‘Blue Reflection’ Detilkan Sistem Overdrive & Cuaca

January 31, 2017 09:45
‘Blue Reflection’ Detilkan Sistem Overdrive & Cuaca

Gust telah mengungkapkan informasi terbaru dari “Blue Reflection: Maboroshi ni Mau Shoujo no Ken.” Informasi yang dirilis kali ini adalah tentang sistem Overdrive yang digunakan pada saat bertarung, adanya perubahan cuaca, dan masih banyak lainnya.

Sistem

Overdrive

Dalam Blue Reflection, MP dan Ether adalah bagian penting pada saat bertarung. MP diperlukan untuk menggunakan Skill, sedangkan Ether diperlukan untuk melakukan Guard, Recovery (untuk memulihkan MP), dan Reflect (untuk menangkis serangan Pure Breed). Ether juga perlu digunakan untuk mengaktifkan Overdrive. Ini adalah teknik untuk mengeluarkan beberapa Skill sekaligus dalam 1 turn.

Ether diperlukan untuk mengaktifkan Overdrive. Pertama-tama, kumpulkan Ether melalui opsi Ether Charge. Pada saat melakukan Ether Charge, MP karakter yang memilih opsi tersebut juga akan dipulihkan.

blue-reflection-overdrive-2

Setelah Ether yang terkumpul cukup, kalian bisa memilih opsi Overdrive. Ketika memilihnya, kalian akan menentukan berapa Skill yang akan digunakan. Semakin banyak Skill yang digunakan, semakin banyak Ether yang diperlukan.

blue-reflection-overdrive-3

Setelah menentukan jumlah Overdrive, kalian bisa menentukan Skill yang akan digunakan. Menggunakan Skill pasti akan selalu memakan MP, jadi sebaiknya kalian memulihkan MP melalui Ether Charge dan melakukan Recovery melalui QTE sebelum giliran karakter untuk memulihkan MP.

Keuntungan dari Overdrive adalah semakin banyak jumlah yang digunakan, maka kekuatan Skill akan semakin kuat. Kalian juga bisa terus-terusan menggunakan Overdrive dengan jumlah Skill yang sedikit agar penggunaan Ether sedikit, atau juga bisa menyimpan Ether agar bisa menggunakan Skill sebanyak mungkin.

Dengan Overdrive, kalian bisa memilih seluruh tipe Skill, mulai dari untuk menyerang atau bertahan. Beberapa di antaranya bahkan ada yang bisa memundurkan giliran musuh. Tetapi apabila MP kalian kurang, beberapa Skill tidak akan bisa dipilih.

blue-reflection-overdrive-4

Skill yang kalian gunakan dalam Overdrive berbeda dengan jumlah Skill yang digunakan. Kekuatannya akan meningkat seiring jumlah Skill yang digunakan semakin banyak. Tentukan Skill apa yang akan digunakan dan berapa banyak yang digunakan sesuai dengan sisa HP dan giliran musuh.

blue-reflection-overdrive-5

Cooperative Techniques

Ada batasan untuk jumlah Skill yang bisa kalian gunakan dalam 1 Overdrive. Jika kalian berhasil melakukan Overdrive hingga batasnya, kalian akan bisa mengaktifkan serangan kombinasi antar 3 Reflector. Dengan memenuhi beberapa syarat dan melakukan Overdrive hingga batas akhir, serangan kombinasi dengan kekuatan besar bisa diaktifkan.

blue-reflection-overdrive-6

Live Tweet

Pada saat bertarung melawan Pure Breed di dunia nyata, teman-teman kalian bisa memberi saran atau menjelaskan situasi pertarungan melalui live tweet. Dengan ini, kalian tidak akan melewatkan kesempatan untuk melakukan Overdrive atau memulihkan diri.

blue-reflection-overdrive-7Sekarang adalah kesempatan untuk menggunakan Overdrive!

Perubahan Cuaca

Dalam Blue Reflection, cuaca akan bisa berubah ketika kalian memainkan cerita utamanya. Kalian bisa melanjutkan cerita utama dengan menyelesaikan misi, dan biasanya kalian bisa menerima misi pada saat waktu bebas setelah pulang sekolah.

blue-reflection-overdrive-8

Dengan menyelesaikan misi setelah pulang sekolah, kalian akan bisa memperdalam hubungan dengan murid lain. Kalian juga bisa menikmati suasan hujan yang bergantung pada progress ceritanya.

blue-reflection-overdrive-9

Di hari hujan, kalian bisa pergi ke luar ruangan dan seragam Hinako akan jadi basah. Tentunya hal ini membuat seragamnya jadi tembus pandang.

Dunia Lain & Item

Tergantung dari misi yang kalian terima dan progress cerita utamanya, kalian juga bisa mengunjungi dunia lain pada saat waktu pulang sekolah. Pergi ke dunia lain adalah kesempatan kalian untuk mengumpulkan item yang tidak ada di dunia nyata. Jelajahi seluruh sudut untuk mendapatkan berbagai item.

blue-reflection-overdrive-10

Beberapa item yang kalian dapatkan tidak bisa langsung digunakan. Item tersebut lebih seperti bahan yang bisa digabungkan dengan item lain untuk membuat item baru.

blue-reflection-overdrive-11

Ada banyak macam item yang bisa kalian buat dan kalian bisa membuat lebih banyak lagi apabila ceritanya sudah berjalan lebih jauh. Ada juga item yang bisa kalian buat berguna untuk di field atau pertarungan, contohnya meningkatkan kekuatan di dunia lain.

blue-reflection-overdrive-12

Kalian hanya bisa membuat item di dunia lain. Jangan lupa untuk selalu memeriksa item apa yang bisa dibuat setiap kali mendapatkan item baru.

Hubungan dengan Teman Kalian

Selain mengerjakan misi dan menjelajahi dunia lain, kalian juga bisa menghabiskan waktu pulang sekolah dengan memperdalam relasi dengan teman kalian. Masalah yang dialami mereka mungkin berhubungan dengan misi yang berhubungan dengan cerita utamanya.

blue-reflection-overdrive-13

Setelah menyelesaikan aktivitas seperti misi dan menjelajahi dunia lain, episode atau adegan spesial bisa terjadi dengan murid yang tingkat interaksinya sudah mencukupi. Semakin dekat dengan murid lain, semakin banyak bantuan yang mereka bisa berikan ketika bertarung.

Frispe!

Frispe! adalah aplikasi yang terdapat di smartphone milik Hinako dan berfungsi sebagai alat penting untuk berkomunikasi dengan murid lain.

blue-reflection-overdrive-14

Melalui Table Chat, kalian bisa memperdalam relasi dengan cara mengirim pesan. Seiring kalian bermain game-nya, group chat bisa dibentuk dan mungkin kalian bisa melihat kombinasi anggota yang unik.

Rileks

blue-reflection-overdrive-15

Setelah menyelesaikan kegiatan pulang sekolah dan pulang, adegan rileks mungkin bisa terjadi. Ada banyak variasinya seperti Hinako yang sedang mandi atau bersantai di kamarnya, tetapi juga ada yang adegan yang dilengkapi dengan opsi. Kemampuan Hinako bisa bertambah melalui adegan ini.

blue-reflection-overdrive-16

Blue Reflection akan rilis di Jepang pada tanggal 30 Maret untuk PlayStation 4 dan PlayStation Vita. Koei Tecmo masih belum mengumumkan versi Inggrisnya.

Sumber: Gematsu