[Celebrity Sunday] Hiroshi Kamiya

January 8, 2017 2:03 pm
[Celebrity Sunday] Hiroshi Kamiya

Celebrity Sunday kali ini membahas tentang Hiroshi Kamiya, seiyuu yang terkenal dengan suara yang sering membuat wanita jatuh cinta. Tidak hanya terkenal di kalangan wanita saja, Kamiya juga sering juga mengisi suara di berbagai anime dan game yang terkenal.

Seiyuu kelahiran tahun 1975 ini lahir dan tumbuh di prefektur Ibaraki, tetapi kini tinggal di prefektur Chiba. Berbeda dengan seiyuu pada umumnya, Kamiya baru mulai mengejar karir menjadi seiyuu setelah SMA. Pada saat kelas 3 SMA, dia harus pensiun dari klub karate yang diikutinya. Tetapi setelah itu, dia mengikuti kompetisi yang diadakan temannya yang bergabung dengan klub theater dan berhasil memenangkan kategori akting individu.

Setelah itu, Kamiya pun memutuskan untuk menjadi aktor. Awalnya dia mendaftarkan diri di universitas yang berfokus ke seni, tetapi sayangnya ditolak. Pada saat ini, dia membaca majalah Theatreux dan melihat iklan tempat sekolah akting Aoni Juku dan Mumei Juku. Pada awalnya dia bingung ingin masuk yang mana. Tetapi setelah melihat kurikulum Aoni Juku lebih cocok, dia pun masuk ke Aoni Juku dan menjadi bagian dari Sekolah Tokyo Angkatan ke-14. Pada saat masuk sini, Kamiya tidak mengetahui Aoni Juku memiliki kelas seiyuu.

celebrity-sunday-hiroshi-kamiya-2

Kamiya debut sebagai seiyuu pada tahun 1994. Kerjaan pertamanya adalah mengisi suara di drama CD. Tetapi setelah debut, Kamiya lebih sering mendapatkan pekerjaan sebagai narator. Pada saat berumur 22 tahun, dia menjadi narator untuk acara TV Super Night yang merupakan siaran langsung. Pada saat ini, dia menyombongkan dirinya sebagai “Narator paling muda yang melakukan narasi di siaran langsung.”‘

Kamiya menyukai kucing, dan memiliki kucing bernama Nyanko-sensei, sama seperti nama kucing di Natsume Yuujinchou. Ternyata Kamiya sudah tahu tentang serial manga ini sebelum mengisi suara di anime-nya. Ketika pemilihan seiyuu untuk anime-nya, Yuki Midorikawa selaku pengarang manga-nya memilih Kamiya untuk mengisi suara tokoh utamanya. Sang mangaka memilih Kamiya berdasarkan sampel suara yang didengarnya, tidak ada hubungan dengan kucing peliharaan milik Kamiya.

celebrity-sunday-hiroshi-kamiya-3

Pada tahun 2006, Kamiya mengalami kecelakaan motor dan harus dirawat di rumah sakit. Detil mengenai kecelakaannya tidak diungkapkan hingga saat ini, tetapi Kamiya sempat hilang kesadaran selama 1 bulan. Bahkan dia sempat mengalami gagal jantung, tetapi untungnya bisa diselamatkan. Sebulan setelah sadar, Kamiya keluar dari rumah sakit dan mulai melakukan rehabilitasi. Selama dirinya sakit, karakter-karakter yang diperankannya diganti oleh seiyuu lain. Ketika sakit, Kamiya mendapatkan oleh-oleh dari temannya berupa kalung salib sebagai doa agar cepat sembuh. Sejak keluar rumah sakit, dia hampir selalu mengenakan kalungnya tiap hari. Tetapi akhir-akhir ini kalungnya di simpan di tas agar tidak rusak.

celebrity-sunday-hiroshi-kamiya-5

Sejak kecil, Kamiya punya impian untuk naik Gundam. Karena itu, pada tahun 1996 dia ikut audisi Gundam X untuk memerankan Garrord dan di tahun 1999 ikut audisi Turn A Gundam untuk karakter Loran tetapi kedua-duanya gagal. Kamiya akhirnya bisa menjadi Gundam dalam serial SD Gundam Force memerankan Captain Gundam. Karena ini, dia merasa bangga menjadi seiyuu. Kamiya juga sebenarnya mendapatkan peran Shams Couza, pilot dari Verde Buster, di Gundam Seed Stargazer yang tayang pada tahun 2006. Tetapi sayangnya dia mengalami kecelakaan sehingga pengisi suara Shams harus diganti. Kamiya juga mengisi suara di Gundam 00 sebagai Tieria dan di Gundam Age sebagai Zeheart

celebrity-sunday-hiroshi-kamiya-4

Selain banyak mengisi suara di berbagai karya Gundam, Kamiya juga sering berperan dalam anime-anime yang disutradarai oleh Akiyuki Shinbou. Beberapa contoh anime yang disutradarainya adalah Pani Poni Dash, Sayonara Zetsubou Sensei, Bakemonogatari, dan Arakawa Under the Bridge.

Di tahun 2009, Kamiya debut sebagai penyanyi dengan merilis mini album berjudul “Hare no Hi.” Meski lagu-lagu yang dinyanyikannya tidak pernah menjadi lagu tema untuk anime, penjualan single, mini-album, dan albumnya selalu masuk 10 besar berkat dukungan para fans wanitanya. Pada saat penulisan artikel ini, Kamiya sudah merilis 5 single, 6 mini-album, dan 1 album. Dia juga sudah pernah mengadakan konser.

Beberapa contoh karakter anime yang terkenal diperankan oleh Kamiya adalah Levi dari Shingeki no Kyojin, Trafalgar Law dari One Piece, Takashi dari Natsume Yuujinchou, dan masih banyak lainnya.