Nintendo Umumkan ‘Fire Emblem Echoes’ untuk 3DS & Game Baru untuk Switch

January 19, 2017 6:21 pm
Nintendo Umumkan ‘Fire Emblem Echoes’ untuk 3DS & Game Baru untuk Switch

Dalam Fire Emblem Direct yang diadakan tadi pagi, Nintendo memberi banyak kejutan seperti “Fire Emblem Echoes: Shadow of Valentia” yang akan hadir di 3DS serta game Fire Emblem baru yang akan hadir di Nintendo Switch. Selain itu, mereka juga mengungkapkan detil lebih lanjut dari “Fire Emblem Warriors” dan game mobile “Fire Emblem Heroes.”

Yang menarik dari presentasinya adalah narator yang memandu kalian. Presentasi di Amerika dipandu oleh pengisi suara Yuri Lowenthal, sedangkan di Jepang dipandu oleh seiyuu Takehito Koyasu. Keduanya pernah mengisi suara dalam seri ini. Berikut adalah game-game yang diumumkan:

Fire Emblem Echoes: Shadow of Valentia

Game ini terinspirasi dari Fire Emblem Gaiden yang awalnya hanya rilis di Jepang pada tahun 1992 dan membantu menentukan gaya khas dari seri Fire Emblem. Shadow of Valentia mengimajinasikan ulang Gaiden dalam skala yang lebih besar. Game ini menghadirkan dua tokoh utama, Alm dan Celica, yang terlibat perang yang membelah benua Valentia.

Desain karakter untuk game ini adalah Hidari yang terkenal membuat desain karakter ini trilogi Dusk dari seri Atelier (Atelier Ayesha, Atelier Escha & Logy, dan Atelier Shallie) dan Toukiden. Game ini menawarkan free-roaming, menjelajahi dungeon yang dipenuhi musuh, progress karakter yang fleksibel, dan berbagai macam hal lainnya yang membuat Gaiden unik. Game ini akan menghadirkan “gameplay Fire Emblem klasik dengan berbagai keunikan.”

fire-emblem-amiibo

Shadows of Valentia akan rilis pada tanggal 19 Mei untuk Nintendon 3DS. Nintendo juga menyiapkan amiibo Alm dan Celica yang akan rilis bersamaan dengan game-nya.

Fire Emblem untuk Nintendo Switch

fire-emblem-switch

Nintendo mengumumkan game Fire Emblem baru yang akan rilis untuk Nintendo Switch. Nintendo belum mengumumkan detil apa-apa selain akan rilis pada tahun 2018. Ini adalah game Fire Emblem pertama untuk konsol rumah sejak Fire Emblem: Radiant Dawn rilis pada 10 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2007.

Fire Emblem Warriors

Nintendo menayangkan trailer versi lengkap yang sebelumnya diperlihatkan dalam Nintendo Switch Presentation 2017. Trailer ini memperlihatkan aksi Chrom membantai banyak musuh. Selain itu, Nintendo juga mengumumkan kejutan bahwa game ini akan rilis juga di New Nintendo 3DS. Fire Emblem Warriors akan rilis pada musim gugur 2017.

Fire Emblem Heroes

Nintendo akhirnya mengungkapkan detil dari Fire Emblem versi mobile yang berjudul “Fire Emblem Heroes.” Game ini akan dirilis secara gratis dengan in-app purchase untuk iOS dan Android pada tanggal 2 Februari. Kalau kalian tidak memiliki Nintendo Account, pra-registrasi akan dibuka pada tanggal 19 Januari.

Gameplay-nya masih serupa dengan seri Fire Emblem, berupa pertarungan strategi. Kalian akan bisa mengumpulkan berbagai Hero dari seri ini dan meningkatkan kemampuan mereka. Kalian akan menjadi summoner dan harus memanggil Hero dari berbagai game Fire Emblem untuk menghadapi kerajaan yang jahat.

Petanya disesuaikan untuk cukup dengan layar smartphone. Kalian bisa menggeser unit ke musuh untuk menyerang atau menggunakan cara tradisional seri ini. Untuk memenangkan pertarungan, kalian harus mengalahkan seluruh musuh di peta. Seperti biasa, terrain akan mempengaruhi pertarungan.

Weapon triangle system kembali hadir dan kini diberi warna agar lebih jelas. Kalian harus memanfaatkan sistem ini apabila ingin menang. Seluruh karakter di Fire Emblem digambar baru oleh berbagai illustrator ternama. Suara untuk para karakter pun berupa rekaman baru.

Trailer versi Jepang

Sistem gacha-nya sedikit unik karena ketika kalian melakukan gacha, kalian bisa memilih tipe Hero yang berdasarkan warna orb yang ada. Jika kalian terus melakukan gacha di set tersebut, jumlah orb yang diperlukan melakukan gacha akan berkurang.

Selain main quest, game ini juga menawarkan banyak mode lainnya contohnya Training Tower untuk melatih Hero kalian. Seiring levelnya naik, Hero akan memiliki skill baru, bahkan rarity rating-nya bisa ditingkatkan.

Nintendo juga telah membuka situs resmi game-nya. Mereka mengadakan voting untuk memilih Hero dan Heroine favorit yang nantinya akan hadir dalam game-nya di event khusus.

Sumber: Gematsu (1, 2, 3, 4)