[Celebrity Sunday] Ayane Sakura

January 29, 2017 7:28 pm
[Celebrity Sunday] Ayane Sakura

Celebrity Sunday kali ini akan membahas tentang seiyuu yang bernama Ayane Sakura. Seiyuu yang manis ini tidak hanya ahli suara saja, tetapi juga dia memiliki banyak kemampuan lainnya seperti menggambar dan mengerti soal komputer.

Seiyuu yang akrab dipanggil Ayaneru lahir pada hari ini, 29 Januari 1994 di Tokyo. Pada saat SMP, Ayaneru bergabung dengan grup theater Gekidan Tohai, tetapi pada saat kelas 3 SMP pindah ke Nihon Narration Engi Kenkyujou. Alasan dia pindah adalah karena pada saat bergabung dengan grup theater, dia mengikutin voice training dan pelatihnya menyarankan untuk bekerja di pekerjaan yang menggunakan suara. Di akhir tahun pada saat dia kelas 3 SMP, dia mengikuti audisi dan pada tahun 2009 bergabung dengan I’m Enterprise.

celebrity-sunday-ayane-sakura-1

Kenapa Ayane bergabung dengan grup theater adalah pada waktu kecil dia mengikuti berbagai macam les. karena ini, dia menyadari bahwa koordinasi gerakan tubuhnya cukup bagus. Setelah bergabung dengan grup theater-nya, karirnya sebagai seiyuu pun mulai terbentuk. Ayane mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang suka berargumen dan memiliki moto “ingin menjadi orang yang bisa dibanggakan oleh orang tuanya.” Waktu masih kecil, Ayane memanggil dirinya dengan kata “boku” yang biasanya digunakan oleh laki-laki.

Ayane mengatakan bahwa hobinya adalah menggambar dan bernyanyi, sedangkan keahliannya adalah mengotak-atik komputer dan bersiul. Tetapi ternyata hobi dan keahlian Ayane cukup tinnggi. Untuk soal komputer, Ayane memiliki sertifikat Microsoft Office Specialist untuk aplikasi Word, Excel, PowerPoint, dan Access, ICT Proficiency Assessment P-Ken tingkat 2 yang artinya mengerti IT cukup tinggi dan bisa menyelesaikan masalah bisnis, dan IT Passport yang merupakan sertifikat dari negera untuk soal data processing dengan menggunakan MySQL atau Visual Basic. Ayane juga sering menggambar menggunakan komputer.

celebrity-sunday-ayane-sakura-2

Untuk gambar, Ayane memang hanya sekedar hobi saja. Tetapi kemampuan gambarnya bisa dibilang setara dengan berbagai illustrator ternama. Bahkan dia pernah membuat gambar untuk booklet dari anime Yumekui Merry, menggambar cover dari doujin CD, hingga memiliki rubik menggambar khusus di majalah Seiyuu Grand Prix.

celebrity-sunday-ayane-sakura-3

Nama Ayane baru mulai naik daun setelah serial anime Yumekui Merry tayang, di mana dia memerankan tokoh utama dari serial anime tersebut. Di serial itu, dia juga menyanyikan lagu ending-nya. Ayane juga mendapatkan nama panggilan Ayaneru dari serial anime ini. Seiyuu Nobuhiko Okamoto yang ikut mengisi suara di serial tersebut mengatakan bahwa “Ayane selalu tidur pada di hari libur.” Bahasa Jepangnya tidur adalah neru, karena namanya digabungkan menjadi Ayaneru.

Ayane tergabung dengan I’m Enterprise yang terkenal di dunia penggemar seiyuu yang memiliki talenta-talenta yang “cukup rusak.” Rusak di sini maksudnya sering bercanda yang cukup berlebihan pada saat di acara radio datau event khusus. Salah satu contoh jelasnya adalah di acara radio “Yahagi & Sakura no Chotto Ojikan Yoroshii desuka.” Dalam acara ini, Ayane ditemani oleh seniornya bernama Sayuri Yahagi yang sering mem-bully Ayane dan menjadi bahan candaan.

Beberapa peran yang dibintangi oleh Ayane Sakura baru-baru ini adalah Ochako dari Boku no Hero Academia, Iroha dari Oregairu, Queen Medb dari Fate/Grand Order, dan masih banyak lainnya.