Penginapan Cosplay Menjadi Jalan Bisnis Keluarga Jepang Ini untuk Bertahan

January 10, 2017 5:09 pm
Penginapan Cosplay Menjadi Jalan Bisnis Keluarga Jepang Ini untuk Bertahan

Pengguna Twitter Jepang @gu_max yang juga bernama Miya memiliki masalah. Dia dan keluarganya memiliki sebuah penginapan, atau yang biasa disebut dengan ryokan di prefektur Okayama. Ryokan tersebut bernama Koma no O, sebuah penginapan tradisional yang indah dan terletak di gunung. Mereka memiliki pemandian air panas luar dan pemandangan hutan yang sangat indah.

joi-penginapan-cosplay-selamatkan-bisnis-keluarga-2

Walaupun penginapan tersebut memang tempat yang sangat elegan dan baik untuk menginap, keluarga Miya memiliki masalah bagaimana cara menarik pelanggan untuk menginap di penginapan mereka yang terletak di kota pinggiran Mimasaka. Memang, di tahun baru dan Golden Week penginapan tersebut penuh sesak, namun mereka tidak bisa menarik pelanggan di waktu-waktu lain. Nenek Miya yang juga pemilik dari penginapan tersebut bahkan berpikir untuk menutup penginapannya.

Namun Miya punya rencana untuk menyelamatkan bisnis keluarga tersebut. Miya yang juga seorang otaku kuliah di Osaka dimana dia bertemu dengan teman-teman yang sepikiran. Setelah melihat gambar-gambar dari Koma no O, salah satu teman Miya ingin datang untuk mengambil gambar cosplay di sana. Dengan ide tersebut, Miya kemudian memutuskan untuk mempromosikan Koma no O bukan hanya sebagai hotel, tapi juga tempat cosplay.

Miya kemudian mencoba untuk meraih komunitas otaku di Twitter, dengan penjelasan mengenai Koma no O dan mengajak mereka untuk cosplay di penginapan tersbeut. Foto-foto yang diperlihatkan juga tampak seperti backdrop sempurna dari beberapa seri, dengan motif tradisional. Miya merekomendasikan mereka untuk cosplay karakter dari seri Tonari no TotoroMononoke HimeTouken Ranbu, atau Naruto.

joi-penginapan-cosplay-selamatkan-bisnis-keluarga-3 joi-penginapan-cosplay-selamatkan-bisnis-keluarga-4

Mengingat prefektur Okayama sendiri adalah tempat lahir Masashi Kishimoto, sepertinya tidak heran bila Miya mempromosikan seri tersebut.

Koma no O juga siap untuk membantu para cosplayer dengan perlengkapan seperti Kimono, mereka juga siap untuk membantu para pengunjung yang tidak tahu atau tidak bisa menggunakan pakaiannya sendirian.

Tentunya, para cosplayer sangat disarankan untuk menginap, namun mereka juga bisa booking kamar dengan tarif yang disesuaikan bila mereka ingin menggunakannya untuk istirahat siang. Sampai saat ini, dikabarkan sudah ada 50 kelompok yang menghubungi Miya untuk cosplay di penginapan tersebut. Respon ini juga membuatnya mengatur sebuah akun Twitter tersendiri yang menerima permintaan untuk cosplay saking banyaknya peminat.

Bila kamu tertarik untuk membantu keluarga Miya dan berencana cosplay di penginapan tersebut saat pergi ke Jepang, atau hanya ingin menikmati seperti apa keindahan penginapan tradisional, berikut adalah informasi lokasi dari penginapan tersebut.

Koma no O Sanso / 駒ノ旺山荘

Okayama-ken, Mimasaka-shi, Ushiroyama 1743-1
岡山県美作市後山1743-1
Situs Resmi

Sumber: Japan Today