5 Hal Aneh yang Dilakukan Orang Jepang pada Saat Hari Raya Natal

December 27, 2016 6:01 pm
5 Hal Aneh yang Dilakukan Orang Jepang pada Saat Hari Raya Natal

Sesuai dengan judul artikel ini, ada lima kebiasaan aneh yang dilakukan oleh warga Jepang dalam merayakan Natal. Bila biasanya orang-orang di dunia merayakan Natal dengan pesta dan berkumpul serta saling bertukar kado, itu tampaknya tidak terjadi di Jepang.

Berikut adalah tradisi unik Jepang dalam menjalankan Hari Raya Natal:

5. Ayam Goreng KFC

Tradisi di barat umumnya melibatkan kalkun sebagai makanan untuk malam Natal, hanya saja berhubung kalkun sendiri cukup langka di Jepang, mereka menggantikannya dengan ayam goreng tepung alias fried chicken. KFC adalah franchise fried chicken terbesar di Jepang dan sejak era 70’an berhasil melekatkan image mereka dengan Natal, maka orang Jepang biasanya merayakan malam Natal dengan menikmati ayam goreng ini.



Menurut postingan Twitter diatas, orang-orang Jepang memesan ayam goreng di KFC 2 bulan sebelum perayaan Natal. Bila biasanya di negara lain macam Amerika memandang ayam goreng KFC sebagai makanan yang biasa saja bahkan lebih rendah dari makanan milik gerai fast food lainnya, maka hal tersebut itu terbalik di Jepang. Warga Jepang menganggap ayam goreng KFC sebagai sesuatu yang mewah sebagaimana yang bisa kamu lihat dibawah ini.
wtf-christmas-8
Pada saat perayaan malam Natal, KFC Jepang mematok harga 3.990 Yen (sekitar Rp. 463.000) hingga 4.880 Yen (sekitar Rp. 566.000) untuk paket khusus Natal. Harga tersebut sungguh mengejutkan, bahkan jauh lebih mahal dari satu buket ayam goreng KFC di Indonesia. Apakah kalian juga merayakan Natal dengan memesan satu buket ayam goreng KFC?

4. Kue Natal

Lanjut ke nomor empat, yaitu Kue Natal. Saya sendiri tidak mengetahui pasti perayaan Natal di Indonesia karena saya bukan pemeluk Nasrani, yang saya ingat semasa anak-anak dulu, saya diajak ke rumah tetangga untuk merayakan Natal. Disana hanya tersaji makanan, pohon Natal, dan beberapa kado. Mungkin saja perayaan Natal di Indonesia juga menyediakan kue Natal karena telah 20 tahun berlalu sejak saya diajak untuk merayakan Natal.
Selain merayakan Natal dengan satu buket ayam goreng KFC, warga Jepang juga merayakan Natal dengan kue tart layaknya merayakan ulang tahun. Mungkin bisa dimengerti mengapa warga Jepang merayakan Natal dengan kue tart. Tapi bila biasanya kue tart berhiaskan kata-kata selamat ulang tahun kepada yang sedang berulang tahun, maka kata-kata pada kue tart untuk merayakan Natal ini terbilang tidak biasa.



Tidak biasa kan, karena kalian bisa melihat kue tart dengan motif Shin Godzilla dan motif yang menyeramkan yang membuat orang merasa jijik dan mual alih-alih ingin memakan kue tart tersebut.

3. Pohon Natal Mini



Sekali lagi saya tidak tahu apakah salah satu dari kalian yang merayakan Natal dengan menggunakan pohon Natal berukuran mini seperti postingan Twitter diatas. Karena biasanya pohon Natal itu berukuran besar dengan berhiaskan berbagai macam hiasan dan lampu, untuk menunjukkan kemeriahan Natal. Mungkin saja netizen asal Jepang tersebut ingin merayakan Natal namun hanya memiliki uang terbatas sehingga dirinya membeli pohon Natal berukuran mini, atau bisa juga karena kebanyakan ukuran rumah di Jepang relatif kecil mereka hanya bisa menampung pohon dengan ukuran kecil pula,

2. Merayakan Natal bersama pasangan

wtf-christmas-1

Seperti yang kita ketahui melalui anime dan manga, warga Jepang memang merayakan Natal bersama pasangan mereka masing-masing layaknya merayakan Valentine. Mereka berkencan disaat malam Natal, melihat pohon Natal besar berhiasan lampu-lampu yang gemerlap, makan malam di restoran terkenal, bertukar kado, dan bahkan melamar pasangan mereka.

Sekali lagi, hal seperti berbeda dengan perayaan Natal di Amerika yang biasanya dirayakan bersama keluarga dan teman. Bagaimana dengan kalian, apakah kalian juga merayakan Natal dengan berkencan alih-alih berkumpul bersama dengan keluarga dan teman?

wtf-christmas-6

Mungkin kalian melewatkan malam Natal seperti foto diatas? Sehingga kalian mengirimkan pesan kepada Santa untuk meminta pasangan untuk melewatkan malam Natal seperti yang dilakukan oleh seorang netizen asal Jepang berikut ini.



Akhirnya tiba juga di nomor satu dari lima hal aneh yang dilakukan oleh orang Jepang dalam merayakan natal yang nampaknya juga dilakukan oleh orang Indonesia, yaitu:

1. Bekerja

wtf-christmas-2

Ya, perlu diingat bahwa Natal bukan hari libur nasional di Jepang, bayangkan saja kamu tetap bekerja walaupun kebanyakan negara lain diberikan libur untuk merayakan Natal bersama keluarga dan teman, sedangkan kamu malah harus kerja lembur. Mending kalau ada orang lain pada saat kamu kerja lembur. Saya sendiri pernah merasakan bekerja pada hari pertama Idul Fitri dimana seharusnya saya berada di rumah, berkumpul bersama keluarga, menikmati hidangan khas Idul Fitri, dan pergi ke rumah teman.

Untungnya Natal kemarin jatuh pada hari Minggu, sehingga ada waktu untuk merayakan malam Natal bersama keluarga dan teman namun kalau kalian kerja lembur pada Sabtu kemarin itu memang sialnya kalian.

Sumber: Rocketnews