Doa Shinkai Terkabul, Kimi no Na wa Gagal Masuk Nominasi Oscar

January 25, 2017 9:41 am
Doa Shinkai Terkabul, Kimi no Na wa Gagal Masuk Nominasi Oscar

Shinkai pernah berkata bahwa ia tidak ingin film Kimi no Na wa menang Oscar bahkan ia menyuruh untuk berhenti menonton filmnya karena tidak ada sesuatu yang spesial sekali tentang film tersebut. Hanya satu pernyataan Shinkai yang akhirnya menjadi kenyataan ketika yang satunya tidak menjadi kenyataan (atau malah semakin parah).

Film Kimi no Na wa gagal meraih nominasi Oscar untuk kategori Film Animasi Terbaik. Film ini sebelumnya diajukan untuk mendapat nominasi penghargaan film tertinggi di Amerika Serikat tetapi gagal bersaing dengan jajaran film Disney yang menyabet dua nominasi untuk gelaran Oscar tahun ini.

Meski meraih pendapatan yang luar biasa dan menjadi film animasi buatan Jepang terlaris di seluruh dunia, film ini gagal masuk penghargaan yang paling bergengsi ini. Tahun lalu film dari Studio Ghibli When Marnie Was There masuk nominasi dalam kategori ini. Film animasi Jepang terakhir yang memenangkan Oscar adalah Spirited Away karya Hayao Miyazaki pada tahun 2003 dimana Miyazaki menolak untuk datang ke sana karena alasan Amerika Serikat menyerang Irak.

Kimi no Na wa baru akan disebarluaskan di bioskop Amerika Serikat dan Kanada pada 8 April 2017, mungkin hal ini menjadi salah satu faktor kenapa doa papa Shinkai terwujud soal Oscar karena Kimi no Na wa belum ditayangkan di sana. Apakah mungkin film ini akan tembus nominasi Oscar 2018? Lihat saja nanti.

Berikut daftar nominasi Film Animasi Terbaik Penghargaan Oscar ke-79

Kubo and the Two Strings
Moana
My Life as a Zucchini
The Red Turtle
Zootopia

Sumber: Oscar