Kaisar Akihito Turun Tahta, Tanda Era Heisei Segera Berakhir

January 11, 2017 10:56 am
Kaisar Akihito Turun Tahta, Tanda Era Heisei Segera Berakhir

Kaisar Jepang Akihito yang sebelumnya dikabarkan akan turun tahta pada tahun 2016 kemarin sudah resmi untuk mundur dari tahtanya pada tahun 2019.

Akihito mundur akibat usia dan kesehatannya yang semakin memburuk. Meski tidak ada hukum yang menyatakan bahwa Kaisar diperbolehkan untuk turun tahta, tetapi pemerintah Jepang sedang mengusahakan agar hal itu terjadi. Akihito dikabarkan akan turun tahta pada 1 Januari 2019.

Penanggalan tahun di Jepang memakai nama sendiri yang dimulai ketika kaisar tersebut berkuasa dan berakhir ketika kaisar tersebut meninggal atau turun tahta. Ketika Kaisar Hirohito berkuasa Jepang memakai nama Showa untuk penanggalan tahunnya. Tahun Showa di Jepang dimulai dari 25 Desember 1926 sampai 7 Januari 1989. Showa bermakna kejayaan Jepang. Setelah Hirohito meninggal dunia anak tertuanya Akihito menggantikan ayahnya sebagai kaisar dan tahun selama ia berkuasa berganti nama menjadi Heisei yang bermakna damai di semua tempat. Tahun 2017 merupakan tahun ke-29 dari era Heisei.

Dengan turunnya Akihito maka penamaan tahun di Jepang akan berganti. Belum diketahui nama tahun Jepang yang baru akan dinamakan apa. Banyak netizen Jepang yang sudah berspekulasi akan penamaan tahun di Jepang seperti “Nintendo Era”, “Heisei Ver 1.2”, “PPAP Era”, dan banyak yang ingin mengakhiri penamaan tahun seperti ini karena dirasa terlalu ribet. Ada juga yang berkomentar “apapun nama yang mereka pilih, mudah-mudahan kanjinya gampang ditulis”.

Berakhirnya era Heisei akan berdampak pada serial Kamen Rider mungkin karena mereka memilah seri Kamen Rider berdasarkan era Showa dan Heisei. Siapa tahu Kamen Rider di era baru ini akan lebih bagus atau lebih tidak masuk akal lagi.

Sumber: Rocketnews