[JOI Spotlight] Valentine Day Edition

February 11, 2017 7:52 pm
[JOI Spotlight] Valentine Day Edition

Valentine tinggal dua hari lagi. Pada hari itu berbagai pasangan baik yang hidup di dunia nyata maupun di hati kalian memutuskan untuk ekstra berbaik hati dengan satu sama lain. Untuk kalian yang lebih menghargai kesendirian tentunya masih bisa terhibur berbagai produk “Edisi Spesial” dari seri yang ikut merayakan hari ini. Untuk sekarang, JOI Spotlight yang mulai memasuki pertengahan season ini seperti biasa akan memberi impresi untuk seri yang hadir pada minggu ini.

Tiger Mask 17

[HorribleSubs] Tiger Mask W - 17 [480p].mkv_snapshot_23.21_[2017.02.05_15.36.33]
Kaptain

Filler yang lebih mendingan. Feud kali ini diakibatkan oleh perebutan kue dan manisan, par for the course untuk ukuran feud gulat. Togi Makabe hadir sebagai seiyuu dirinya sendiri. Bullet Club yang saya baru nyadar sekarang ada di NJPW juga hadir walaupun hanya untuk jobbing saja.

Yang jelas saya lebih hype dengan preview-nya. This is the Diva match that i’m interested in.

Gundam Iron Blooded Orphans 42

joispibo42

Kaptain

Bye Jasley. Dengan ini Tekkadan bisa fokus sepenuhnya dengan Arianhood. Berhubung kita sudah mendekati arc terakhir dan kuota kejahatan perang khas Gundam masih belum melibatkan pembantaian besar ke planet ataupun koloni, saya memprediksi eskalasi besar-besaran pada episode berikutnya.

Julietta sendiri berpotensi menjadi monster seperti Ein di akhir cerita nanti, by the way mbak mekanik, situ ngapain ngerokemendasiin kejahatan perang ke Ace Pilot? Hal kayak gini harusnya sudah jadi jatah pimpinan faksi yang mulai desperate.

bukan_randy

Saya sempat berpikir kalau buildup heel heat Iok di beberapa episode sebelumnya bisa antara dijadikan bumbu pemuas ketika nanti akhirnya dia mati, atau bakal dijadiin alat bantu untuk menyampaikan pesan kalau balas dendam itu bukanlah hal yang baik dan malah hampa. Dan melihat bagaimana episode ini berjalan, saya rasa hal kedua lah tujuan yang ingin dicapai oleh Mari Okada. Jadi saya rasa siap-siap saja nanti Iok malah tidak mati atau matinya anti-klimatik.

Di sisi lain, saya juga mengakui sih salah satu kelemahan IBO itu adalah pihak-pihak faksi selain Tekkadan dan Gjallahorn itu firepower-nya sangat tidak sebanding dengan dua faksi itu, jadinya kalau ada musuh yang ngajak ribut Tekkadan dan pasukan Gundam Tekkadan muncul sih yaaaah siap-siap mati konyol saja huahuahua. Dari seluruh season 2 sejauh ini, satu-satunya pertarungan yang menegangkan dan terasa ada bahayanya cuma di saat melawan Mobile Armor Hashmal di akhir tahun 2016 kemarin.

Entah apakah karena Okada terlalu banyak fokus ke bagian politik/drama dan lupa untuk ngebikin pertarungan yang menarik, atau karena desainernya terlalu banyak fokus di desain grunt unit ketimbang ace/gundam unit.

Oh well, seenggaknya preview episode depan langsung menampilkan banyak hal menarik. Ada battle lagi, Barbatos dan Vidar akhirnya bertarung, dan akhirnya ceritanya mulai masuk ke fase-fase akhir rencana McGillis.

Dan saya juga berharap episode depan ada adegan Orga facepalm lagi.

