[Husbando Friday] Haruitsuki Abeno

December 30, 2016 4:40 pm
[Husbando Friday] Haruitsuki Abeno

Halo, halo! こんにちは! Ketemu lagi dengan saya, Angela, dengan rubrik baru yaitu Husbando Friday, yeeeey…! Sebenarnya rubrik ini nggak baru-baru amat, karena sekitar Januari tahun ini sudah dimulai rubrik yang bertajuk Bro Friday. Namun, karena sekarang saya yang bertanggungjawab atas rubrik tersebut, namanya berganti dari ‘Bro’ jadi ‘Husbando’. But overall, the contents will be pretty similar.

Untuk edisi rebirth bulan ini, sekaligus memperingati AbeShiya Week, saya membawakan si blondie exorcist nan ganteng yang bernama Haruitsuki Abeno dari serial Fukigen na Mononokean.

joi-abeno-01

Abeno-san adalah Master of Mononokean kedua yang bertugas mengembalikan youkaiyoukai yang ada di dunia manusia ke dunia youkai. Berbeda dengan exorcist yang sudah kita ketahui secara umum, pelanggan Abeno-san biasanya bukanlah manusia, melainkan youkai itu sendiri. Cowok yang lahir pada tanggal 21 Juni ini sangat suka dengan seafood, tetapi benci dengan cumi-cumi. Nah, apa saja sih husbando material yang dimiliki Abeno-san? 教えてあげるよ!

Warning: Artikel ini memuat spoiler dari kelanjutan manga Fukigen na Mononokean, harap membaca dengan kesadaran penuh

+ Ganteng dan blondie

Sejak pertama saya melihat promotional art dari anime Fukigen na Mononokean, saya seketika jatuh hati dengan ketampanan Abeno-san. Apalagi ditambah style yang Jepang banget dengan mengenakan kimono dan haori, saya langsung terhipnotis (untungnya tidak sampai drooling). Ternyata di episode 8, kita diberikan fakta bahwa ketampanannya itu memang sudah bakat dari kecil.

joi-abeno-02

Kyaaaaaaaaa…! Sini, kakak culik!!!

Selain kegantengan yang terpasang rapi di wajahnya, Abeno-san juga punya rambut pirang yang oke banget. Entah apa yang merasuki saya, tetapi saya memang suka dengan seme tokoh laki-laki dominan yang rambutnya bukan hitam, terutama pirang. Bukan hanya saya yang mengakui ketampanan dan keindahan rambut pirang Abeno-san, karena uke-nya bawahannya pun, Ashiya, pernah mengatakan bahwa Abeno-san itu pirang dan tampan, serta lirikan matanya sangat mempesona.

joi-abeno-03

Ashiya: Abeno-san, lebih baik kau tetap menggunakan kimono-mu. Lagi pula, kau lebih tampan jika menggunakan kimono

Awww, even Moja noticed your motives, Ashiya-kun. GOOD JOB!

Well, lirikan mata Abeno-san sebenarnya tidak hanya mempesona saya dan Ashiya, tetapi murid-murid perempuan di kelas mereka juga pernah ditunjukkan wajahnya memerah ketika Abeno-san datang mendekat.

joi-abeno-04

Fuh, you aren’t lucky galz, Abeno-san already has… boy-friend (teman laki-laki)

Dalam sebuah wawancara bersama Kiri Wazawa-sensei di official fanbook Fukigen na Mononokean, Wazawa-sensei mengatakan bahwa fans Abeno-san jumlahnya lebih banyak dibanding fans Ashiya. Hal ini terlihat dari jumlah permintaan ilustrasi Abeno-san yang lebih banyak ketika sesi tandatangan berlangsung.

Jangan salah, ketampanan Abeno-san bahkan mempesona lintas makhluk. Karena seekor youkai burung, yaitu Anmo-hime, juga mengalami love at first sight ketika bertemu dengan sang exorcist ganteng tersebut.

joi-abeno-05

I feel you, Anmo-hime. I feel you

+ Pintar dan rajin bekerja

Untuk menjadi suami atau pacar yang baik, ganteng saja memang tidak cukup, ketajaman otak dan memori sangat dibutuhkan. Dan Abeno-san memiliki semua itu. Sekalipun cowok ini terkenal selalu tidur di kelas, tetapi nilai ujiannya selalu bagus karena dia selalu menggunakan strategi “tinggal hafalkan saja buku pelajarannya.”

