[Celebrity Sunday] Tetsuya Nomura

February 5, 2017 4:30 pm
[Celebrity Sunday] Tetsuya Nomura

Siapa sih penggemar RPG yang tidak kenal dengan nama Tetsuya Nomura. Developer asal Square Enix ini awalnya adalah desainer karakter, tetapi sekarang kerjaannya sudah berbagai macam, termasuk menjadi sutradara. Celebrity Sunday kali ini akan membahas tentang developer ini dalam rangka ulang tahun Final Fantasy VII ke-20 dan juga sambil menunggu info baru dari Kingdom Hearts III.

Nomura lahir pada tahun 1970 di prefektur Kochi. Setelah lulus SMA, Nomura pindah ke Tokyo untuk masuk sekolah kejuruan yang berfokus pada desain. Dia mengambil jurusan desain untuk periklanan. Setelah lulus, dia bergabung dengan Squaresoft (sebelum bergabung dengan Enix). Kerjaan pertamanya menjadi debugger untuk Final Fantasy IV. Tetapi pekerjaannya mulai berubah pada saat pengerjaan Final Fantasy VI. Pada saat rapat tentang membahas game tersebut, Hironobu Sakaguchi yang merupakan sutradaranya melihat gambar Nomura dan dia ditunjuk untuk membuat desain deformed dari karakter-karakternya.

celebrity-sunday-tetsuya-nomura-6

Sejak saat itu, karirnya pun terus meningkat. Dia membuat desain karakter untuk Final Fantasy VII dan juga ikut memikirkan untuk cerita dan sistem pertarungannya. Nomura pertama kali menjadi sutradara untuk Kingdom Hearts, game yang mempertemukan karakter-karakter Final Fantasy dan Disney. Kolaborasi ini bisa terwujudkan karena kantor Square dan Disney dulunya berada di gedung yang sama dan Nomura tidak sengaja bertemu dengan staff Disney di lift.

celebrity-sunday-tetsuya-nomura-3

Nomura sedikit berbeda dengan developer pada umumnya karena waktu kecil dia tidak sering bermain Famicom (NES) di rumahnya. Dia lebih sering membuat board game (sugoroku). Dia juga lebih sering bermain sendirian. Karena itu, dia biasanya bermain dengan cara menggambar di buku sketsa. Setelah itu, dia pun tetap suka menggambar.

celebrity-sunday-tetsuya-nomura-5

Pada saat SMA, dia pun masih rajin menggambar. Dan pada saat kelas menggambar, guru seninya memperlihatkan gambar Yoshitaka Amano, yang terkenal membuat desain karakter untuk seri Final Fantasy. Terkesima, gambar tersebut pun mempengaruhi gaya gambar Nomura. Pada saat mencari pekerjaan, dia melihat iklan Square yang dilengkapi dengan gambar Amano. Merasa ini takdir, Nomura pun bergabung dengan Square.

celebrity-sunday-tetsuya-nomura-4

Ciri khas desain armor dan pakaian yang didesain Nomura adalah seperti rock star. Pada pertengahan tahun 90-an, Nomura sangat menyukai aksesoris perak. Hal ini sampai mempengaruhi desain karakter di game-nya yang pakaiannya penuh dengan sabuk dan resleting. Untungnya akhir-akhir ini Nomura sudah mulai membuat desain yang mainstream, contohnya bisa kalian lihat dalam Final Fantasy XV.

celebrity-sunday-tetsuya-nomura-7

Di luar membuat desain dan ilustrasi untuk game-game Square Enix, Nomura juga aktif berkolaborasi dalam berbagai hal. Dia pernah menggambar Hatsune Miku, membuat Batman dengan desain khas dirinya, membuat armor untuk Monster Hunter, dan masih banyak lainnya.

celebrity-sunday-tetsuya-nomura-2

Dulunya Nomura adalah perokok berat, tetapi akhir-akhir ini sudah bisa dikurangi. Dia juga sangat menyukai minuman cola. Untuk makanan, dia paling suka nasi, sedangkan makanan yang paling dibencinya adalah jamur shiitake dan daging. Nomura menjelaskan bahwa dia tidak suka daging bukan karena vegetarian. Dia sejak kecil selalu makan ikan dan jadinya tidak suka daging.