30 Game Jepang yang Dinantikan di 2017

January 10, 2017 1:58 pm
30 Game Jepang yang Dinantikan di 2017

Sama seperti di tahun 2016, tahun 2017 ini kedatangan banyak game asal Jepang yang menarik. Meski 2017 baru saja dimulai, bulan Januari hingga Maret akan kedatangan banyak game yang harus kalian perhatikan. Berikut adalah 30 game pilihan JOI yang harus kalian perhatikan dan diurutkan berdasarkan abjad.

Accel World VS Sword Art Online: Millenium Twilight

Publisher: Bandai Namco Entertainment
Developer: Artdink
Platform: PlayStation 4, PlayStation Vita
Tanggal Rilis: 16 Maret 2017 (Jepang)

Kenapa harus diperhatikan: Accel World sebelumnya sudah mendapatkan 2 adaptasi game, tetapi keduanya merupakan game visual novel. Tetapi kali ini, Accel World VS Sword Art Online adalah berupa action RPG dan kalian akan bisa mengendalikan berbagai karakter dari masing-masing seri secara bebas. Game ini mengambil setting di ALfheim Online yang terinfeksi dunia Brain Burst.

Ace Combat 7

Publisher: Bandai Namco Entertainment
Developer: Project ACES
Platform: PlayStation 4
Tanggal Rilis: 2017

Kenapa harus diperhatikan: Setelah Ace Combat: Assault Horizon yang membuat banyak fans kecewa, Ace Combat 7 kembali mengambil setting di dunia Strangereal yang dipenuhi dengan superweapon yang unik. Project ACES juga menjanjikan angkasa yang terasa lebih real dan dipenuhi oleh awan yang bisa kalian manfaatkan untuk bersembunyi. Game ini juga akan menghadirkan mode VR yang membuat kalian merasakan pengalaman menerbangkan pesawat jet secara nyata.

Atelier Firis: The Alchemist of the Mysterious Journey

Publisher: Koei Tecmo Games
Developer: Gust
Platform: PlayStation 4, PlayStation Vita, PC
Tanggal Rilis: Musim Semi 2017 (PS4, PS Vita), 2017 (PC)

Kenapa harus diperhatikan: Versi Jepang memang sudah rilis pada tahun lalu, tetapi versi Inggrisnya baru akan rilis di 2017 dan menambahkan versi PC, hal yang baru pertama kali dilakukan oleh Gust. Atelier Firis sedikit berbeda dengan game-game sebelumnya karena kalian tidak lagi menetap di 1 kota saja, tetapi akan berpetualang ke berbagai tempat untuk menjadi alchemist resmi dan melihat dunia yang kini menjadi jauh lebih luas.

Blue Reflection: Maboroshi ni Mau Shoujo no Ken

Publisher: Koei Tecmo Games
Developer: Gust
Platform: PlayStation 4, PlayStation Vita
Tanggal Rilis: 30 Maret 2017 (Jepang)

Kenapa harus diperhatikan: Game ini menarik perhatian karena merupakan game Gust pertama yang mengambil setting di sekolah modern. yang menjadi sorotan lainnya adalah proyek ini ditangani langsung oleh illustrator Mel Kishida dan ceritanya ditangani oleh berbagai pengarang light novel ternama. Blue Reflection menceritakan tentang Hinako, seorang penari yang cedera dan harus pindah sekolah. Tetapi ternyata di sekolah barunya dia harus menghadapi monster di dunia lain dan dunia nyata sebagai Reflector.

Danganronpa V3: Killing Harmony

Publisher: Spike Chunsoft, NIS America (Versi Inggris)
Developer: Spike Chunsoft
Platform: PlayStation 4, PlayStation Vita
Tanggal Rilis: 12 Januari 2017 (Jepang), 2017 (Versi Inggris)

Kenapa harus diperhatikan: Dalam entri terbaru dari seri misteri ini, kalian masih harus bermain permainan mematikan yang diadakan oleh Monokuma. Yang menjadi perbedaan kali ini adalah settingnya kini berada di Saishuu Academy dan kalian akan mengendalikan Kaede Akamatsu, sang Ultimate Pianist. Danganronpa V3 menghadirkan fitur baru berupa Mass Panic Debates dan Debate Scrums yang akan membuat proses Class Trial semakin menegangkan.