joi-abeno-06

Ashiya-kun’s kiss surely will wake him up

Namun, sekalipun Abeno-san hampir selalu tertidur di kelas, bukan berarti hobinya adalah tidur. Karena dia sebenarnya menyimpan energinya untuk bekerja membantu dan mendedikasikan dirinya untuk para youkai yang memiliki suatu permohonan dan ingin pulang ke dunia mereka yang seharusnya. Apalagi membuka gerbang ke dunia sana membutuhkan energi yang besar, tentu sebagai Master of Mononokean yang baik Abeno-san harus menghemat energi sebisa mungkin.

joi-abeno-07

Abeno-san yang lagi kecapean tetep keren kok

+ High spiritual power

Berhubungan dengan poin sebelumnya, sebagai Master of Mononokean tentu Abeno-san memiliki kekuatan spiritual yang cukup besar. Bahkan dengan kekuatannya itu, Abeno-san bisa melawan Gyousei-san (Eksekutif), salah satu dari tiga petinggi dunia youkai, dengan menggunakan 威光 (ikou: authority). Memang dia jarang menggunakan kekuatan tersebut, tetapi ketika keadaan membutuhkan (misalnya, ketika Ashiya dalam bahaya), dia tidak ragu mengeluarkan semua kemampuannya.

joi-abeno-08

Abeno: Eksekutif, kembali ke bentuk asalmu!

Abeno-san, rage mode

+ Tsundere tapi penyayang

Sebenarnya tsundere bukanlah sesuatu yang bisa digolongkan sebagai sifat positif, bahkan cukup menyebalkan. Namun, karena menurut saya ke-tsundere-an Abeno-san terlihat sangat imut dan bikin geregetan, maka saya menggolongkannya sebagai kelebihannya. Lagipula, suaranya Abeno-san yang lagi marah (seiyuu: Tomoaki Maeno), kedengeran seksi kok.

joi-abeno-09

Abeno-san, jangan KDRT! Kasihan bini kamu lagi sakit

Sekalipun tsundere begitu dan sangat sering marah-marah, tetapi sebenarnya Abeno-san sangat perhatian ke Ashiya. Sebagai contoh, di chapter ke-35 ketika Ashiya tercekik oleh spiritual presence yang dikeluarkan oleh Gyousei-san, Abeno-san seketika terlihat begitu khawatir melihat keadaan bawahannya itu. Saya ingat, saat versi Bahasa Inggris chapter tersebut release, tumblr para fujoshi yang saya ikuti ribut seketika. Karena saya dan mereka tahu, concerned look yang terlihat di wajah tampan Abeno-san adalah bukti rasa sayang yang belum disadari.

joi-abeno-10

joi-abeno-11

Seeing Ashiya in those state, my heart was filled by sadness. Abeno-san, please protect Ashiya-kun…!

Selain ke waifu-nya Ashiya, Abeno-san juga sangat menyayangi dan menghormati para youkai, termasuk Moja (Fuzzy). Dia benar-benar mendedikasikan hidupnya untuk melayani youkai dengan penuh rasa hormat, terlihat dari caranya memanggil youkai-youkai dengan sebutan ‘-dono’. Dan ketika Ashiya sedang tidak bisa memanjakan Moja, Abeno-san dengan senang hati bermain-main dengannya.

joi-abeno-12

Sekeluarga bertiga keluar main bola, kiyuuuuut!!!

– Tidak peduli dengan manusia

Salah satu kekurangan Abeno-san sebagai seorang husbando adalah ketidakpeduliannya terhadap manusia, karena dia bekerja sebagai exorcist demi youkai itu sendiri, bukan demi manusia. Dalam beberapa chapter, sering sekali diceritakan bahwa Abeno-san menganggap manusia tidak patut untuk diselamatkan. Dan dia benar-benar membuktikan anggapannya tersebut.

joi-abeno-13

Abeno: Manusia… akan ditolong oleh manusia lain sekalipun aku tidak melakukan apapun

Bahkan Abeno-san pernah berkata bahwa dia tidak peduli jika Ashiya dimakan oleh youkai sekalipun. Namun, dalam kasus ini, kata-kata tersebut hanyalah bohong belaka. Karena kita semua tahu bahwa Abeno-san sebenarnya sangat peduli dengan Ashiya.

