Hajime Tabata Ingin Bawa ‘Final Fantasy XV’ ke PC, Terungkap Juga Info Game Lainnya

February 2, 2017 4:04 pm
Hajime Tabata Ingin Bawa ‘Final Fantasy XV’ ke PC, Terungkap Juga Info Game Lainnya

Tepat setelah acara upacara pembukaan dari perayaan ulang tahun ke-30 seri Final Fantasy, majalah Weekly Famitsu edisi terbaru melakukan wawancara dengan berbagai staff Square Enix yang mengungkapkan informasi terbaru mengenai seri tersebut. Terungkap juga informasi mengenai Final Fantasy XV dan juga Final Fantasy VII Remake.

Final Fantasy XV

final-fantasy-30-tahun-wawancara-ffxv

Famitsu melakukan wawancara dengan Hajime Tabata yang merupakan sutradara dari Final Fantasy XV. Berikut adalah rangkumannya.

Bagaimana rasio penjualan versi disc dan digital dari Final Fantasy XV?

Tabata: “Berdasarkan rata-rata di perusahaan, ada banyak penjualan versi digital. Kami melihat angka yang bagus tidak hanya di Jepang saja, tetapi juga di Amerika dan Eropa, jadi kami senang atas hal ini.”

Feedback seperti apa yang anda dapatkan dari pemain di luar negeri, melihat mereka sudah terbiasa dengan game open world?

Tabata: “Sebagai game generasi terkini, sudah ada banyak feedback yang memuaskan. Kami melihat feedback yang menarik seperti, ‘Ini adalah game penting sebagai langkah besar Final Fantasy menuju stage berikutnya.’ Tetapi pemain yang mementingkan cerita memiliki opini yang sama dengan pemain di Jepang (tingkat kepuasan mereka rendah).”

Apakah ada bagian ceritanya yang harus dipotong?

Tabata: “Tidak ada”

Ketika kalian meng-update Chapter 13, apakah ada sistem untuk pemain yang sudah menamatkan game-nya untuk memainkannya lagi?

Tabata: “Saya sedang memikirkannya.”

Bagaimana dengan konten VR?

Tabata: “Proses pengerjaan berjalan lancar, tetapi kami belum menyapai titik untuk bisa mengumumkan kapan rilisnya.”

Loading  fast-travel lama…

Tabata: “Sejujurnya ini adalah hal yang sulit karena ada banyak informasi yang di-load. Tetapi kami sedang memikirkan berbagai ide.”

Apa ada info update dan DLC diluar apa yang sudah diumumkan?

Tabata: “Meski tidak ada rencana, saya ada satu ambisi yaitu bisa mengelilingi dunianya dengan bebas menggunakan mobil. Tetapi untuk menyatakan hal ini dalam kondisi saat ini berarti harus menghadapi tantangan yang besar dan juga prosedur debugging yang sangat sulit, prospek implementasinya hampir tidak mungkin.”

Ada video yang memperlihatkan area yang tidak bisa dijelajahi dalam game-nya. Apakah jumlah areanya akan ditambahkan?

Tabata: “Video-video itu menggunakan glitch. Ada peta besar yang digunakan untuk rute kereta pada paruh kedua game-nya. Karena area ini tidak seluruhnya dibuat, membukanya sebagai area yang bisa dijelajahi dengan bebas adalah hal yang sulit.”

“Kami mungkin bisa membuat ulang area yang bisa dimainkan pada expansion berikutnya, tetapi akan memakan waktu setahun jadi tidak ada dalam rencana kami. Kalau misalnya kami menyiapkan area baru, kemungkinan besar adalah Insomnia. Tetapi itu juga perlu waktu setahun untuk mengerjakannya.”

Mengenai rilis di platform lainnya…

Tabata: “Saya ingin merilis game-nya ke PC sebagai percobaan teknis. Saya ingin memperlihatkan game ini kepada pemilik PC dengan mesin yang high-end, dan kami juga ingin melihatnya sendiri. Selain itu, saya ingin mencoba membuat untuk PC demi menghadirkan cara bermain unik yang hanya ada di PC seperti membuat quest sendiri dan menikmati dunianya dengan menggunakan mod.”

Final Fantasy VII Remake

final-fantasy-30-tahun-wawancara-ffviir

Famitsu juga melakukan wawancara Yoshinori Kitase selaku produser Final Fantasy VII Remake untuk membahas tentang game tersebut.