Digimon World: Next Order

Publisher: Bandai Namco Entertainment
Developer: B.B Studio
Platform: PlayStation 4
Tanggal Rilis: 31 Januari 2017 (Versi Inggris), 26 Februari 2017 (Jepang)

Kenapa harus diperhatikan: Game ini awalnya rilis di Jepang hanya untuk PS Vita saja pada tahun lalu. Tetapi ternyata Bandai Namco siap menghadirkan versi Inggrisnya, tetapi hanya untuk PS4 saja. Tentunya ini akan membuat game ini menjadi tampil lebih indah. Kalau kalian ingat dengan Digimon World untuk PS1, game ini menghadirkan suasana yang serupa. Kalian terlempar ke Digital World dan harus melatih 2 rekan Digimon kalian untuk menyelamatkan dunia tersebut.

Dragon Quest XI: In Search of Departed Time

Publisher: Square Enix
Developer: Square Enix, Armor Project
Platform: PlayStation 4, Nintendo 3DS, Nintendo Switch
Tanggal Rilis: 2017 (Jepang)

Kenapa harus diperhatikan: Seri Dragon Quest adalah salah satu seri RPG terbesar di Jepang, bahkan bisa dibilang melebihi Final Fantasy. Tentunya orang-orang sudah menunggu lama untuk entri terbarunya. Dragon Quest XI juga menghadirkan twist yang unik. Untuk versi PS4, game-nya akan tampil dengan grafis yang sangat indah. Tetapi untuk versi 3DS, kalian bisa memainkan game-nya dalam tampilan 2D klasik atau pun 3D dengan gaya chibi. Untuk versi Switch masih belum diketahui akan menggunakan tampilan seperti versi PS4 atau versi 3DS karena konsol terbaru Nintendo tersebut adalah konsol rumahan yang portable.

Fate/Extella: The Umbral Star

Publisher: XSEED Games
Developer: Marvelous
Platform: PlayStation 4, PlayStation Vita
Tanggal Rilis: 17 Januari 2017

Kenapa harus diperhatikan: Game terbaru dari seri Fate ini bisa dibilang berbeda dengan game-game sebelumnya yang berupa game fighting atau pun RPG. Fate/Extella adalah game action yang serupa dengan seri Warriors buatan Koei Tecmo. Dalam game ini, kalian bisa mengendalikan berbagai Servant untuk membantai musuh yang jumlahnya sangat banyak.

Gran Turismo Sport

Publisher: Sony Interactive Entertainment
Developer: Polyphony Digital
Platform: PlayStation 4
Tanggal Rilis: 2017

Kenapa harus diperhatikan: Sejak rilisnya PS4, entri terbaru dari seri Gran Turismo sudah ditunggu-tunggu oleh fansnya karena pasti akan menghadirkan grafis yang sangat indah. Tetapi Gran Turismo Sport tidak sekedar menghadirkan grafis yang sangat real saja. Game ini juga menghadirkan mode championship yang ditangani oleh FIA, lembaga yang sering mengorganisir berbagai balapan mobil. Apabila kalian bisa memenangkan championship-nya, kalian akan mengikuti acara penghargaan tahunan yang diadakan oleh FIA di Paris. Game ini juga mendukung kompetisi seperti GT Academy dan juga fitur PlayStation VR.

Gravity Rush 2

Publisher: Sony Interactive Entertainment
Developer: Japan Studio
Platform: PlayStation 4
Tanggal Rilis: 20 Januari 2017

Kenapa harus diperhatikan: Gravity Rush adalah sebuah game yang disukai oleh banyak pemilik PS Vita. Setelah fans meminta Sony untuk menghadirkan sekuelnya, akhirnya Gravity Rush 2 diumumkan, tetapi rilisnya hanya untuk PS4 saja. Game ini masih melanjutkan cerita Kat yang tiba-tiba berada di Banga Village setelah terhisap pusaran gravitasi ketika menyelidiki suatu kasus. Kat sekarang memiliki kekuatan baru yang akan mengubah tampilannya.

Hatsune Miku: Project Diva Future Tone

Publisher: Sega
Developer: Sega
Platform: PlayStation 4
Tanggal Rilis: 10 Januari 2017

Kenapa harus diperhatikan: Game ini sebelumnya sudah rilis di arcade, tetapi Sega akhirnya siap menghadirkannya ke konsol. Versi Inggris yang akan rilis sebentar lagi ini menghadirkan lagu yang totalnya lebih dari 200 lagu dan kostumnya lebih dari 300 module. Jadi bisa dipastikan kalian tidak akan bosan memainkan game ini.

Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue

Publisher: Square Enix
Developer: Square Enix 1st Production Department
Platform: PlayStation 4
Tanggal Rilis: 24 Januari 2017 (Versi Inggris), 12 Januari 2017 (Jepang)

Kenapa harus diperhatikan: Kumpulan game Kingdom Hearts ini adalah yang terakhir Square Enix siapkan sebelum rilisnya Kingdom Hearts III. Game ini sebenarnya hanya berisikan 1 game lama saja yaitu Kingdom Hearts Dream Drop Distance HD saja. Tetapi Square Enix menghadirkan 2 konten baru yaitu episode pendek Kingdom Hearts 0.2: Birth by Sleep – A Fragmentary Passage dan film CG Kingdom Hearts χ Back Cover yang menggunakan teknologi dari Kingdom Hearts III.

Lady Layton: The Millionare Ariadone’s Conspiracy

Publisher: Level-5
Developer: Level-5
Platform: Nintendo 3DS, iOS, Android
Tanggal Rilis: Kuartal 1 atau 2 2017 (Jepang), 2017 (Versi Inggris)

Kenapa harus diperhatikan: Setelah lama menghilang, seri game puzzle Professor Layton akhirnya siap hadir kembali. Tetapi kali ini tokoh utamanya berganti ke anaknya yang bernama Katrielle “Kat” Layton. Ditemani oleh Sharo, anjingnya yang bisa berbicara, dan temannya Geraldine Royer dan Noah Mondeor, Kat pergi mencari ayahnya yang menghilang sambil menyelesaikan berbagai puzzle yang menghadang jalannya.

Marvel VS Capcom: Infinite

Publisher: Capcom
Developer: Capcom
Platform: PlayStation 4, Xbox One, PC
Tanggal Rilis: 2017

Kenapa harus diperhatikan: Game fighting ini mengejutkan fans karena diumumkan secara tiba-tiba dan menghadirkan banyak perubahan. Pertarungan kini dilakukan 2 lawan 2 dan kalian akan bisa mengganti karakter yang dikendalikan secara bebas, bahkan ketika tengah melakukan combo. Perubahan lainnya adalah hadirnya Infinity Stone yang menghadirkan berbagai keuntungan contohnya Power Stone membuat serangan semakin kuat dan Time Stone membuat gerakan karakter menjadi lebih cepat.

Ni no Kuni II: Revenant Kingdom

Publisher: Level-5, Bandai Namco Entertainment (Versi Inggris)
Developer: Level-5
Platform: PlayStation 4
Tanggal Rilis: 2017

Kenapa harus diperhatikan: Setelah sukses berkolaborasi dengan Ghibli Studio untuk Ni no Kuni pertama yang berhasil menarik minat banyak orang, Level-5 siap menghadirkan sekuelnya yang masih menghadirkan dunia dengan suasana fantasi yang sangat kental. Sekuel ini menceritakan tentang Evan, seorang raja yang kehilangan kerajaannya karena kudeta. Dibantu oleh Roland yang berasal dari dunia lain, Evan sekarang harus berkeliling mencari teman demi merebut kembali kerajaan miliknya.

NieR: Automata

Publisher: Square Enix
Developer: Platinum Games
Platform: PlayStation 4, PC
Tanggal Rilis: 7 Maret 2017 (Versi Inggris), 23 Februari 2017 (Jepang), 2017 (PC)

Kenapa harus diperhatikan: Game-game karya Yoko Taro selalu menghadirkan cerita yang diluar dugaan dengan twist yang membuat kalian kaget, tetapi biasanya memiliki gameplay yang kaku. Untungnya untuk NieR: Automata, Square Enix berkolaborasi dengan Platinum Games yang terkenal dengan gameplay-nya yang memuaskan. Game ini mengambil setting di masa depan dan umat manusia melarikan diri ke bulan karena pasukan mesin dari dunia lain menjajah bumi. Sekarang, umat manusia mengirim android demi merebut bumi kembali.

Nights of Azure 2: Bride of the New Moon

Publisher: Koei Tecmo Games
Developer: Gust
Platform: PlayStation 4, PlayStation Vita
Tanggal Rilis: Februari 2017 (Jepang)

Kenapa harus diperhatikan: Nights of Azure adalah seri terbaru Gust dengan tema bishoujo yang sangat kental. Saking banyaknya bishoujo, game ini memiliki suasana yuri yang kental. Nights of Azure 2 menjawab berbagai kekurangan dari game pertamanya. Gameplay dirombak total dari nol dan ceritanya kini diawasi oleh Junichi Fujisaku dari Production I.G. yang terkenal menulis skenario Ghost in the Shell: Stand Alone Complex. Kalian akan menjadi Alushe yang bertugas untuk melindungi Liliana yang akan dikorbankan. Tetapi Alushe mati ketika melindungi Liliana dan dihidupkan kembali sebagai half-demon. Kini dia harus mencari tahu keberadaan Liliana dan menyelamatkannya.

