7-Eleven dari Bencana Lubang Fukuoka Menjadi Tempat Suci Pelajar Jepang

January 16, 2017 09:57
7-Eleven dari Bencana Lubang Fukuoka Menjadi Tempat Suci Pelajar Jepang

Masih ingat dengan bencana lubang Fukuoka yang terjadi pada bulan November tahun lalu?  Bencana ini untungnya tidak menimbulkan korban jiwa dan dengan menakjubkan bisa diperbaiki dalam seminggu saja.  Untuk kalian yang cermat, mungkin pada foto atau video kejadian tersebut kalian dapat melihat mini-market 7-Eleven yang nyaris rubuh.

7-Eleven tersebut berhasil selamat, namun berhubung bencana alam seringkali menghambat datangnya pelanggan, terutama bila bencana tersebut terjadi beberapa sentimeter dari toko; mini-market ini harus tutup sampai 20 Desember. Bisnis yang tidak bisa beraktivitas selama sebulan sulit sekali bisa pulih dari kerugian.



Untungnya ada segmen pasar Jepang yang menghargai keberuntungan 7-Eleven ini untuk tidak jatuh, segmen pasar ini adalah para pelajar Jepang. Kalian yang dulu mengikuti UAN atau semacamnya mungkin pernah melakukan hal semacam puasa bersama, doa bersama, dan berbagai acara motivasi mental dan spiritual lainnya, para pelajar Jepang juga memiliki acara sejenis untuk tetap termotivasi dan mengurangi tekanan.

Saat mendekati Ujian penting, keluarga di Jepang umumnya menghindari mengatakan kata-kata negatif seperti “jatuh” dan “gagal”. Mereka juga menyiapkan berbagai jimat keberuntungan baik yang diberkahi di kuil maupun yang bisa dibeli di mini-market. “Jimat mini-market” ini umumnya berupa produk dengan nama positif seperti Kit-Kat (Kitto-Kattsu = Pasti menang) dan Umakacchan (Uma-Kattsu-Chan)

Kepercayaan tersebutlah yang membuat pelajar Jepang berbondong-bondong datang ke mini-market yang menolak jatuh ini. Kepercayaan pada Kit-Kat yang ekstra ampuh dalam membawa keberuntungan membuat 7-Eleven ini sering dikunjungi dan berhasil pulih dari kerugian. Entah mini-market ini selamat karena memang diberkahi atau berkat tersebarnya mitos ini, yang jelas para pelajar di Fukuoka sana setidaknya mendapat satu lagi tempat untuk meredakan beban stress ujian.

kit-kat blessed

Karena tingginya permintaan, kami menjual berbagai jenis Kit-Kat

Sumber: Rocketnews