Peneliti Keamanan Jepang Menyarankan untuk Tidak Menggunakan Pose Jari ‘V’

January 12, 2017 11:17 am
Peneliti Keamanan Jepang Menyarankan untuk Tidak Menggunakan Pose Jari ‘V’

Pose jari “V” atau dikenal juga dengan Peace atau Victory adalah pose yang umum digunakan orang saat difoto. Namun baru-baru ini sebuah bahaya keamanan dari pose ini ditemukan oleh seorang peneliti dari Jepang.

Isao Echizen, professor dari Institut Informatika Nasional Jepang; menyarankan untuk tidak menunjukkan telapak jari tangan saat difoto. Hal ini dikarenakan teknologi foto dan gambar sudah maju ke tingkat dimana sidik jari pihak yang difoto dapat terlihat jelas dan ditiru.

Echizen telah melakukan eksperimen dimana dia berhasil mengambil sidik jari dari foto tangan yang diambil dari jarak tiga meter. Hal ini membuat foto yang diambil dari jarak dekat seperti selfie lebih berisiko untuk dicuri sidik jarinya.

Echizen melanjutkan bahwa para selebritis, yang notabene fotonya banyak tersebar dimana-mana; lebih rentan dengan pencurian ini. Password memang bisa diganti bila dicuri orang lain, namun sidik jari cukup menyakitkan bila perlu diganti.

Sebenarnya foto dari smartphone dan kamera digital umumnya sudah didesain agar hal ini tidak terjadi, begitu juga foto dari internet yang besar kemungkinannya data gambarnya sudah di-compress. Jadi hanya kamera yang didesain untuk mencuri sidik jari saja yang dapat melakukan hal ini. Singkatnya, kalian tidak perlu terlalu paranoid sampai harus menutup mata saat difoto agar retina kita juga tidak dicuri.

Tentu saja kalian juga bisa menggunakan pose alternatif lain yang tidak menunjukkan sidik jari, seperti dari Jojo misalnya.

jonathan pose

Bone bending pose optional

Sumber: Rocketnews