Toyota Perkenalkan Mobil Konsep pada Ajang CES 2017

January 5, 2017 10:40 am
Toyota Perkenalkan Mobil Konsep pada Ajang CES 2017

Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2017 yang berlangsung pada tanggal 5 hingga 8 Januari di Las Vegas, Toyota akan memperlihatkan sebuah mobil konsep yang mampu berinteraksi dengan baik terhadap orang-orang yang akan duduk di dalam mobil ini.

Pada video di atas, kalian bisa melihat bagaimana tampak dalam mobil tersebut. Dengan warna putih, mobil tersebut tampak elegan dan luas. Begitu pula dengan instrumen panel pada bagian area kemudi, dimana nantinya sistem AI bernama YUI akan menampilkan kondisi mobil dan sekitar mobil kepada pengemudi mobil tersebut. Pada bagian luar, dimulai dari bagian depan, kalian bisa melihat bagaimana mobil tersebut mengedipkan matanya. Kedua buah lampu depan pada mobil konsep ini dibuat layaknya mata sehingga membuat mobil konsep ini tidak terasa seperti mobil pada umumnya.

Pada bagian belakang, terdapat sebuah panel besar dimana akan muncul peringatan untuk pengemudi mobil di belakang yang memberitahukan bahwa mobil ini akan berbelok baik itu ke kiri atau pun ke kanan. Dan pada saat kalian mendekati bagian pintu pengemudi, mobil ini akan menyapa kalian.

Pada video kedua, pihak Toyota menjelaskan bahwa konsep dari kendaraan ini adalah kesederhanaan tampilan interface dan hubungan antara manusia dengan kendaraan. Hubungan ini dibantu dengan menggunakan YUI sebagai sistem AI pada mobil. Dikatakan pula bahwa mobil ini tumbuh bersama sang pengendara, semakin lama mobil ini dikendarai, semakin pintar pula YUI dalam mengenali pola tingkah pengendara saat mengendarai mobil konsep ini.

Sistem pengendalian mobil ini ada dua jenis yaitu sistem manual dimana mobil ini dikendalikan oleh pengendara dan sistem automatik dimana sistem baru akan aktif bila mengalami situasi berbahaya, dimana hal ini akan mengurangi angka kecelakaan akibat kesalahan manusia dan akan membuat orang-orang yang berada di dalamnya merasa aman. Saat ini masih belum diketahui sistem transmisi dan sistem bahan bakar yang akan digunakan.