-gameplay-sinanju

gundam-versus-gameplay-exia

gundam-versus-gameplay-kyrios

gundam-versus-gameplay-barbatos

gundam-versus-gameplay-full-armor-gundam

Sistem Baru: Boost Action

Dengan mengisi Boost Gauge, kalian bisa melakukan melakukan aksi cepat dan action cancel melalui Boost Action. Boost Gauge akan terisi ketika kalian mendarat dan dalam closed alpha test, Mobile Suit kalian akan “overheat” ketika Boost Gauge kosong dan kalian tidak bisa melakukan apa-apa hingga kalian mendarat. Kalian bisa dalam situasi berbahaya ketika menggunakannya dengan tidak tepat, tetapi akan sangat membantu kalian apabila tahu cara menggunakannya. Famitsu mencoba 3 macam Boost Action dalam closed alpha test.

Boost Step

Ketika diaktifkan pada saat melakukan melee attack, kalian akan melakukan cancel dari aksi serangan dan bisa melakukan aksi berikutnya. Karena Boost Step bisa diaktifkan untuk melarikan diri dari serangan kombinasi musuh, kalian bisa menggunakannya pada saat pertarungan jarak dekat.

gundam-versus-gameplay-boost-step

gundam-versus-gameplay-boost-step-1

Boost Dash

Bergerak dengan cepat selama Boost Gauge belum habis. Karena seluruh aksi akan di-cancel ketika diaktifkan, Boost Dash cocok untuk melakukan taktik hit-and-away dan menembak jarak jauh tetapi menjadi tembakan beruntun.

gundam-versus-gameplay-boost-dash

gundam-versus-gameplay-boost-dash-1

Baru: Boost Dive

Aksi baru di Gundam Versus yang membuat kalian turun dengan kecepatan tinggi. Dalam game-game sebelumnya, Mobile Suit yang berada di udara dengan cara melompat atau aksi lainnya akan jatuh bebas kecuali melakukan aksi seperti Boost Dash dan sering menjadi sasaran empuk ketika mendarat. Tetapi dengan menggunakan Boost Dive, kalian bisa mengubah timing mendaratnya. Karena seluruh aksi akan di-cancel ketika melakukan Boost Dive, musuh akan jadi kesulitan untuk membaca gerakan kalian.

gundam-versus-gameplay-boost-dive

gundam-versus-gameplay-boost-dive-1

Sistem Baru: Striker Select

Dalam game-game sebelumnya, beberapa Mobile Suit bisa memanggil Mobile Suit lainnya untuk menyerang sebagai salah satu senjata mereka. Dalam Gundam Versus versi closed alpha test, kalian akan memilih 2 hingga 3 mecha sebagai Striker sebelum memilih Mobile Suit yang dimainkan. Striker bisa dipanggil kapan saja pada saat bertarung, selama kalian memiliki Striker Gauge yang terisi seiring waktu berlalu. Ketika Striker dipanggil, dia akan menyerang musuh dan langsung pergi. Tetapi Striker bisa digunakan untuk berbagai taktik seperti umpan atau menjebak musuh.

gundam-versus-gameplay-striker

Pilih dari 2 Awakening System

Meski ada perbedaan nama dan kontennya, Awakening System yang sudah tidak asing lagi kembali hadir di Gundam Versus. Sistem ini akan memberi power-up sementara dengan menggunakan Awakening Gauge yang terisi ketika kalian kena serangan. Kalian juga akan bisa menggunakan Awakening Technique selama Awakening aktif. Gundam Versus menghadirkan 2 macam Awakening System dengan efek yang berbeda yang bisa kalian pilih sebelum pertarungan dimulai. Yang harus kalian perhatikan adalah Boost Gauge milik rekan akan terisi ketika kalian mengaktifkan Awakening.

Blaze Gear

gundam-versus-gameplay-blaze-gear

Awakening tipe instan. Durasinya tidak lama tetapi memiliki kekuatan yang besar. Blaze Gear cocok digunakan ketika kalian ingin menembak ke segala arah secara bersamaan. Kalian juga akan mendapatkan efek kemampuan melee yang ditingkatkan dan mengubah kekuatan serangan setelah mencapai jumlah combo tertentu.

Lightning Gear

gundam-versus-gameplay-lightning-gear

Awakening yang menyala dalam waktu lama. Efeknya berdurasi lama dan sangat berguna karena akan membantu kalian saat menggunakan taktik.

Selain menambah jarak lock-on dan memulihkan Boost Gauge milik rekan ketika diaktifkan, awakening tipe ini juga akan memulihkan jumlah peluru senjata.

Tanggal rilis untuk Gundam Versus masih belum diumumkan, tetapi versi Inggris khusus untuk wilayah Asia dari game untuk PlayStation 4 ini sudah diumumkan. Bandai Namco akan memperlihatkan tampak gameplay pada tanggal 26 Desember.

Sumber: Gematsu

Sorry. No data so far.