Bagaimana progress Final Fantasy VII Remake?

Kitase: “Kami masih memoles adegan yang kami perlihatkan di trailer. Tingkat kualitas yang harus kami capai sudah mulai terlihat, tetapi masih banyak yang harus dikerjakan mulai dari sini.”

Jika game-nya menjadi seri dan proses pengerjaan memakan waktu lama, apakah kalian akan menjaga kualitas game pertamanya secara keseluruhan?

Kitase: “Saya rasa ini adalah tanggung jawab saya untuk menentukan tingkat kualitas dan menjaganya hingga bagian akhir selama proses pembuatan episodenya. Tentunya, seiring episodenya berjalan, kualitasnya harus dipertahankan.”

Apa yang akan kalian lakukan untuk mengisi kekosongan antar episode?

Kitase: “Game akan dibagi secara lateral untuk sebuah kompilasi. Masih belum ada rencana yang konkrit, tetapi karena kami tidak mungkin merilis episodenya dalam jangka beberapa bulan, saya ingin memikirkan cara mempertahankan minat di antara rilisnya.”

Apakah kalian akan membuat film dengan menggunakan model dari Final Fantasy VII Remake?

Kitase: “Saya merasa ingin melakukan berbagai hal. (Tertawa)”

Apakah mungkin ada konten seperti DLC untuk Final Fantasy XV dan konten smartphone?

Kitase: “Saya ingin menggunakan [Final Fantasy XV] sebagai referensi. Meski saya ingin melakukan berbagai hal seperti livestream untuk berinteraksi dengan pemain, dengan sistem episode ini saya rasa kami akan menggunakan seluruh energi untuk mencapai akhir game orisinalnya. Jadi saya tidak tahu apakah akan bisa melakukan sesuatu antar episode dan judul lainnya.”

Mengenai pertarungan….

Kitase: “Kami sudah memperkuat basis [sistem pertarunganya]. Tetsuya Nomura dan Mitsunori Takahashi yang mengerjakan Kingdom Hearts dan Dissidia Duodecim Final Fantasy juga bekerja keras.”

Mengenai Materia dan sistem lainnya…

Kitase: “Ada banyak hal yang tidak bisa saya katakan, tetapi kami tidak akan menghilangkan hal yang populer di Final Fantasy VII.”

Sutradara Tetsuya Nomura mengatakan bahwa dia ingin memperlihatkan progress dari Final Fantasy VII Remake pada tahun ini….

Kitase: “Saya harap itu bisa terjadi, tetapi masih belum ditentukan. Tetapi ketika kami memperlihatkannya, saya ingin lebih baik dari trailer, seperti event untuk orang bisa mencobanya.”

Tolong remake Final Fantasy VI!

Kitase: “Saat ini, kami sedang mengerjakan Final Fantasy VII… Staff di dalam perusahaan juga mengatakan hal yang sama [ingin remake dari Final Fantasy VI], tetapi selalu ditunda.”

Seri Final Fantasy

final-fantasy-30-tahun-wawancara

Famitsu juga melakukan wawancara dengan Shinji Hashimoto yang merupakan series brand manager dari seri Final Fantasy.

Informasi baru dari game yang sudah diumumkan adalah fokus utama dari Final Fantasy 30th Anniversary Opening Ceremony, tetapi apakah ada rencana untuk game baru ke depannya?

Hashimoto: “Tentu ada game baru yang sedang dikerjakan. Acara ini adalah upacara untuk membuka perayaan ulang tahun ke-30, dengan kata lain ‘upacara pembukaan.” Kami meyiapkan berbaegai proyek mulai dari sini. Kami menyiapkan beberapa pengumuman, dan tidak terbatas untuk game konsol saja.”

Tahun ini adalah perayaan ulang tahun ke-20 dari Final Fantasy VII, tetapi…

Hashimoto: “Tentunya pasti akan ada berita. Pada dasarnya, saya masih belum bisa bilang apa-apa, tetapi mungkin ada sesuatu dari Kitase.”

Final Fantasy XV sudah rilis untuk PlayStation 4 dan Xbox One. Final Fantasy VII Remake akan rilis untuk PlayStation 4, tetapi belum ditentukan kapan.

Sumber: Gematsu (1, 2, 3)