[Review] Gravity Rush 2

“Gravity Rush 2” adalah game yang sudah lama dinantikan oleh penggemarnya karena akhir dari game pertamanya yang berupa cliffhanger. Tetapi beberapa ada yang kecewa karena sekuelnya malah rilis untuk PlayStation 4, bukannya PlayStation Vita seperti game pertamanya. Tetapi apakah perpindahan platform menghadirkan banyak peningkatan untuk game action adventure yang unik ini?

Cerita yang Berlanjut dari Game Pertamanya

Gravity Rush 2 kembali menghadirkan Kat sebagai tokoh utamanya. Karena kejadian di akhir Gravity Rush, Kat, Raven, dan Syd terlibat dalam badai gravitasi yang membuat mereka bertiga terbawa ke tempat lain yang tidak diketahui. Ternyata mereka tiba di sebuah pertambangan bernama Banga Settlement. Tetapi sayangnya Kat dan Syd terpisah dengan Raven dan harus bekerja di pertambangan tersebut agar bisa makan.

review-gravity-rush-2-3

Dari segi cerita, Gravity Rush 2 langsung melanjutkan cerita dari game sebelumnya. Jadi kalian disarankan memainkan game pertamanya di PS Vita atau di PS4 melalui Gravity Rush Remastered. Tetapi karena ceritanya terhubung secara langsung, kalian bisa bingung apabila belum memainkan game pertamanya atau menonton anime yang menghubungkan cerita dari game pertama dan game kedua. Meski kalian akan mengetahui jati diri Kat yang sebenarnya pada game ini, banyak hal yang terjadi dalam game-nya tidak terlalu dijelaskan, seperti kemunculan rift secara tiba-tiba atau kemampuan baru Kat.

review-gravity-rush-2-2

Meski begitu, yang menjadi sorotan utama dari Gravity Rush 2 adalah interaksi dengan warga kota. Sama seperti dengan game pertamanya, di kota baru yang bernama Jirga Parla Lhao terdapat banyak Side Mission dan Challenge yang membuat kalian berinteraksi dengan warga kota. Masing-masing misi memiliki cerita bervariasi yang bisa kalian nikmati.

Kota yang Luas & Penuh Hal yang Menarik

Salah satu peningkatan terbesar di Gravity Rush 2 adalah ukuran kota Jirga Parla Lhao. Tempat ini terdiri dari 4 kepulauan besar yang bisa kalian jelajahi secara detil. Tidak hanya itu saja, bahkan kota Hekseville yang menjadi setting game pertamanya kembali hadir di game ini dan bisa kalian jelalahi secara keseluruhan.

20170120_2001_176365

Di seluruh pulau pun banyak tempat turis menarik yang bisa kalian temukan (dan harus kalian temukan semuanya apabila ingin mendapatkan Trophy-nya). Selain itu, kalian juga memiliki kamera yang bisa kalian gunakan untuk mengambil foto di berbagai tempat yang kalian sukai. Kamera pun memiliki tantangan sendiri untuk mencari berbagai lokasi fotonya.

Karena ukuran tempat yang bisa kalian jelajahi cukup besar, kalian disarankan menggunakan kekuatan gravitasi kalian agar lebih cepat. Tetapi sayangnya ketika kalian menggunakan kekuatan ini, kalian tidak bisa menikmati keindahan kotanya. Tetapi untungnya ada manhole yang disediakan apabila kalian ingin pindah ke antar pulau dengan cara warp.

review-gravity-rush-2-4

Kalian juga masih bisa menerima tantangan dari pemain lain. Tantangannya cukup bervariasi seperti mengadu skor dan juga mencari harta karun berdasarkan foto. Kalian juga bisa mengirim tantangan ke teman atau meng-upload foto untuk mendapatkan rating dari pemain lain.

Pertarungan yang Masih Simpel

Sistem pertarungan di Gravity Rush 2 tidak berubah banyak. Kalian masih bisa melakukan serangan melee dan juga melempar barang dengan stasis field. Sayangnya dari segi bertarung tidak ada perubahan besar. Kalian bisa dengan mudah mengalahkan musuh dengan spam melempar barang atau melakukan Gravity Kick ke target yang sudah sangat jelas.

review-gravity-rush-2-5

Dari segi cara bertarung memang tidak ada perubahan, tetapi Japan Studio menghadirkan sistem Style yang mengubah kekuatan gravitasi kalian. Lunar style akan membuat kekuatan kalian menjadi seperti gravitasi bulan yang ringan, sedangkan Jupiter Style akan membuat gravitasi sangat berat. Tentunya kemampuan serangan kalian juga akan berubah, tetapi kalian akan tetap bertarung dengan cara yang sama.

review-gravity-rush-2-6

Kali ini musuh yang kalian hadapi bukanlah Nevi saja, tetapi ada juga manusia dan juga robot. Meski variasi musuh bertambah, cara kalian bertarung tidak berubah banyak. Musuh-musuh masih cukup mudah untuk dikalahkan, terutama musuh manusia.

Verdict: Pusing/10

Dari segi gameplay, Gravity Rush 2 tidak berubah banyak dari game sebelumnya. Bahkan suasana visual yang bergaya cel-shading dan musik yang bergaya jazz masih sama. Jadi yang bisa kalian harapkan dari game ini adalah ceritanya. Dari segi cerita memang game ini melanjutkan kisah Kat, tetapi sayangnya masih banyak misteri yang belum terungkap. Selain misteri dari game pertama, jumlah misteri malah semakin bertambah, bahkan hingga pada adegan akhir game-nya.

Yang pasti dari game ini pasti akan membuat kalian pusing pada saat menggunakan kekuatan gravitasi karena orientasi kamera sering terbalik-balik.

Gravity Rush 2 sudah rilis untuk PlayStation 4.