[JOI Music] negoto

February 9, 2017 5:32 pm
[JOI Music] negoto

Setiap hari Kamis Jurnal Otaku akan memberikan rekomendasi musik dan membahas artis Jepang yang bisa kamu cicip dalam segmen JOI Music. Artis tersebut bisa terdengar baru di telinga kamu atau bahkan kamu sudah pernah mendengarnya dan mendapat featured di sini. Untuk edisi ke-63 tepatnya di minggu kedua Februari 2017, JOI Music akan menampilkan kuartet alternative rock/new wave yang isinya perempuan semua dan terkenal berkat menyanyikan lagu tema anime seperti Gintama, Gundam AGE dan Galilei Donna. Mereka adalah negoto.

Siapa negoto?

negoto joi 5

negoto merupakan grup alternative rock/new wave yang berasal dari perfektur Chiba. Mereka terdiri dari Sachiko Aoyama (vocal, keyboard), Mizuki Masuda (gitar), Yuu Fujisaki (bass), dan Sayako Samura (drum). Mereka memilih nama negoto yang dalam bahasa Indonesia berbicara dalam tidur karena gampang diingat dan berharap bahwa lagu mereka akan terus diingat sampai ke dalam mimpi.

Awalnya negoto hanya terdiri dari Aoyama, Masuda, dan Sawamura. Masuda berada di sekolah yang berbeda dari Aoyama dan Sawamura sehingga untuk bertemu dan latihan bareng ia harus meminjam baju seragam SMA dari adik temannya. Pada Agustus 2007 Masuda memilih keluar dari band dengan alasan perbedaan dalam bermusik dan grup tersebut memilih untuk bubar.

Sebuah pesan dari Masuda kepada Aoyama dan Sawamura pada Oktober 2007 menjadi momen reuni bermusik untuk ketiga orang tersebut dan mereka mengajak seorang teman masa kecil dari Masuda bernama Fujisaki untuk menjadi personil grup tersebut. Ketika mereka memilih nama untuk grup, mereka sepakat untuk membentuk nama mereka dari tiga karakter hiragana agar gampang diingat orang dan lahirlah nama negoto (ねごと).

Pada musim semi 2008 mereka mengirimkan tiga lagu untuk festival band amatir yang diadakan oleh program radio alternative rock legendaris milik TOKYO FM “SCHOOL OF LOCK!” yang bekerjasama dengan Sony Music dan au bernama “Senko Riot”. Mereka mengikuti festival tersebut dengan pemikiran “iseng-iseng berhadiah” dan tidak disangka negoto lolos ke babak puncak dan menjadi pilihan terbaik juri pada lomba tersebut. Mereka ikut ke dalam kompilasi “Senko Riot 2008” yang didistribusikan ke seluruh Jepang dan membuat nama negoto terkenal di kalangan pecinta alternative Jepang.

negoto joi 4

Pada Februari – Agustus 2010 tur dengan dana mereka sendiri bernama “Oropokhaen Fes?!” laku keras padahal mereka belum mempunyai label dan album. Akhirnya pihak Sony Music menampung negoto dan dimasukkan ke sub-label Ki/oon Music yang pernah mengorbitkan Laruku, Chatmonchy, Asian Kung-Fu Generation, Supercar, Denki Groove, Chara, sid, dan Unicorn.

Negoto merilis mini album pertama mereka Hello! “Z” pada 29 September 2010 dan merilis single perdana berjudul “Charon” pada 2 Maret 2011 yang langsung masuk ke posisi 11 di Oricon Single Chart. Negoto merilis album pertama mereka berjudul ex Negoto pada 13 Juli 2011 dan masuk ke posisi 10 besar di Jepang di posisi keenam dan bertahan selama sembilan minggu di Oricon Album Chart.

Ex Negoto sendiri menampilkan Negoto dengan sound yang mencampurkan alternative rock dan synthpop. Nama mereka dikenal di kalangan penggemar anime terutama Gundam karena mengisi lagu pembuka kedua dari Gundam AGE dengan “sharp #”. Lagu power pop ini berhasil masuk ke posisi 10 di Oricon Single Chart dan menjadi lagu pembuka Gundam AGE terbaik setelah Galileo Galilei dengan “Asu e”. Sebelum merilis single “Lightdentity/Re:myend!” mereka diundang ke Korea Selatan untuk menghadiri festival rock terbesar di sana bernama JISAN VALLET ROCK FESTIVAL 2012 pada 27 Agustus 2012.

negoto joi 3

Pada 6 Februari 2013 mereka merilis album kedua mereka berjudul 5 (dibaca five) yang lebih kencang dari album sebelumnya dan menampilkan enam lagu yang sudah dirilis sebelumnya seperti “sharp #”, “Lightdentity”, “Re:myend”, “greatwall”, “tashikana uta”, dan “nameless”. Album ini masuk ke posisi 14 di Oricon Album Chart. Setelah merilis 5 negoto mengisi lagu tema untuk anime berjudul Galilei Donna yang tayang di program anime Fuji TV Noitamina dengan lagu “Synchromanica” yang dirilis pada 13 November 2013 dan merilis mini album kedua mereka “Z”OOM empat bulan setelahnya.

