[Waifu Wednesday] Mashu Kyrielight

January 4, 2017 7:16 pm
[Waifu Wednesday] Mashu Kyrielight

Karakter yang akan saya ulas kali ini tentu sudah cukup dekat di hati para pemain game Fate/Grand Order, karena gamenya sendiri juga sudah muncul lebih dari satu tahun lalu. Saya sendiri baru memasuki hari ke 500 bermain game tersebut pada minggu-minggu akhir 2016. Bagi para penonton anime-nya, artikel kali ini akan memuat spoiler tentang dirinya, karena itu berhati-hatilah saat membaca artikel Waifu Wednesday hari ini yang akan membahas tentang Mashu Kyrielite.

Gadis yang menjadi karakter pertama yang akan kamu miliki dalam game Fate/Grand Order adalah salah satu kelas baru di antara jajaran servant yang ada dalam seri FateShielder, sesuai namanya Mashu memiliki tugas untuk melindungi party kamu dari serangan musuh. Mashu memiliki shield yang luar biasa besar berbentuk cross yang menjadi senjata utama miliknya, dia juga nabok musuh menggunakan shield yang lebih besar dari tubuhnya itu. Jadi, kalau kamu tidak mau ditiban sama lempengan besi sebesar manusia, lebih baik kamu tidak macam-macam.

joi-waifu-wednesday-mashu-kyrielight-3

Di balik personanya sebagai servant, Mashu adalah seorang wanita muda yang sangat baik dan sopan. Rambut pendeknya menutupi sebagian matanya. Dia terlihat sering memakai sebuah jaket dan menggunakan kacamata, like wise man said, glasses makes everything better. Namun di beberapa kesempatan Mashu juga memakai baju-baju yang agak menantang, contohnya di craft essence Dangerous Beast buatan ReDrop, dangerous indeed.

Namun sampai situ saja dulu penjelasan singkat mengenai siapa itu Mashu, mari kita mulai membahas kenapa Mashu ini sebenarnya sangat cocok sebagai seorang waifu.

 + “Senpai…”

joi-waifu-wednesday-mashu-kyrielight-12

Mashu selalu memanggil protagonis (baca: kita) dengan panggilan senpai, dan entah kapan banyak orang yang tidak bisa berhenti mendengar kata-kata tersebut. Suara Mashu yang diisi oleh Taneda Risa memang sangat cocok, apalagi mengingat sang seiyuu sendiri sudah sering memanggil “Iie senpai” di seri Strike the Blood. Tidak heran bila banyak orang yang menjadi kecewa saat seiyuu-nya berubah dari Taneda Risa menjadi Takahashi Rie.

Bagi Mashu, protagonis (baca: kita) dilihat sebagai panutan, dan saya merasa Mashu berada di sisi kita sebagai partner, adik, dan teman yang baik. Mungkin saya sendiri belum bisa melihatnya menjadi seorang pasangan atau love interest, mungkin kamu lebih bisa melihatnya dari saya.

+ Downright kindhearted girl

Kalau ada satu kata yang bisa saya gunakan untuk menggambarkan Mashu, dia adalah seorang gadis yang sangat baik. Dia baik kepada hampir semua orang, bahkan walaupun itu akan merugikan dirinya sendiri. Dia juga sangat peduli terhadap kawan-kawan serta rekan-rekannya, sepertinya gadis yang satu ini tidak pernah dan tidak akan tercemar dari kotor-kotornya dunia.

joi-waifu-wednesday-mashu-kyrielight-7

Dia juga sering mencemaskan teman-temannya, apalagi senpai-nya (baca: kita) yang seringnya bertarung melawan musuh-musuh yang kuat. Namun dia juga sering mencemaskan dunia dan dirinya sendiri saat Gudako (Riyo) merencanakan sesuatu yang licik atau ingin membakar kantor Delight Works. Mashu akan terus memikirkan keselamatanmu, apakah kamu akan terus memikirkan keselamatan dari Mashu?

+ Pengen punya pacar defensive?

joi-waifu-wednesday-mashu-kyrielight-4

Menjadi seorang shielder, sudah sepantasnya Mashu memiliki kelakuan yang agak defensive. Hal ini bisa menjadi kesenangan tersendiri bila kamu senang menggoda pacarmu. Sedikit submissive dan permissive, kalau kamu tipe yang suka mendominasi pacar maka Mashu adalah seorang pacar yang cocok denganmu. Tapi jangan lupakan kalau dia juga defensive untuk berbagai macam hal.

