Layanan Online Nintendo Switch Sekitar 350.000 Rupiah/Tahun, Ada 100 Game yang Tengah Disiapkan

February 2, 2017 7:10 pm
Layanan Online Nintendo Switch Sekitar 350.000 Rupiah/Tahun, Ada 100 Game yang Tengah Disiapkan

Sedikit detil tentang layanan online untuk Nintendo Switch telah terungkap. Dalam wawancara bersama Nikkei, president Nintendo Tatsumi Kimishima mengungkapkan perkiraan harga layanan online. Selain itu, dalam rapat laporan finansial, Kimishima juga mengungkapkan bahwa 3DS akan masih berjalan, tidak digantikan oleh Switch, dan ada banyak game Switch yang tengah dikerjakan.

Kimishima mengatakan bahwa harga layanan online untuk Nintendo Switch berkisar sekitar 2.000 Yen (sekitar 238 ribu Rupiah) hingga 3.000 Yen (357 ribu Rupiah). Kalian harus berlangganan untuk bisa mengakses permainan online, membuat lobby dan voice chat, download game gratis setiap bulan, dan penawaran eksklusif. Tetapi ada juga layanan gratis seperti Nintendo eShop, mengatur teman, berbagi screenshot, dan lainnya. Layanan online-nya bisa dicoba secara gratis hingga pada musim gugur, tetapi setelah itu harus berbayar setiap tahunnya.

Jika dibandingkan dengan harga layanan PlayStation Plus di Indonesia, harganya tidak terlalu berbeda yaitu 350.000 Rupiah. Tetapi jika dibandingkan dengan layanan PlayStation Plus di Amerika dan Xbox Live, harganya jauh lebih murah. Kedua layanan tersebut harganya 60 Dolar (sekitar 802 ribu Rupiah). Kimishima mengatakan bahwa biaya tahunan ini akan memudahkan Nintendo untuk layanan online seperti multiplayer dan download game klasik.

Kimishima memperkirakan bahwa penjualan Switch akan setara dengan Wii. Pernyataan ini cukup ambisius karena penjualan Wii mencapai 101 juta unit. Dia juga menekankan bahwa bisnis 3DS dan Switch akan berjalan secara paralel. Dia juga mengatakan bahwa hasil tahun fiskal lalu adalah tahun “bawah” untuk Nintendo. Dia mengatakan bahwa performa finansial akan meningkat mulai sekarang. Sedangkan untuk soal bisnis baru, Kimishima belum bisa memastikan kapan film yang berdasarkan karakter Nintendo akan rilis. Terakhir, Kimishima akan menentukan apa yang akan dilakukan terhadap rencana bisnis “quality of life” pada pertengahan 2017.

Dalam wawancara yang sama, Kimishima mengatakan juga bahwa Nintendo sedang mempelajari virtual reality dan akan menambahkannya ke Switch setelah Nintendo memahami cara agar pemain bisa bermain berjam-jam tanpa masalah.

Sedangkan dalam rapat laporan finansial, Kimishima memastikan bahwa umur 3DS akan masih panjang. Selain game-game besar yang sudah diumumkan seperti Fire Emblem Echoes, Poochy & Yoshi’s Wolly World, dan lainnya. Nintendo masih menyiapkan banyak game 3DS yang belum diumumkan. Selain itu, ada juga game third party yang besar seperti Monster Hunter XX dan Dragon Quest XI.

Kimishima juga membahas soal launch lineup yang kurang memuaskan bagi beberapa orang. Dia menjelaskan bahwa mereka sengaja membagi jadwal rilisnya di 2017 agar ada game yang rilis terus, tidak ada jadwal kosong yang berjangka panjang. Ini untuk memastikan konsolnya aktif dimainkan dan menjaga hype agar penjualan Switch meningkat.

Karena itu, Mario Kart 8 Deluxe dan ARMS akan rilis pada 2017, dan Splatoon 2 akan rilis pada musim panas 2017. Dalam presentasi perkenalan Switch, Nintendo mengatakan bahwa ada lebih dari 80 game yang tengah disiapkan oleh lebih dari 50 publisher untuk Switch. Sekarang, jumlahnya bertambah menjadi lebih dari 100 game yang disiapkan oleh lebih dari 70 publisher.

Terakhir, Nintendo menayangkan iklan baru untuk Nintendo Switch dalam Superbowl di Amerika. Superbowl adalah liga American Football terbesar di Amerika dan biasanya perusahaan-perusaahan yang memasang iklan di liga tersebut adalah perusahaan besar yang ingin produknya sukses karena liga tersebut ditonton oleh semua orang dan biaya pemasang iklannya sanga mahal. Di saat yang bersamaan, Nintendo cabang Inggris juga merilis iklan baru yang suasananya mirip dengan iklan Superbowl.

Nintendo Switch akan rilis di seluruh dunia pada tanggal 3 Maret 2017.

Sumber: Gematsu (1, 2), Dr. Serkan Toto (1, 2)