Mereka merilis album penuh ketiga mereka VISION pada 4 Maret 2015 dan meraih posisi 28 di Oricon Album Chart. Pada album ketiganya mereka bereksplorasi dengan sound yang lebih deep dan dreamy. VISION meghadirkan lagu yang sudah mereka rilis sebagai single dan ada di mini album “Z”OOM” seperti “Tasogare no Rhapsody”, “Synchromanica”, “Mayonaka no Anthem”, dan “Ammonite!”.

negoto joi 2

Negoto dipilih untuk menyanyikan soundtrack Gintama melalui lagu “Destiny” dan dirilis pada 3 Juni 2015. Selang satu setengah tahun dari perilisan “Destiny” mereka merilis EP berjudul Asymmetry yang berisi empat lagu. Lagu “Asymmetry” diproduseri dan di-mixing oleh personil Boom Boom Satellites merangkap sound engineer handal bernama Masayuki Nakano.

Pada 1 Februari 2017 mereka merilis album keempat mereka yang berjudul ETERNALBEAT yang penuh dengan music electronic seperti synthpop, indietronica, dubstep, EDM, electrorock, electroclash dan masih banyak lagi. ETERNALBEAT masuk ke posisi 23 di Oricon Album Chart dan berhasil terjual sebanyak 2 ribu kopi di minggu pertamanya.

Apa yang membuat mereka menarik?

negoto joi 6

Selain personilnya cakep-cakep dan segar di mata, musik mereka juga tidak kalah segar di telinga. negoto menggabungkan unsur musik dengan gitar seperti alternative rock, pop rock, indie rock, indie pop, dance-punk dengan sentuhan musik elektronik seperti synthpop, EDM, new wave, electropop, dan electroclash. Terkadang mereka juga memainkan musik yang deep seperti pada lagu “Tremolo” dalam album “5”.

negoto juga pintar mengatur mood lagu mulai dari yang cepat hingga yang mellow dan menentramkan hati. Kecintaan mereka akan instrument dan musik elektronik membuat negoto tidak terjebak ke dalam satu genre musik dan bisa menampilkan hibrida di setiap karyanya. Vokal empuk dan imut dari vokalis Sachiko Aoyama juga menambah keunikan negoto apalagi dia mempunyai muka yang cantik serta jago bermain piano.

Lagu mana aja yang direkomendasikan?

Jika kamu pertama kali menyentuh negoto ada baiknya kamu mendengar track di album perdana mereka ex Negoto yaitu “Charon”, “Tanabata”, dan “Mercirou” untuk mengetahui pencampuran musik dari negoto.

Kamu juga bisa mengeksplor sisi keras mereka dalam memainkan alternative rock di beberapa lagu seperti “Toremolo”, “greatwall”, “Sharp”, “Re:myend”, “Nameless” dalam album kedua mereka 5.

Pada album VISION kamu bisa mengeksplor sisi electro-rock mereka yang santai pada “Endless”, dan “Synchromanica”.

Jika kamu mencari sesuatu yang upbeat tapi ingin tetap terdengar kekinian dengan bumbu-bumbu EDM maka kamu harus mencoba salah satu lagu terbaik mereka yaitu “Asymmetry” serta “Destiny”.

Diskografi Negoto

Single (label, tanggal rilis, peringkat di Oricon)

  1. Charon (Ki/oon, 2 Maret 2011, 11)
  2. Sharp # (Ki/oon, 4 April 2012, 10)
  3. Lightdentity/Re:myend! (Ki/oon, 8 Agustus 2012, 35)
  4. Nameless (Ki/oon, 7 November 2012, 42)
  5. Greatwall (Ki/oon, 5 Desember 2012, 38)
  6. Tashikana Uta (Ki/oon, 23 Januari 2013, 41)
  7. Synchromanica (Ki/oon, 13 November 2013, 30)
  8. Ammonite!/Tasogare no Rhapsody (Ki/oon, 24 September 2014, 38)
  9. Destiny (Ki/oon, 3 Juni 2015, 24)

EP

  1. Mercirou EP (Ki/oon, 22 Juni 2011, 16)
  2. Asymmetry EP (Ki/oon, 9 November 2016, 40)

Album

  1. Ex Negoto (Ki/oon, 13 Juli 2011, 6)
  2. 5 (Ki/oon, 6 Februari 2013, 14)
  3. VISION (Ki/oon, 4 Maret 2015, 28)
  4. ETERNALBEAT (Ki/oon, 1 Februari 2017, 23)

Mini Album

  1. Hello! “Z” (Ki/oon, 29 September 2010, 23)
  2. “Z”OOM (Ki/oon, 12 Maret 2014, 28)

Cek negoto di

Website

Instagram

Facebook

Twitter

JOI Music diasuh oleh ikarifseiei dan terbit tiap kamis. Selain menulis untuk Jurnal Otaku di bagian musik, ikarifseiei juga seorang blogger yang kerjaannya mengulas anime, music dan terkadang movie di RE:PSYCHO. Ia dipilih sebagai Duta Musik Jepang di Indonesia oleh Recording Industry Association of Japan (RIAJ) berkat terus memberikan rekomendasi musik Jepang yang enak ke teman-temannya dan ke pendengarnya melalui program radio Zora Japan Beat di Zora Radio Bandung.