Ini Dia 24 Tokoh Utama Gundam yang Paling Tidak Waras!

January 10, 2017 8:52 am
Ini Dia 24 Tokoh Utama Gundam yang Paling Tidak Waras!

Aahh, Mobile Suit Gundam. Di balik faktor keren dan nilai sejarahnya, kadang kita harus mempertanyakan beberapa hal yang kesannya “tidak waras” di dalam serinya, seperti rivalry Banagher dan Riddhe yang intinya adalah rebutan cewek, Setsuna “aku adalah Gundam” F. Seiei, pertengahan awal ZZ Gundam, sebagian besar V Gundam, dan seluruh bagian G Gundam selain bagian Domon dan Master Asia.

Di dalam seri yang mayoritas tokoh utamanya adalah remaja yang menjadi salah satu pembunuh paling efektif dengan menaiki senjata pemusnah masal canggih di medan perang, tentunya tidak heran kalau ada beberapa tokoh utamanya yang bisa dibilang “tidak waras.” Situs Goo Ranking baru-baru ini membuat polling “Tokoh utama Gundam mana yang paling tidak waras?”, dan berikut adalah hasilnya.

24. Oliver May (MS IGLOO) – 18 suara
23. Seabook Arno (Gundam F91) – 23 suara
22. Garrod Ran (Gundam X) – 27 suara
21. Daryl Lorenz (Gundam Thunderbolt) – 29 suara
19. Io Flemming (Gundam Thunderbolt) – 34 suara
19. Loran Cehack (Turn A Gundam) – 34 suara
17. Kio Asuno (Gundam AGE) – 36 suara
17. Shiro Amada (08th MS Team) – 36 suara
15. Bellri Zenam (Gundam Reconquista in G) – 37 suara
15. Alfred Izuruha (Gundam 0080 War in the Pocket) – 37 suara
14. Banagher Links (Gundam Unicorn) – 41 suara
13. Asemu Asuno (Gundam AGE) – 42 suara
12. Judau Ashta (ZZ Gundam) – 45 suara
11. Kou Uraki (Gundam 0083 Stardust Memories) – 51 suara

10. Uso Ewin (Victory Gundam) – 52 suara
gnuts1

9. Flit Asuno (Gundam AGE) – 71 suara
gnuts2

8. Setsuna F. Seiei (Gundam 00) – 116 suara
gnuts3

7. Domon Kasshu (G Gundam) – 135 suara
gnuts4

6. Heero Yuy (Gundam Wing) – 161 suara
gnuts5

5. Mikazuki Augus (Gundam Iron Blooded Orphans) – 175 suara
gnuts6

4. Kira Yamato (Gundam SEED) – 200 suara
gnuts7

3. Shinn Asuka (Gundam SEED Destiny) – 283 suara
gnuts8

2. Amuro Ray (Mobile Suit Gundam) – 319 suara
gnuts9

1. Kamille Bidan (Z Gundam) – 325 suara
gnuts10

Mungkin ada yang kaget, mungkin ada yang nggak kaget, tapi No. 1-nya memang benar-benar “ya iya lah ya”. Kamille dari Z Gundam memang punya berbagai masalah ABG di pertengahan ceritanya, tetapi yang menyebabkan ia duduk di peringkat tertinggi adalah akibat adegan akhir di Z Gundam. Kamille berhasil mengalahkan sang musuh utama, Paptimus Scirocco, dengan cara menubrukkan Z Gundam dalam wujud Wave Rider ke kokpit The O. Namun, di saat-saat terakhirnya, Scirocco yang juga adalah Newtype yang sangat kuat meluncurkan serangan psikologis ke Kamille, dan ini mengakibatkan Kamille menjadi cacat mental. Ya, di tamatnya Z Gundam, Kamille itu literally tidak waras.

Selain itu, ada Heero Yuy si manusia kutang ijo super yang janji bakalan bunuh Relena tapi ga jadi-jadi setelah 1 TV series penuh, 1 komik sidestory, 1 OVA spesial, dan 1 LN sekuel yang ber-setting puluhan tahun kemudian. Ada sang tokoh utama Gundam terbaru, Mikazuki Augus, prajurit anak kecil yang benar-benar tidak takut membunuh siapapun dan terus meneror asosiasi orang tua yang takut anak mereka melihat kekerasan yang ia bawakan di jam tayangnya.

Ada juga Shinn Asuka, karakter yang cukup emo di awal cerita dan malah makin menjadi-jadi di pertengahan cerita, sampai-sampai ia kehilangan posisi tokoh utamanya ke Kira Yamato karena kalah populer. Ada juga Amuro Ray dari Gundam pertama yang cukup ababil dari sempat menolak untuk mengendarai Gundam hingga melakukan desersi dan meninggalkan teman-temannya. Mungkin cukup akurat bila kamu menyerahkan senjata paling modern kamu ke bocah ABG ababil, but still…

gnuts12

Dan tentunya ada Kira Yamato, karakter punya banyak hal tidak warasnya mengenai dia, baik secara mental maupun fisik. Beberapa orang heran bagaimana dia bisa bertahan hidup setelah Freedom Gundam-nya ditusuk di perut dengan Excalibur-nya Impulse Gundam, tapi saya lebih heran bagaimana dia bisa bertahan hidup dari ledakan self-destruct Aegis Gundam yang memiting Strike Gundam-nya, terutama karena kokpitnya sendiri terbuka karena serangan dari Aegis sebelumnya. Ini bocah lebih kebal daripada Heero Yuy, and that’s saying something.

Dan tentunya yang paling tidak waras dari Kira, adalah bahwa ia bisa bertahan di posisi tinggi di top character ranking majalah Newtype selama 1 dekade lebih.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Menurut kalian, karakter Gundam mana yang paling gila, baik tokoh utama ataupun bukan?

Kalau saya, saya bakalan nge-vote si proto-Meijin, Boris Schauer dari Gunpla Builders Beginning G. Orang gila yang satu ini sukanya naik kuda di tengah kota Jepang modern sambil diikutin 2 ajudannya yg jalan kaki. Kurang gila apa coba?

gnuts11

Sumber: Goo Ranking