Sangatsu no Lion 16

3-gatsu no Lion - 16

Kaptain

Shimada yang nampaknya kehilangan beberapa tahun masa hidupnya berhasil memenangkan turnamen kali ini. Namun Rei yang telah berhenti depresi dan mendapatkan beberapa teman baru adalah pemenang sebenarnya dari arc ini. Untuk kalian yang penasaran dengan bebek di adegan terakhir, keep guessing, karena manga-nya sendiri juga nggak ngejelasin.

Hayashida is the best Sensei of the season.

Dragon Ball Super 77

joispdbs77

bukan_randy

OP baru yang lebih bagus, cerita masuk arc utama baru yang kayaknya bakalan menarik lagi, Android #17 nongol lagi, Bezita itu suami teladan, Goku itu bukan, dan ajaibnya, di episode ini gambarnya bagus tanpa ada satupun adegan di mana muka karakternya kayak habis diubah jadi kue sama Buu.

Lucunya di episode ini Goku digambarkan sebagai orang yang “sangat” menyebalkan, dan dari preview-nya nampaknya Goku secara tidak sengaja akan menyebabkan kehancuran suatu universe lain. Goddamnit Goku.

Konosuba 5

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku Wo 2 - 10

Kaptain

Best boy is here. Kayanon masih bersenang-senang di episode ini. Untuk kalian yang masih belum sadar dengan bagaimana BGM digunakan untuk eksekusi komedi anime-nya, seharusnya gag dari episode ini adalah contoh paling jelas dari eksekusinya.

Berhubung saya harus beberapa kali ke teman-teman menjelaskan guna dari stiker segel Kazuma, saya akan membicarakannya juga disini. Segel digunakan agar Vanir tidak membuat badan lagi atau pindah badan karena sudah terjebak di dalam Darkness, hanya saja Vanir ternyata bisa merebut badannya dan segel harus dilepas untuk melepaskan topengnya juga.

Hutang Kazuma sudah lunas dan dia juga sudah bebas dari tuduhan. Hanya saja melihat Eris muncul lagi di episode selanjutnya, dia nampaknya tertimpa bencana lagi.

bukan_randy

Yay, Darkness dapat sorotan lagi. Setelah minggu lalu afeksinya terhadap Kazuma naik, kali ini tingkat efektifitasnya di momen-momen humornya naik.

Di pertengahan season ini (ingat KonoSuba cuma tayang 10 eps) masalah utama Kazuma untuk saat ini sudah kelar. Mari kita liat masalah apa lagi yang bakal ia dan teman-temannya dapat minggu depan.

Little Witch Academia 5

[Asenshi] Little Witch Academia - 05 [6506D1AB].mkv_snapshot_17.25_[2017.02.06_14.59.36]

Kaptain

Episode ini melakukan satu dosa yang paling saya benci dari sebuah cerita, yaitu membuat seseorang menjadi jenius dengan membuat karakter lainnya menjadi bodoh. Staf guru sendiri tidak bisa melakukan apapun, apa nggak bisa nyewa ahli bahasa/pengacara yang bisa baca kontrak yang super vital untuk kelangsungan hidup sekolah?

Namun begitu, saya menyukai image dari naga pialang sahamsaya senang melihat mahluk semacam ini diluar seri seperti Shadowrun.

Onihei 5

Onihei - 05 (Amazon).mkv_snapshot_12.17_[2017.02.11_19.36.52]

Kaptain

And now for something completely different, sebuah gag episode. Tentu saja masih ada kriminal yang dicincang di sini, but it’s a nice albeit unexpected change of pace. Bisa dibilang episode ini terhitung sebagai filler, karena entah Chugou telah belajar dari masalah yang ditimpanya, atau adiksinya malah bertambah parah.

Nobunaga no Shinobi 19

[HorribleSubs] Nobunaga no Shinobi - 19 [480p].mkv_snapshot_02.55_[2017.02.11_19.32.20]

Kaptain

Saya sendiri baru ingat Takenaka Hanbei jarang muncul di seri yang melibatkan Oda Nobunaga karena Hanbei sendiri bekerja dibawah Hideyoshi yang sudah resmi menjadi Samurai. Walaupun judul anime-nya Nobunaga no Shinobi, Chidori kali ini sangat membantu proses pertumbuhan Daimyo yang kelak berhasil menyatukan Jepang.