Nioh

Publisher: Koei Tecmo Games, Sony Interactive Entetainment (Versi Inggris)
Developer: Team Ninja
Platform: PlayStation 4
Tanggal Rilis: 7 Februari 2017

Kenapa harus diperhatikan: Nioh adalah salah satu game yang sudah lama dinantikan sejak PS3 pertama kali diumumkan tetapi akhirnya siap rilis untuk PS4. Nioh menceritakan tentang William yang tiba di Jepang demi mengejar musuh pada era Sengoku. Tetapi ternyata kondisi Jepang pada saat itu dilanda oleh yokai. Sambil menyari musuhnya, William harus menghadapi berbagai yokai yang menghadang jalannya. Gameplay dari game ini serupa dengan Dark Souls yang akan membuat kalian mati berkali-kali.

Persona 5

Publisher: Atlus
Developer: Atlus
Platform: PlayStation 4, PlayStation 3
Tanggal Rilis: 4 April 2017

Kenapa harus diperhatikan: Persona 5 memang sudah rilis di Jepang, tetapi versi Inggrisnya baru akan rilis pada awal April. Game ini menceritakan tentang sekelompok Phantom Thief yang pergi mencuri hati orang-orang yang jahat. Kalian bisa membaca detil lebih lanjutnya dalam artikel berikut. Salah satu perubahan besar dari versi Inggrisnya adalah menghadirkan opsi voiceover bahasa Jepang untuk pertama kalinya dari seri Persona.

Resident Evil 7: Biohazard

Publisher: Capcom
Developer: Capcom
Platform: PlayStation 4, Xbox One, PC
Tanggal Rilis: 24 Januari 2017

Kenapa harus diperhatikan: Akhir-akhir ini, seri Resident Evil sudah mulai berubah dari survival horror menjadi action horror dan membuat banyak fans kecewa. Karena itu, Capcom melakukan banyak perubahan untuk Resident Evil 7, mulai dari karakter hingga tampilan gameplay, demi kembali ke akar. Resident Evil 7 menceritakan tentang Ethan Winters, seorang warga sipil biasa yang pergi mencari istrinya yang menghilang. Pencariannya membawa dirinya ke rumah perkebunan milik keluarga Baker yang menyeramkan.

Senran Kagura: Peach Beach Splash

Publisher: Marvelous AQL
Developer: Tamsoft
Platform: PlayStation 4
Tanggal Rilis: 16 Maret 2017 (Jepang)

Kenapa harus diperhatikan: Di luar game-nya dipenuhi oleh fanservice, Senran Kagura adalah seri yang unik karena sering menghadirkan spinoff dengan gameplay yang sangat berbeda. Peach Beach Splash adalah berupa third-person shooter berupa turnamen pistol air. Selain masih bisa menghancurkan pakaian lawan, kali ini kalian akan bisa membuat pakaian lawan basah dan menjadi tembus pandang.

Shenmue III

Publisher: Ys Net
Developer: Ys Net, Neilo
Platform: PlayStation 4, PC
Tanggal Rilis: Desember 2017

Kenapa harus diperhatikan: Meski Shenmue pertama dan kedua disukai oleh banyak orang, game-nya bisa dibilang gagal karena penjualannya tidak sebanding dengan ongkos pembuatannya. Shenmue pertama dikenal sebagai game termahal yang pernah dibuat dan hal ini membuat Sega menghentikan produksinya di game kedua. Setelah menunggu lama dengan ending yang cliffhanger, Shenmue III akhirnya resmi diumumkan kembali dan akan melanjutkan ceritanya.

Tales of Berseria

Publisher: Bandai Namco Entertainment
Developer: Bandai Namco Studios
Platform: PlayStation 4, PC
Tanggal Rilis: 24 Januari 2017 (PS4), 27 Januari 2017 (PC)

Kenapa harus diperhatikan: Tales of Berseria adalah game pertama yang menghadirkan tokoh utama perempuan. Selain itu, temanya pun cukup kelam. Velvet sempat dikhianati pada masa lalu dan kini pergi untuk membalas dendam. Seperti biasa, Bandai Namco juga menghadirkan sistem pertarungan baru yang semakin berfokus ke aksi.