Relationship status: Unavailable

Ganteng, pinter, blondie, pekerja keras, punya job keren, tsundere, penyayang; semua kelebihan tersebut tentu saja membuat kaum hawa mendambakan untuk menjadi pacarnya, atau bahkan istrinya. Namun sayangnya, Abeno-san tampaknya tidak akan menerima tembakan cewek mana pun. Dan inilah kekurangan terakhir Abeno-san. Maaf ya girls.

Ada dua kemungkinan mengapa status-nya Abeno-san unavailable. Pertama, karena dia tidak suka manusia, sehingga tidak mungkin lamaran dari manusia perempuan akan digubris. Ditambah lagi, dia seorang workaholic, sehingga saya juga ragu Abeno-san akan menanggapi pernyataan cinta dari youkai perempuan sekalipun.

joi-abeno-14

Godaan dari Koura-san yang cantik aja gak ngaruh, pasti karena…

Kemungkinan yang kedua adalah, karena sebenarnya Abeno-san sudah menambatkan hatinya untuk orang lain, yaitu Ashiya. Dan saya yakin inilah alasan yang lebih tepat.

joi-abeno-15

Ampun deh posenya, hahaha

Ada beberapa penjelasan yang mendukung keyakinan saya ini. Pertama, seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Ashiya adalah salah satu (jika bukan satu-satunya) manusia yang benar-benar dipedulikan oleh Abeno-san, dan satu-satunya manusia yang pernah membuat Abeno-san melawan youkai demi menyelamatkan hidup Ashiya.

joi-abeno-16

Abeno-san as daddy, Ashiya-kun as mommy, Moja as baby, and Mononokean as their house. Nice theory

Penjelasan kedua, karena bahkan hubungan mereka didukung dan diketahui oleh orang-orang di sekitar mereka, termasuk Moja dan Mononokean. Memang mereka berdua sering bertengkar, tetapi orang-orang sekitarnya selalu tahu, bahwa mereka bersahabat baik. Dan ingat motto saya, bahwa tomodachi adalah homo-dachi yang terselubung.

joi-abeno-17

Rippou (Legislatif): You guys are such good friends

joi-abeno-18

Shihou (Justice): You’re an odd couple

See, Rippou-san said they’re good friend, and even Shihou-san (Justice) considered them as a couple. I absolutely agree with you

Memang, perjalanan mereka masih cukup panjang untuk menjadi couple yang sesungguhnya. Namun, saya cukup sabar kok menantikan dan memerhatikan kedekatan mereka yang bertambah setahap demi setahap. Dan ketika mereka benar-benar jadi canon, saya akan bersama fujoshi dan fudanshi di seluruh dunia meneriakkan kebahagiaan kami.

joi-abeno-19

Ashiya: Abeno-san, mau ikut datang ke kamarku, tidak?

Abeno: Tidak usah, pergilah

Abeno-san, diajak main ke kamar pacarnya kok nolak sih? Ah, takut gak bisa nahan godaan ya. Padahal gak apa-apa kok, lanjutin aja, fufufu

 

Skor akhir: A-

Mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, akhirnya saya memutuskan bahwa Abeno-san pantas mendapatkan A-. Tadinya saya ingin memberikan nilai A, tetapi karena dia sering menyiksa istrinya karena sifat tsundere-nya, maka saya kurangi nilainya sedikit.

joi-abeno-20

Kapan sih kalian jadiannya, jujur dikit napa

Bagi penggemar anime Fukigen na Mononokean, saya sangat menganjurkan untuk melanjutkan membaca manga-nya. Jika kalian bisa Bahasa Jepang, chapter baru terbit di situs resmi Gangan Online Magazine pada hari Kamis kedua setiap bulannya. Biasanya saya baca di sana.

Namun tenang, bagi yang tidak bisa berbahasa Jepang, Crunchyroll akan menerbitkan terjemahan Bahasa Inggris-nya secara online bagi anggota premiumnya sekitar 2-3 pekan setelah versi aslinya. Lalu sepekan setelah itu, chapter tersebut biasanya sudah bisa dibaca anggota non-premium, dan kemudian tersebar di situs manga online gratis lainnya.

joi-abeno-21

Versi chibi mereka pun imuuut

Baiklah, sekian Husbando Friday bulan ini. Silakan request jika kalian punya ide cowok ganteng mana yang ingin dibahas. Saya sebenarnya merencanakan membahas Maya dari manga Hidoku Shinaide, tetapi saya juga akan mempertimbangkan permintaan kalian. Oke deh, では、またね~。