[JOI Music] Shiggy Jr.

January 26, 2017 4:01 pm
[JOI Music] Shiggy Jr.

Setiap hari kamis Jurnal Otaku akan memberikan rekomendasi musik dan membahas artis Jepang yang bisa kamu cicip dalam segmen JOI Music. Artis tersebut bisa terdengar baru di telinga kamu atau bahkan kamu sudah pernah mendengarnya dan di featured di sini. Untuk edisi minggu keempat Januari 2017 JOI Music akan menampilkan kuartet pop yang seluruh lagunya asyik untuk bergoyang dan membawa keceriaan dan mereka bernama Shiggy Jr.

ShiggyJr2

Siapa Shiggy Jr.?

Shiggy Jr. merupakan kuartet pop/city pop dari Jepang yang terbentuk dari tahun 2012. Mereka terdiri dari Tomoko Ikeda (vokal), Shigeyuki Harada (gitar), Natsuhiko Mori (bass), dan Kazuma Moroishi (drum). Shiggy Jr. terbentuk ketika Harada sedang membuat lagu dan ia merasa bahwa ia harus mencari vokal perempuan agar pas dengan komposisi yang ia bawakan. Ia mencari vokalis perempuan lewat bantuan temannya bernama Sunearika di lingkaran Aoyama Music Society. Sunearika merekomendasikan teman satu kelas Harada yaitu Ikeda karena vokalnya pas dengan apa yang Harada mau. Akhirnya Shiggy Jr. terbentuk dengan formasi awal Ikeda (vokal), Harada (gitar), Fiji (drum), Gen (bass) dan Sunearika (keyboard).

Lewat formasi ini mereka merilis EP pertama mereka berjudul Shiggy Jr. is not a child dibawah mona records pada 13 November 2013. Setelah merilis EP ini tiga personilnya yaitu Gen, Fiji, dan Sunearika memilih mengundurkan diri dari grup dan digantikan oleh Mori serta Moroishi. Mori dan Moroishi juga sebelumnya pernah membuat band di SMA dan kampus mereka sendiri. Dengan formasi baru ini mereka merilis EP kedua mereka LISTEN TO THE MUSIC pada 16 Juli 2014. EP kedua mereka berhasil masuk di posisi 80 di Oricon Album Chart. Mereka berkolaborasi dengan grup idol yang memainkan musik shibuya-kei dan city pop bernama Negicco dalam album Rice & Snow.

shiggyjr

Mereka dikontrak oleh major label Universal Music dan merilis single pertama di bawah label tersebut berjudul “Summer Time Love” pada 24 Juni 2015. Lagu ini sering diputar di FM802 Osaka sebelum single-nya dirilis, berkat hal tersebut single ini berhasil masuk ke posisi 28 di Oricon Single Chart. Kesuksesan “Summer Time Love” dilanjutkan dengan single kedua mereka “GHOST PARTY” yang dirilis pada 14 Oktober 2015 yang masuk ke posisi 31 di Oricon  Single Chart.

Single mereka berikutnya “Koishitara Baby” menjadi lagu iklan untuk Kintetsu Pass’e. Mereka masuk ke dunia anime melalui anime berjudul Rilu Rilu Fairilu ~Yousei no Door~ buatan studio DEEN dan melalui single berikutnya “Beautiful Life” yang menjadi lagu penutup untuk anime Kyoukai no Rinne. Dua bulan berselang perilisan single “Beautiful Life” mereka merilis album perdana berjudul ALL ABOUT POP pada 26 Oktober 2016 dan masuk ke posisi 29 di Oricon Album Chart. Salah satu lagu yang ada di album ALL ABOUT POP berjudul “Home” juga pernah masuk ke dalam playlist New Music Friday Spotify Indonesia dan masuk ke dalam chart Spotify Indonesia Viral Top 50.

Apa yang membuat mereka menarik?

shiggyjr3

Vokal Ikeda yang imut dan kawaii tentunya menjadi nilai jual utama dari Shiggy Jr. Tetapi keimutan dari Ikeda tidak terdengar menganggu atau dibuat-buat karena mampu menyatu dengan musik pop yang ritmis dan dipengaruhi oleh musik soul, funk, dan disco. Tema positif yang dibawakan mereka pada album ALL ABOUT POP seperti kehidupan yang indah, mengejar mimpi, rindu akan rumah dan bersenang-senang membuat Shiggy Jr. pastinya akan mendapat tempat di hati pendengarnya. Shiggy Jr. juga membawakan musik yang cocok dipakai ketika sedang bersantai, menunggu seseorang, atau sekedar diajak untuk menjadi teman bersenang-senang sambil melupakan kesedihan yang ada di hati. Hal ini dibuktikan dengan sajian nada-nada yang upbeat dan catchy yang akan membuat kamu berdansa setiap hari dengan mereka.

Lagu mana aja yang direkomendasikan?

Karena mereka belum banyak mengeluarkan album tentunya mudah untuk mengikuti album-album mereka.

Jika kamu baru pertama kali mendengarkan Shiggy Jr. maka kamu mendengarkan lagu yang ada di EP pertama mereka yaitu “Saturday Night,  Sunday Morning”, lalu dilanjutkan dengan versi asli dari “LISTEN TO THE MUSIC”. Jika sudah kamu cicip lagu “Summer Time Love” yang video klipnya sangat 80’an lalu lagu baru mereka “Beautiful Life”. Kalau kamu menyukai musisi Indonesia seperti RAN, Tulus dan musisi yang menggabungkan soul dan pop maka kamu harus coba “groove tonight” dan “Home” yang ada di album pertama mereka ALL ABOUT MUSIC.

Kamu bisa mendengarkan lagu rekomendasi tadi dan album ALL ABOUT POP di video YouTube dan link Spotify di bawah ini.

Website

Twitter

Facebook

Instagram

YouTube