Tekken 7

Publisher: Bandai Namco Entertainment
Developer: Bandai Namco Studios
Platform: PlayStation 4, Xbox One, PC
Tanggal Rilis: Kuartal 1 atau 2 2017

Kenapa harus diperhatikan: Tekken 7 memang sudah rilis di arcade sejak lama. Setelah menunggu informasi yang tidak jelas, Bandai Namco akhirnya mengumumkan versi konsolnya. Selain menghadirkan banyak karakter baru, Tekken 7 juga menghadirkan sistem baru seperti Rage Art, Power Crush, dan juga Rage Drive. Sedangkan dari segi cerita, Tekken 7 merupakan akhir dari kisah klan Mishima.

The Legend of Heroes: Trails in the Sky 3rd Chapter

30-game-jepang-nantikan-tits-3rd-chapter

Publisher: XSEED Games
Developer: Falcom
Platform: PC
Tanggal Rilis: 2017

Kenapa harus diperhatikan: Trails in the Sky adalah game yang sangat besar, saking besarnya hingga dibagi menjadi 3 bagian. Meski kesulitan menerjemahkan game-nya karena jumlah teksnya sangat banyak, XSEED masih berniat untuk menyelesaikan trilogi ini. 3rd Chapter merupakan epilog dari Trails in the Sky.

The Legend of Zelda: Breath of the Wild

Publisher: Nintendo
Developer: Nintendo EPD
Platform: Wii U, Nintendo Switch
Tanggal Rilis: 2017

Kenapa harus diperhatikan: Nintendo menjanjikan entri terbaru Zelda akan mengubah semua hal yang sudah menjadi standar di seri Zelda. Ternyata janjinya berhasil diwujudkan karena dari trailer dan banyak gameplay yang diperlihatkan, Breath of the Wild terlihat sangat berbeda dengan game-game Zelda sebelumnya. Physics sekarang akan berperan besar, senjata Link bisa hancur, kalian bisa menyelesaikan dungeon dengan bebas, dan masih banyak lainnya.

Tokyo Xanadu

Publisher: Aksys Games
Developer: Falcom
Platform: PlayStation Vita, PC
Tanggal Rilis: 2017

Kenapa harus diperhatikan: Selain seri The Legend of Heroes, Falcom juga terkenal dengan seri Xanadu yang lebih berfokus ke action RPG. Versi Jepangnya sudah rilis sejak 2015, tetapi versi Inggrisnya baru akan rilis pada tahun ini. Tokyo Xanadu menceritakan tentang sekelompok anak SMA yang harus pergi ke dunia alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah. Di sana, kalian akan menjelajahi dungeon yang dipenuhi dengan monster dan jebakan.

Valkyria Revolution

Publisher: Sega
Developer: Media.Vision
Platform: PlayStation 4, Xbox One, PlayStation Vita
Tanggal Rilis: Kuartal 2 2017

Kenapa harus diperhatikan: Game ini merupakan spinoff dari seri Valkyria Chronicles dengan gameplay dan tema yang sangat berbeda. Valkyria Revolution adalah action RPG dan mengambil tema fantasi, tetapi Ragnite masih menjadi elemen penting dalam game ini. Game ini menceritakan tentang kerajaan kecil yang memberontak kerajaan besar yang ingin menguasai seluruh wilayah. Game ini ditangani oleh Media.Vision yang terkenal mengerjakan berbagai RPG seperti Wild Arms, Chaos Rings, Shining Resonance, dan Digimon Story: Cyber Sleuth.

Yakuza 0

Publisher: Sega
Developer: Sega
Platform: PlayStation 4
Tanggal Rilis: 24 Januari 2017

Kenapa harus dimainkan: Meski banyak fansnya di luar Jepang, seri Yakuza seringkali memakan waktu yang lama untuk diterjemahkan. Yakuza 5 saja yang sudah rilis di Jepang sejak 2012, versi Inggrisnya baru rilis pada tahun 2015. Untungnya untuk Yakuza 0, perbedaan rilisnya tidak begitu jauh, hanya sekitar 2 tahun saja. Yakuza 0 merupakan prekuel dari seri Yakuza yang menceritakan awal kisah dari Kazuma Kiryu dan juga Goro Majima.

Yakuza Kiwami

Publisher: Sega
Developer: Sega
Platform: PlayStation 4
Tanggal Rilis: Musim Panas 2017

Kenapa harus dimainkan: Yakuza Kiwami adalah pilihan tepat apabila kalian ingin mulai mengikuti seri Yakuza yang sudah berjalan jauh karena game ini merupakan remake dari Yakuza pertama yang rilis untuk PS2. Selain meningkatkan grafis dan performa game-nya, Sega juga menambahkan konten baru untuk memperjelas ceritanya.

Apa game yang paling kalian nantikan di 2017? Ayo tulis di komentar.