ACCA 5

ACCA 13-ku Kansatsu-ka - 05

Kaptain

Welp, saya tidak menyangka Nino ketahuan oleh Jean secepat ini. Nino dengan elegan disingkirkan oleh Jean dengan memaksanya untuk kencan dengan adiknya, so that’s nice. Kali ini dua distrik baru dikunjungi, hanya saja saya sama sekali tidak menyangka gimmick dari salah satu distriknya adalah “semua penduduk terlihat persis sama dengan salah satu kandidat final boss seri ini”

Also, Food Porn is back with a vengeance.

Seiren 5-6

[SlightlyFasterSubs] Seiren - 06 [720p h264][AAC].mkv_snapshot_05.43_[2017.02.10_18.13.48]

Kaptain

Sejauh ini lebih mendingan dibandingkan arc Tsuneki. Berbagai delusi aneh-aneh yang ada terkesan lebih “manis” dibandingkan banjir fetish yang lebih sering dideritai pembunuh berantai kemarin. Kamita sendiri tidak menyebalkan dan jauh lebih proaktif sekarang, namun perubahan kepribadiannya lebih menunjukkan bahwa sebagai karakter dia terlalu “kosong”, berbeda dengan Junichi dari Amagami yang memiliki latar belakang yang sangat relevan dengan kepribadiannya di tiap arc.

Tooru adalah tipe heroine yang too good to be true, ibarat dia adalah karakter yang keluar dari waifu-machine setelah preferensi heroine saya dimasukkan. Namun bukannya saya tertarik, saya malah jadi merinding dengan seberapa “bersihnya” kepribadiannya. Masih ada dua episode lagi yang mungkin bisa memberi karakterisasinya bumbu yang lebih pedas, dan melihat judul episod berikutnya, nampaknya hal itu akan segera bisa didapatkan.

Mungkin ini kali pertamanya saya melihat sebuah slice-of-life romance dengan suspense yang sangat tinggi, bukan akibat dari konflik ceritanya namun dari bagaimana eksekusi ending-nya nanti.

Gabriel Dropout 5

joispgd5

bukan_randy
Setelah minggu lalu ga begitu menarik, minggu ini balik jadi lucu lagi dengan penambahan karakter kouhai yang bullyable yang diisi oleh Inori Minase dan juga kumpulan reaction face Raphi. Mungkin joke-joke-nya sendiri tidak super lucu, tapi eksekusi dari para pengisi suaranya berhasil membantu komedinya mencapai tingkat kelucuan ini.

Golden Kamui Vol 1-9

011

The Good, The Bad, & The Ugly versi manga. Sebuah misteri yang melibatkan ratusan ton emas ditemukan di Hokkaido. Berbagai faksi yang terdiri dari veteran Perang Russia-Jepang, kriminal terburuk Jepang, suku Ainu, dan bahkan faksi Bolshevik Russia berusaha untuk memperoleh emas tersebut untuk mengabulkan ambisi masing-masing.

Walaupun setting-nya sendiri di Hokkaido, cara penceritaan Golden Kamui lebih mirip dengan gaya Sphagetti Western Sergio Leone. Berbagai faksi juga diberikan screentime yang sepadan, karena tiap faksi dipenuhi dengan maniak yang sangat menghibur. Untuk kalian yang tertarik, perlu diketahui bahwa 75% isi dari manga ini adalah wisata kuliner Hokkaido dan budaya suku Ainu, yang saya yakin adalah alasan manga ini memenangkan Taisho Award kesembilan dan berbagai nominasi lainnya, karena dengan berbagai detail dan riset yang dijabarkan manga ini, it truly deserve it.

Sekian JOI Spotlight untuk kali ini, untuk kalian sendiri, apa saja seri yang kalian nikmati atau deritai pada minggu ini?