+ You’ll want to defend her smile

Mashu adalah seorang Designer Baby, dengan kata lain dia mirip dengan homunculus seperti Illyasviel. Individu yang dibuat dan dirancang supaya dapat menjadi wadah dari heroic spirit. Namun sayang, karena dia adalah seorang Designer Baby maka waktu hidupnya pun tidak panjang, diperkirakan waktu hidup Mashu hanyalah 18 tahun saja. Saat kita pertama kali bertemu Mashu, dia berumur 16 tahun.

joi-waifu-wednesday-mashu-kyrielight-2

Karena itu, di balik senyum manisnya tersimpan rahasia pahit yang hanya diketahui oleh dia dan Dr. Romani saja. Hal ini membuat banyak pemain yang ingin melindungi gadis yang satu ini. Disc-co bahkan nyaris pensiun saat mengetahui fakta kalau Mashu tidak memiliki hidup yang panjang, dan spoiler dari grup serta teman-teman bertebaran di mana-mana. Walaupun sebenarnya yang memiliki kelas shielder adalah Mashu, tapi pada akhirnya kamulah yang harus melindunginya.

Saya sendiri memang belum bisa melihat kualitas waifu lain di sekeliling Mashu karena memang seri Grand Order belum banyak membahas Mashu dalam tingkat personal Kita tidak tahu apakah Mashu bisa memasak, atau jago dalam urusan rumah tangga. Banyak waktu kita dihabiskan bertarung bersama kouhai kesayangan kita tersebut, sehingga kita tidak tahu apakah dia bisa menjadi pasangan yang baik. Namun harap berhati-hati kalau kamu memang ingin dekat-dekat dengan Mashu, karena ada beberapa batu sandungan yang harus kamu lalui.

Atau lebih tepatnya, harus kamu dapatkan restunya.

– Lancelot

joi-waifu-wednesday-mashu-kyrielight-10

Kamu sudah permisi belum sama bapaknya? Mungkin ini akan jadi spoiler bagi yang belum pernah membaca cerita dalam gamenya, namun heroic spirit yang bersatu dengan Mashu adalah Galahad, anak dari Lancelot. Lancelot bahkan pernah berkomentar kalau Mashu menggunakan gaya rambut yang mirip dengan anaknya tersebut. Hubungan ini membuat banyak pemain F/GO yang memanggil Lancelot dengan sebutan Papacelot, baik dengan maksud bercanda, atau dengan maksud menjadikannya mertua.

Banyak fanon yang kemudian menggambarkan kalau Papacelot sangat perhatian terhadap Mashu, setiap kali ada yang ingin menggoda Mashu harus melewati penjagaan sang Papa. Salah-salah sedikit maka bisa saja tahu-tahu kamu sudah ditebas dengan Arondight.

– Gudako (Riyo)

joi-waifu-wednesday-mashu-kyrielight-6

Untungnya yang satu ini hanya berlaku dalam fanon saja, Gudako milik Riyo yang agak-agak… menyeramkan tersebut memang sering mem-bully Mashu dan karakter lain. Saya tidak tahu apa yang akan dilakukan olehnya kalau Mashu direbut olehmu, siap-siap saja kena Excalibur dari Saber (Riyo).

Bagi saya, Mashu mungkin bukan pilihan waifu yang terbaik karena beberapa alasan. Takdirnya sebagai Designer Baby mungkin tidak akan bisa kita patahkan, kebetulan saja Mashu berhasil disembuhkan karena kekuatan dari Beast IV yang sudah terkumpul sejak bertahun-tahun. Kemudian ada lagi masalah apakah kamu bisa mendapatkan restu bapaknya yang mungkin jauh lebih kuat dari kita. Namun yang terakhir adalah mungkin saya rasa Mashu lebih cocok menjadi seorang kouhai saja dibandingkan menjadi seorang waifu.

joi-waifu-wednesday-mashu-kyrielight-11

Bisa jadi kalau Mashu diangkat menjadi waifu maka dia akan menuruti kita, memberikan perhatian yang lebih, dan terlihat sangat cantik menggunakan celemek. Jauh dari kehidupan penuh pertarungan yang ditawarkan oleh seri Fate/Grand Order. Mungkin masih butuh waktu sedikit lagi supaya dia bisa jadi waifu material yang sempurna.

Gambar: 1, 2, 3, 4