Kenapa Judul Light Novel di Jepang Panjangnya Tidak Umum?

January 12, 2017 3:52 pm
Kenapa Judul Light Novel di Jepang Panjangnya Tidak Umum?

Pernahkah kamu berpikir kamu sedang membaca judul light novel atau cerita pendek? Pernahkah kamu merasa judul light novel kok panjangnya nggak umum? Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah judul light novel belakangan ini kok bisa lebih panjang dari judul skripsi kamu?

Sama. Saya juga kepikiran, apalagi setelah membaca salah satu judul novel yang akan diterbitkan Dengeki Bunko pada tanggal 10 Maret mendatang buatan Uwami Kuruma. Berikut adalah judulnya:

Nuiage! Nugashite? Kisekaeru!! Kanojo ga Koukou Debyuu ni Shippai Shite Hikikomori to Kashita no de, Ore ga Seishun (Fasshon) wo Koodineeto Suru Koto ni

Yang kemudian dapat diterjemahkan menjadi:

Jahitkan baju untuknya! Lucuti bajunya? Ganti bajunya!! Dia Merusak Debutnya di SMA dan Menjadi Hikkikomori, jadi Aku Akhirnya Membantunya Mengatur Kembali Masa Mudanya (Fashion)

Masuk akal? Saya hanya bisa mengelap kening setelah melihat judul tersebut, karena saya juga sudah lepas tangan mengenai judul-judul ajaib Jepang yang super deskriptif. Namun apakah alasan mereka selalu membuat light novel dengan judul-judul super panjang tersebut?

JOI - judul light novel kenapa panjang (3)

Pasar light novel itu ketat, dengan banyaknya judul yang bisa dipilih untuk dibaca, setiap penulis harus bisa menyampaikan isi bukunya dengan baik kepada penggemar. Klise-klise masa kini seperti “teman masa kecil“, “hikkikomori simpatetik“, “protagonis kelas tempe tapi banyak haremnya“, “ojou-san tsundere mampus” dan masih banyak lagi menjadi senjata andalan mereka, namun apa artinya bila bukunya tidak dibaca?

Karena itu, para penulis terpaksa mengeluarkan semua elemennya dari judul light novel supaya bisa merebut perhatian para pembaca. Sedikit saja informasi unik yang diterima pembaca bisa menjadi faktor penentu apakah sang pembaca akan mengambil buku tersebut atau tidak.

Di Jepang, otaku juga terkenal dapat menghafal judul seri yang mereka sukai, sepanjang apapun judul tersebut, sesusah apapun judulnya untuk dikatakan. Judul-judul tersebut juga hampir pasti akan mendapatkan pemendekan bila mereka akan diadaptasi menjadi sebuah anime. Contohnya seperti Danmachi yang sampai sekarang judul panjangnya tidak pernah bisa saya ingat secara sempurna.

JOI - judul light novel kenapa panjang (2)

Satu-satunya seri yang judulnya panjang dan dapat saya ingat mungkin hanya Konosuba saja. Jadi, bila lain kali kamu merasa kok judul-judul light novel sekarang tidak kalah padat dengan isi novelnya, ingat-ingat saja kalau persaingan memaksa mereka untuk melakukannya.

Kalau ada yang penasaran dengan judul-judul light novel dalam header artikel ini, berikut adalah judul-judulnya:

  • Kiri: Danshi Koukousei de Urekko Light Novel Sakka o Shiteiru Keredo Toshishita no Classmate de Seiyuu no Onnanoko ni kubi o Shimerareteiru
  • Kanan atas: What if a Prestigious School’s Student Council President were to Read Abdul Alhazred’s Necronomicon?
  • Kanan bawah: Ore ga Ojousama Gakkou ni “Shomin Sanpuru” Toshite Rachirareta Ken

Channel di bawah ini juga memberikan penjelasan yang cukup rinci mengenai kenapa judul-judul light novel bisa menjadi sangat panjang dewasa ini.

Sumber: Rocketnews